Susah Tidur? Galaxy Watch6 Bisa Bantu Tingkatkan Kualitas Tidur

Fitur Sleep Coaching yang dipersonalisasi.

Susah Tidur? Galaxy Watch6 Bisa Bantu Tingkatkan Kualitas Tidur
Galaxy Watch6 Series/Dok. Samsung
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Samsung Galaxy Watch6 Series terbaru yang diluncurkan Samsung pada Galaxy Unpacked pekan lalu tak hanya menghadirkan fitur untuk kesehatan dan olahraga, tetapi juga fitur untuk mendukung aktivitas tidur.

Kualitas tidur yang baik terbukti menciptakan perasaan yang lebih baik, tenang, dan rasional. Selain itu, dapat membantu menjaga kondisi jantung yang lebih sehat dan meningkatkan efektivitas sistem kekebalan tubuh, serta membantu reparasi dan regenerasi sel.

Sayangnya, hal ini justru bertolak belakang dari data yang diperoleh Mashable terkait kualitas tidur masyarakat di Asia Tenggara. Menurut hasil studi tersebut, tiga dari empat orang di Asia Tenggara mengaku sulit tidur di malam hari. Sebanyak 27 persen responden dari Indonesia menyatakan susah tidur setidaknya beberapa kali dalam seminggu. 

MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Annisa Nurul Maulina, mengatakan, Galaxy Watch6 menargetkan pengguna yang perhatian terhadap gaya hidup yang lebih sehat.

Annisa mengatakan, Samsung membekali Galaxy Watch6 dan Galaxy Watch6 Classic dengan fitur-fitur yang kian disempurnakan untuk meningkatkan kualitas tidur penggunanya, seperti Sleep Monitoring yang memungkinkan pengguna melacak pola tidur dan mempelajari hasil Sleep Insights yang detail dan akurat langsung dari perangkat watch. Pengguna bahkan bisa seolah memiliki sleep coach pribadi dengan memanfaatkan fitur Sleep Coaching yang dipersonalisasi.

"Ini bisa jadi langkah awal untuk meningkatkan kualitas tidur dengan efektif, dan membangun wellness yang lebih baik dalam keseharian,” ujarnya dalam media briefing secara virtual, Kamis (3/8).

Bukan sekadar istirahat, Sleep Educator Vishal Dasani memaparkan, tidur yang baik juga harus berkualitas. Menurutnya, manusia perlu konsisten melakukan tidur yang sesuai dengan kebutuhan berdasarkan kondisi tubuh dan pola hidup.

Ada banyak cara untuk meningkatkan kualitas tidur jadi lebih baik dengan mudah menggunakan Galaxy Watch6 Series menurut Vishal. Apa saja yang bisa dilakukan? 

Memahami pola tidur dengan Sleep Insights

Menurut Vishal, memahami pola tidur merupakan langkah pertama yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur. Karena dengan paham pola tidur, seseorang bisa mengidentifikasi area mana yang harus dibenahi dan mengetahui kekurangan-kekurangan yang ada.

Memantau pola tidur secara rutin dapat dengan mudah dilakukan dengan menggunakan perangkat saat tidur. Fitur Sleep Monitoring yang ada pada Galaxy Watch6 dan Galaxy Watch6 Classic secara otomatis akan memantau kualitas tidur. Pengguna juga  dapat mengaktifkan pengaturan ‘track blood oxygen’ dan deteksi dengkur untuk mengetahui insight tidur yang lebih lengkap.

Nantinya, hasil monitoring tidur akan menampilkan informasi yang lebih komprehensif, tidak hanya tentang durasi tidur, tetapi juga tentang kualitas tidur. Dengan adanya fitur Sleep Score pada Galaxy Watch6 Series, pengguna dapat melihat ringkasan dari seluruh data yang dikumpulkan, termasuk evaluasi apakah kualitas tidurmu sudah baik atau membutuhkan perhatian lebih. Evaluasi dihasilkan berdasarkan faktor-faktor seperti usia dan jenis kelamin, serta tahapan-tahapan tidur yang dialami. 

Tiga fase yang dialami manusia ketika  tertidur

  • Fase Light Sleep, di mana aktivitas otak mulai melambat, ritme jantung dan pernafasan lebih stabil, otot mulai rileks, dan terjadi proses konsolidasi memori.
  • Fase Deep Sleep atau fase tidur yang lebih dalam, di mana fungsi restorasi fisik terjadi
  • Fase REM sleep, di mana mimpi dirasakan dan fungsi reparasi kognitif terjadi.

Vishal menjelaskan, memahami fase-fase tidur ini akan lebih memudahkan masyarakat untuk memiliki persepsi yang lebih positif terhadap pola tidur, dan menyadari bahwa ketiga fase tidur, masing-masing memiliki peran penting.

“Masing-masing fase tidur memiliki porsinya masing-masing. Momen Deep Sleep saat kita tidur biasanya tidak terlalu lama dan merupakan hal normal. Jadi, jangan panik kalau melihat porsi Deep Sleep pada sleep stage hanya 1-2 jam.

Ia menambahkan, kualitas tidur bukan dilihat dari banyaknya Deep Sleep, tetapi detailnya dapat dilihat melalui aplikasi Samsung Health dan ada penjelasan-penjelasan komprehensif.

Menjaga konsistensi tidur

Seperti dijelaskan oleh Vishal sebelumnya, kualitas tidur yang baik dilihat berdasarkan konsistensi dan kebutuhan tubuh. Nah, dengan menggunakan Galaxy Watch6 Series, pengguna bisa tracking konsistensi tidur setelah rutin melacak pola tidur selama beberapa hari. Ini sangat membantu untuk mendorong agar lebih konsisten tidur di jam-jam yang optimal.

Pengguna bisa memperoleh konsistensi tidur dengan mengatur jadwal tidur pada jam dan durasi yang sama setiap harinya.  Seperti misalnya, mulai tidur pada pukul 10 malam dan bangun pada pukul 6 pagi. Lakukan hal tersebut secara berulang setiap hari. 

Untuk mendapatkan pola tidur yang konsisten, Galaxy Watch6 Series bisa dimanfaatkan untuk membangun suasana tidur yang mendukung. Sebagai perangkat smart wearable, Galaxy Watch6 Series memiliki kemampuan untuk terhubung dengan perangkat-perangkat smart home yang terintegrasi di SmartThings.

Misalnya, dengan menyambungkan perangkat untuk mengatur on/off lampu atau AC. Bisa juga memanfaatkan konektivitas ekosistem antara Galaxy Watch6 Series dan smartphone Galaxy, seperti Galaxy Z Flip5 dan Z Fold5 untuk mengatur sleep routine di smartphone, agar notifikasi di aplikasi tertentu tidak mengganggu proses tidur.

Fitur Sleep Coaching di Samsung Galaxy Watch6 Series

Fitur Sleep Coaching untuk membentuk kebiasaan tidur yang lebih baik. Selain memberikan program terpersonalisasi dengan panduan dalam jangka waktu yang diinginkan, Sleep Coaching juga akan menampilkan Sleep Symbol berupa hewan-hewan lucu yang merepresentasikan pola tidur pengguna.

Kemudian, Galaxy Watch6 Series akan menyusun rutinitas atau checklist Sleep Coaching yang harus diikuti setiap harinya guna meningkatkan kualitas tidur. Rutinitas ini bisa berupa meditasi sebelum tidur, menghindari makan sebelum tidur, atau menjadwalkan sarapan secara teratur.

Setiap rutinitas akan disesuaikan dengan kebutuhan tidur yang kurang atau perlu ditingkatkan. Dengan demikian, Galaxy Watch6 Series akan membantu pengguna memperbaiki rutinitas tidur agar mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

"Saat menjalani Sleep Coaching, konsistensi adalah kunci utama. Penting untuk tetap melakukan sleep monitoring secara rutin. Ini adalah awal dari perubahan pola tidur menjadi lebih baik melalui Sleep Coaching. Proses ini membutuhkan kesabaran dan konsistensi yang berkelanjutan selama 7 hari pertama," kata Vishal.

Selain itu, menurutnya penting untuk menggabungkannya dengan gaya hidup sehat, seperti tetap aktif dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat. 

Harga Galaxy Watch6 Series

Galaxy Watch6 Series sudah tersedia untuk Pre-Order pada 26 Juli sampai 17 Agustus 2023 di Samsung.com/id dan mitra Samsung seperti Blibli, Tokopedia, Shopee, Lazada, Eraspace, Akulaku, Tiktok Shop, dan Dinomarket.

Harga Galaxy Watch6 Series

  • Galaxy Watch6 40mm (Gold, Graphite): Rp3.999.000
  • Galaxy Watch 6 44mm (Graphite, Silver): Rp4.499.000
  • Galaxy Watch6 Classic 43mm (Black, Silver): Rp5.499.000
  • Galaxy Watch6 Classic 47mm (Black, Silver): Rp5.999.000

Selama periode pre-order Samsung memberikan penawaran khusus berupa gratis Fabric Band, dan pemesanan Galaxy Watch6 Classic akan mendapatkan bonus tambahan Travel Adaptor 15W.

Related Topics

Galaxy Watch6Wearable

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
Alibaba Pertahankan Kepemilikan 88 Miliar Saham GoTo hingga 5 Tahun
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%