Ada Pembaruan, Berikut 7 Keunggulan Windows 11 Ketimbang Windows 10

Windows 11 memiliki sederet fitur unggulan.

Ada Pembaruan, Berikut 7 Keunggulan Windows 11 Ketimbang Windows 10
Ilustrasi: Windows 11
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Sistem operasi komputer Windows 11 dirilis pertama kali pada 5 Oktober 2021. Terkini, pada 20 September 2022, Microsoft melakukan pembaruan pertama secara besar-besaran terhadap Windows 11.  

Windows 11 dikabarkan memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan Windows 10. Hal ini menimbulkan rasa penasaran yang begitu tinggi terkait sistem operasi besutan Microsoft tersebut.

Sederet fitur unggulan Windows 11 dapat memudahkan para pekerja kantoran yang setiap harinya sulit untuk melepaskan diri dari perangkat komputer. Mulai dari pengembangan fitur serta terobosan baru lainnya, ini tujuh keunggulan Windows 11 yang dapat membuat penggunanya semakin produktif.

1. Tampilan barunya terlihat lebih elegan

Keunggulan pertama Windows 11 adalah tampilan baru yang lebih elegan dibandingkan dengan versi sebelumnya. Desainnya benar-benar mirip dengan sistem operasi Mac OS X dan Linux.

Default display Windows 11 terlihat lebih elegan, minimalis, serta modern, dan karena itu membuatnya terlihat tidak monoton

Kini tombol start menu Windows 11 juga secara default berada di sisi tengah. Terdapat banyak fitur yang memang ditujukan untuk lebih memudahkan pengguna dalam mengoperasikan Windows. 

Sederet fitur pada desktop juga masih dapat diakses seperti biasanya. Sementara icon bar, task bar, dan tools lainnya hadir dengan konsep minimalis yang bikin mata segar.

2. Fitur Snap Layouts menambah keunggulan Windows 11

Fitur ini sangat membantu penggunanya dalam mengatur beberapa jendela ketika tengah menjalankan beberapa pekerjaan secara bersamaan atau multitasking.

Jadi, Anda tidak perlu lagi mengatur banyak jendela secara manual karena Windows 11 telah menyediakan fitur snap layout ini. 

3. Fitur auto HDR mode

Fitur auto HDR mode sangat bagus bagi para gamers yang memiliki monitor dengan fitur HDR bawaan. Auto HDR atau HDR Otomatis adalah teknologi yang secara otomatis meningkatkan visual konten game tanpa user inputs

Windows 11 akan secara otomatis mengenali monitor yang didukung HDR dan meningkatkan warna game yang dibuat di DirectX 11 atau lebih tinggi dengan peningkatan jangkauan dinamis. HDR Otomatis adalah jalan ke depan untuk pengalaman bermain game visual terbaik.  Karakter dalam game akan lebih realistis dan enak dipandang mata. Teknologi pada fitur ini juga diadopsi dari console Microsoft Xbox Series X.

4. Fitur direct storage

Fitur ini akan akan hadir pada Windows 11 dan juga diadopsi dari console Xbox Series X, dan berguna untuk memaksimalkan kecepatan SSD NVMe untuk meningkatkan frame rate/FPS di dalam game, dan untuk mempercepat masa loading.

Keuntungan yang dapat Anda dapatkan dari fitur ini adalah gamers akan mendapat kemudahan ketika memainkan game pada PC/laptop.

5. Bisa menjalankan aplikasi Android

Dengan Windows 11, Anda bisa menjalankan aplikasi Android tanpa harus menggunakan bantuan emulator. Berbagai aplikasi Android dapat Anda temukan pada Microsoft Store dan diunduh melalui Amazon App Store.

Setelah diunduh, nantinya aplikasi bisa disematkan pada taskbar untuk disandingkan dengan aplikasi lain. 

6. Terintegrasi dengan Teams

Keunggulan Windows 11 yang lainnya adalah terintegrasi dengan Teams, yaitu alat konferensi video dan pesan milik Microsoft.

Dengan begitu, pengguna akan semakin mudah untuk mengakses Teams pada Microsoft. Aplikasi lintas platform ini dapat diakses pada Android, iOS, dan Windows.

7. Keamanan optimal

Windows 11 juga menjanjikan kemanan optimal demi menghindarkan komputer dari serangan para peretas hingga kiriman malware. Hal ini dibuktikan dengan persyaratan minimal pada saat pemasangan Windows 11, yakni PC harus memiliki fitur TPM 2.0.

TPM 2.0 merupakan kependekan dari Trusted Platform Module yang hadir dalam bentuk chip khusus. Fungsi utamanya adalah memberikan keamanan berlapis dan ekstra tinggi bagi sebuah komputer.

Related Topics

Windows 11

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

IDN Channels

Most Popular

Pengertian Negosiasi, Tujuan, dan Manfaatnya Bagi Bisnis
Ini Pengertian, Peran, Jenis dan Contoh Kreditur
Pengertian Ekonomi Mikro, Pahami Komponen serta Teorinya
Rekening: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya
Logam Mulia Adalah: Pengertian dan Jenis-jenisnya
Apa itu Blockchain? Inilah Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsinya