Disney Mau Ikut-Ikutan Masuk ke Metaverse di Sektor Taman Hiburan

Metaverse Disney mencoba memadukan dunia fisik dan digital.

Disney Mau Ikut-Ikutan Masuk ke Metaverse di Sektor Taman Hiburan
Pemandangan malam toko Disney di Distrik Baru Pudong (Lujiazui) di pusat kota Shanghai, Cina. Shutterstock/Efired
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Perusahaan konglomerat media dan hiburan The Walt Disney Company (Disney) kembali bertekad merambah metaverse

Bob Chapek, Chief Executive Officer (CEO) Disney, mengatakan metaverse merupakan bagian dari rencana perusahaan untuk bisnis masa depan. Meski begitu, belum ada konsep jelas yang ditawarkan.

“Anda dapat menyebutnya apa saja. Entah itu metaverse, atau perpaduan antara pengalaman fisik dan digital,” ujarnya dikutip The Verge, Jumat (11/2).

Bagi Bob, metaverse akan menghadirkan berbagai pengalaman bagi penggunanya, baik pasif maupun aktif, saat pengguna memutar tayangan seperti olahraga atau hiburan. 

Metaverse Disney: perpaduan fisik dan digital

Kepada Fortune.com, Bob mengatakan metaverse bukanlah ide konvensional tentang dunia yang menyajikan citra tiga dimensi via headset realitas virtual (VR).

Bob justru bercita-cita menggabungkan semua elemen Disney dengan cara yang menurutnya tidak dapat ditandingi oleh para pesaingnya saat ini, yaitu menceritakan kisah tertentu di setiap media komunikasi, termasuk secara langsung di taman hiburan Disney dan di bioskop.

Ia yakin konsep metaverse Disney—yang memadukan dunia fisik dan digital yang dapat dipersonalisasi—memiliki keunggulan, terlebih soal basis data pengguna. Disney, katanya, telah banyak mengumpulkan data yang dalam dan kaya termasuk dari taman hiburan Disney dan platform Disney+.

Persiapan hak paten

Menurut laman cointelegraph, Disney telah mendapatkan persetujuan hak paten simulator dunia maya dari Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (AS) pada Desember tahun lalu.

Raksasa media itu akan menciptakan wahana interaktif yang dipersonalisasi untuk pengunjung taman hiburannya. Teknologi ini akan memfasilitasi wahana augmented reality (AR) tanpa headset di taman hiburan Disney.

Teknologi tersebut bekerja dengan cara melacak pengunjung lewat ponsel mereka, dan menghasilkan serta memproyeksikan efek 3D yang dipersonalisasi ke ruang fisik, dinding, dan objek terdekat di taman. Teknologi tersebut akan membawa metaverse ke dunia fisik. 

Disney memiliki 12 taman hiburan di berbagai negara, seperti AS, Prancis, Hong Kong, Jepang, dan Cina. Pada 2021, Disney menghasilkan total pendapatan hampir US$17 miliar (Rp243,1 triliun) dari taman hiburan termasuk berbagai produknya meskipun ada karantina akibat COVID-19.

Perusahaan yang terjun ke metaverse

Beberapa perusahaan AS lain juga sudah menyampaikan niatnya untuk ke metaverse. Microsoft, yang mengakuisisi Activion Blizzard, pembuat gim Call of Duty dan Warcraft, akan menjadi kunci penting dalam mengembangkan metaverse. Lalu, ada Walmart, raksasa ritel yang juga telah mengajukan sejumlah merek dagang baru ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS.

Laporan IPR Daily menyebut enam perusahaan utama Tiongkok—termasuk Tencent, Baidu, Huawei, dan Sense Time—menjadi 10 besar perusahaan yang paling banyak mengajukan proposal hak paten virtual reality dan augmented reality (AR) di dunia.

Tencent mengajukan 4.085 hak paten VR dan AR pada 2020 dan 2021, dan menempatkannya sebagai yang terbanyak kedua secara global, hanya sedikit di belakang Samsung Electronics yang mengajukan 4.094. Tencent mengoperasikan WeChat, aplikasi pesan instan yang memiliki lebih dari 1 miliar pengguna bulanan, dan perusahaan gim terbesar di dunia berdasarkan pendapatan.

Berikut sejumlah perusahaan yang sudah menyatakan rencananya untuk membangun Metaverse.

  1. Disney
  2. Tencent
  3. Baidu
  4. Huawei
  5. Sense Time
  6. Microsoft
  7. Facebook
  8. Roblox
  9. Walmart
  10. Nvidia
  11. Unity
  12. Snap
  13. Autodesk
  14. Epic Games
  15. Amazon
  16. Nike
  17. Samsung Electronics

Magazine

SEE MORE>
The Art of M&A
Edisi November 2024
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024

IDN Channels

Most Popular

Harga Saham Bank Rakyat Indonesia (BBRI) Hari Ini, 21 November 2024
Siapa Pemilik Grab? Perusahaan Jasa Transportasi Terbesar
Terima Tawaran US$100 Juta Apple, Kemenperin Tetap Tagih Rp300 Miliar
Harga Saham GoTo Group (GOTO) Hari Ini, 21 November 2024
Tolak Wacana PPN 12 Persen, Indef Usulkan Alternatif yang Lebih Adil
Harga Saham GoTo Group (GOTO) Hari Ini, 22 November 2024