Survei Searce: 33% Pengguna AI Raih Manfaat Peningkatan Revenue

Perusahaan bakal investasi $11-25 juta untuk AI.

Survei Searce: 33% Pengguna AI Raih Manfaat Peningkatan Revenue
Pemaparan The State of AI 2024 dari Searce Indonesia/Dok Fortune IDN Suheriadi
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Sebanyak 33 persen pelaku bisnis dari seluruh dunia merasakan manfaat peningkatan Revenue bisnis setelah menerapkan Artificial Intelligence (AI). Hal itu tertuang dalam laporan survei The State of AI 2024 dari Searce Inc.

Tak hanya itu, sebanyak 23 persen responden juga merasakan adanya penghematan biaya dan otomatisasi proses bisnis saat menggunakan AI. Temuan ini menandakan bahwa teknologi berpotensi untuk membuka pasar baru dan meningkatkan profitabilitas secara signifikan. 

“Mereka bisa menangkap new business opportunity. Artinya mereka bisa mendefinisikan new market untuk mereka, new business untuk mereka,” kata Country Director Searce di Indonesia, Benedikta Satya di Jakarta, Rabu (16/10).

Investasi besar

Ilustrasi artificial intelligence. (ShutterStock/Jirsak)

Meski demikian, Searce juga mengungkapkan bahwa masih terdapat kesenjangan saat perusahaan menerapkan lebih dalam mengenai sebuah generatif AI (Gen AI). Sebanyak 51 responden mengatakan inisiatif AI mereka "sangat berhasil," sedangkan 42 persen perusahaan mengatakan penerapan AI miliknya "agak berhasil." 

“Perbedaan antara inisiatif yang sangat dan agak berhasil menunjukkan kesenjangan kematangan dalam implementasi AI. Ini memberikan peluang bagi organisasi untuk fokus pada pengembangan bakat, kualitas data, dan metrik evaluasi yang kuat untuk meningkatkan kemampuan AI mereka dan mencapai pengembalian investasi yang lebih besar,” tulis laporan tersebut. 

Sementara itu, 13 persen organisasi percaya bahwa pemanfaatan AI bakal modernisasi proses bisnis, yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses yang ada untuk efisiensi dan efektivitas yang lebih besar.

Meskipun terdapat masalah dalam pemanfaatan Gen AI ini, seperempat responden mengatakan bahwa perusahaan mereka akan terus meningkatkan investasi pada AI lebih dari di tahun-tahun mendatang. Bahkan, 8 persen responden mengatakan bakal terjadi peningkatan investasi hingga 100 persen lebih terhadap AI.

Ketika ditanya berapa banyak pendapatan perusahaan mereka yang dialokasikan untuk inisiatif AI pada tahun 2024, sebanyak 25 persen responden mengatakan organisasi mereka akan menghabiskan antara $11-25 juta.

Sedangkan 7 persen mengatakan perusahaan mereka akan menghabiskan lebih dari $25 juta dalam pendapatan untuk inisiatif AI mereka tahun ini. Yang perlu diperhatikan adalah hanya 1% responden yang mengatakan perusahaan mereka tidak berencana untuk meningkatkan pengeluaran AI - yang menunjukkan kepercayaan luas pada potensi transformatif AI, meskipun ada tantangan yang terkait dengan pengukuran dampaknya.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

Realisasi Investasi Mencapai 76,4 Persen dari Target Rp1.600 Triliun
Ini Penyebab Ekspor Indonesia Mengalami Penurunan
DBS Indonesia Gandeng Moduit Incar Transaksi Rp 500 Miliar
Emiten Migas Bakrie Resmi Kuasai Blok Gas Sengkang
Daftar Saham Afiliasi Para Calon Menteri dalam Pemerintahan Prabowo
Karyawan Swasta Bisa Dapat Dana Pensiun? Ini Penjelasannya