Apa itu MOD APK? Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan

Ketahui ini sebelum menggunakannya!

Apa itu MOD APK? Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan
ilustrasi mod apk (unsplash.com/Rami Al-zayat)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Mungkin beberapa dari Anda belum tahu apa itu MOD APK atau aplikasi modifikasi. Bagi Anda para pengguna Android mungkin istilah ini tidak begitu asing.

MOD APK merupakan aplikasi yang tidak terdapat pada Google Play Store. Biasanya, aplikasi ini bisa Anda temui dan unduh pada situs tertentu. 

Banyak orang yang meng-install aplikasi ini di ponsel karena kelebihan yang ditawarkan dari aplikasi aslinya. Akan tetapi, tidak semua orang memahami aplikasi ini dengan baik, bahkan bahaya yang bisa mengintainya. 

Untuk lebih jelasnya, simak apa itu MOD APK, kelebihan, serta kekurangan atau bahaya dari aplikasi ini!

Apa itu MOD APK?

ilustrasi mod apk (unsplash.com/Rob Hampson)

MOD APK adalah aplikasi resmi yang telah dimodifikasi oleh pihak ketiga dengan cara menambahkan atau menggantikan beberapa fitur-fitur. Bahkan, MOD mampu mengubah aplikasi berbayar menjadi gratis.

Adapun perubahan tersebut terdiri dari dua macam, pertama mengalami sedikit perubahan seperti menghilangkan limitnya dan membuat Anda bisa menggunakannya terus. Kedua, memodifikasi secara besar-besaran, baik dari segi desain, fitur, dan lain sebagainya.

Dengan demikian, aplikasi MOD memiliki fitur berbeda dan cenderung lebih unggul dibanding aplikasi asli yang dikembangkan oleh developer resminya.

Saat ini, ada banyak aplikasi resmi yang dimodifikasi, mulai dari WhatsApp GB, Instagram MOD, Capcut MOD, dan lain sebagainya.

Kelebihan MOD APK

ilustrasi mod apk (unsplash.com/Jonas Lee)

Berikut ini beberapa kelebihan MOD APK yang membuat banyak orang menggunakannya, yakni:

1. Memiliki fitur yang lebih lengkap dibanding aplikasi resminya

Kelebihan MOD APK adalah fitur yang lebih lengkap. Hal ini karena beberapa fitur telah dimodifikasi, sehingga membuatnya lebih unggul dibanding aplikasi resminya.

2. Memiliki resource unlimited

Hal seperti ini biasanya pada aplikasi game. Misalnya, pada aplikasi resmi memiliki resource yang terbatas. Berbeda dengan MOD APK, di mana Anda mendapatkan unlimited resource seperti koin.

3. Gratis

Aplikasi MOD APK memungkikan Anda untuk menggunakan aplikasi berbayar menjadi gratis. Anda hanya perlu mengunduh dan meng-install saja.

Kekurangan atau bahaya MOD APK

ilustrasi mod apk (unsplash.com/The Average Tech Guy)

Meski aplikasi MOD memiliki fitur yang lebih lengkap, bukan berarti aplikasi ini aman untuk digunakan. Berikut beberapa kekurangan atau bahaya yang dapat mengintai Anda bila menggunakan MOD APK:

1. Rentan disisipi virus maupun malware

MOD APK bukanlah aplikasi resmi, sehingga rentan disusupi oleh virus maupun malware. Mungkin saja aplikasi tersebut dibuat oleh developer dengan tujuan untuk merusak atau mecuri data-data pribadi Anda.

2. Bukan sumber resmi

MOD APK bukan berasal dari sumber resmi, seperti Google Play Store. Aplikasi tersebut sudah dimodifikasi oleh pihak ketiga.

3. Tidak memiliki garansi

Kekurangan dari MOD APK adalah tidak memiliki garansi. Jadi, jika terjadi permasalahan dengan aplikasi tersebut hanya akan merugikan diri Anda sendiri.

4. Risiko banned google

Aplikasi tidak resmi atau membahaya sangat rentan di-banned oleh Google. Jika sudah di-banned, Anda tidak bisa membuka aplikasi atau mengakses fitur-fitur di dalamnya.

5. Susah untuk di update

Tidak seperti aplikasi resmi yang otomatis atau bisa diperbarui melalui Google Play Store, Anda harus meng-update sendiri aplikasi MOD. Hal ini tentu sedikit merepotkan karena Anda harus mencari sumbernya kembali.

Itulah tadi artikel mengenai apa itu MOD APK, kelebihan, serta kekurangannya. Jadi, apakah Anda masih ingin menggunakan MOD APK?

Related Topics

Apa Itu MODMODMOD Apk

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

MoU: Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis, Perbedaan, dan Contoh MoU
Daftar Perusahaan Terbaik di Dunia versi TIME: 5 dari Indonesia
Kisruh Kursi Kepemimpinan Kadin, Begini Kronologinya
Pemangkasan Bunga The Fed jadi Stimulus Ke Perbankan
BI Bakal Luncurkan Lembaga Central Counterparty (CCP), Apa Itu?
7 Saham IPO 2024 yang Mencatat Kinerja Tertinggi di BEI