Aplikasi Saingan Twitter, Instagram Threads Rilis Besok!

Aplikasi baru dari Meta.

Aplikasi Saingan Twitter, Instagram Threads Rilis Besok!
ilustrasi Instagram Threads (dok. Apple)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Saat ini, bermunculan aplikasi saingan Twitter, yaitu Instagram Threads (IG Threads). Tampilan aplikasi Instagram Threads ini sekilas mirip seperti Twitter.

Diperkirakan aplikasi akan dirilis pada pekan ini tepatnya pada Kamis, 6 Juli 2023 untuk pengguna iPhone di Amerika Serikat. Dengan begitu, aplikasi ini belum tersedia di Indonesia.

Lantas apa itu Instagram Threads? Simak selengkapnya pada artikel berikut ini!

Aplikasi saingan Twitter

Instagram Threads disebut-sebut menjadi aplikasi saingan Twitter. Hal ini karena bentuk dan cara penggunaannya buatan Meta tersebut mirip seperti Twitter.

Dikutip forbes.com, aplikasi ini hadir tepat disaat Twitter tengah mengalami permasalahan teknis di mana Twitter menerapkan batasan limit jumlah cuitan.

Hal yang unik dari aplikasi IG Threads ini adalah Anda bisa membawa sejumlah pengikut dari Instagram untuk mengunjunginya. 

Mengenal Instagram Threads

Melansir apps.apple.com, Threads merupakan tempat komunitas dimana orang-orang berkumpul untuk membahas segala hal, mulai dari topik yang diminati hingga hal-hal yang trending.

Anda juga bisa terhubung langsung dengan pembuat konten favorit. Selain itu, Anda dapat membangun pengikut Anda sendiri untuk berbagai ide, pendapat, dan segala hal.

Melihat dari tampilan gambaran di App Store, Threads berfokus kepada tulisan dan menambahkan fitur gambar atau video di bagian bawah teks. Hal ini merupakan tampilan yang berbeda dengan Instagram pada umumnya.

Selain itu, Anda juga bisa memilih teks tersebut bisa dibaca oleh siapa, yakni publik, followers, atau orang-orang tertentu yang hanya di-mention saja.

Anda juga bisa mengajak pengikut Anda di Instagram untuk mengunjungi Threads yang Anda buat. Untuk masuk ke IG Threads, Anda dapat login menggunakan akun Instagram Anda.

Meski aplikasi baru buatan Meta ini terkoneksi dengan Instagram, tapi tampaknya IG Threads merupakan aplikasi yang berdiri sendiri.

Selain bisa membuat teks, pengguna juga dapat memberikan reaksi, seperti like, komen, dan repost pada postingan orang lain. Fitur ini tidak jauh berbeda dengan fitur aplikasi media sosial lainnya.

Pengembangan aplikasi Instagram Threads

Perlu diketahui bahwa Meta telah lama mengembangkan aplikasi Instagram Threads, yakni sejak Januari 2023.

Menurut Chief Product Officer Meta, Chris Cox, Meta telah mengantongi nama-nama tokoh publik dunia yang akan memulai menggunakan aplikasi ini, yakni Oprah, Dalai lama, dan DJ Slime.

Mengutip washingtonpost.com, Meta sudah tak asing lagi dalam meluncurkan berbagai inovasi yang dipelopori oleh aplikasi pesainnya. 

Pada tahun 2016, Instagram pernah menggunakan fitur foto atau stories yang mirip dengan SnapChat. Di tahun 2020, Instagram lalu meluncurkan Reels vertikal yang bentuknya mirip seperti TikTok.

Demikianlah tadi artikel mengenai aplikasi saingan Twitter, Instagram Threads. Apakah Anda sudah tidak sabar menggunakannya?

Related Topics

InstagramIG Threads

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi