Cara Daftar Kartu Telkomsel Melalui SMS, Lakukan ini!

Ketahui ketentuannya pada artikel berikut!

Cara Daftar Kartu Telkomsel Melalui SMS, Lakukan ini!
ilustrasi kartu Telkomsel (dok. My Telkomsel)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Cara daftar kartu Telkomsel sebenarnya cukup mudah dengan cara memasukkan identitas diri Anda. Proses ini merupakan hal yang wajib dilakukan untuk seluruh calon pelanggan kartu Telkomsel.

Bagi Anda yang baru membeli nomor Telkomsel baru, hendaknya mengetahui proses registrasi ini. Dikarenakan jika tidak didaftarkan, maka kartu tersebut tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Hal ini sesuai peraturan Menkominfo No. 12/2016, dimana pemerintah mewajibkan seluruh calon pelanggan untuk melakukan proses pendaftaran atau registrasi guna memastikan kesamaan Nomor Indku Kependidikan.

Tahapan ini bisa Anda lakukan sendiri melalui layanan SMS tanpa perlu datang ke Grapari. Lantas, bagaimana cara daftar kartu Telkomsel melalui SMS? Simak selengkapnya di bawah ini.

Cara daftar kartu Telkomsel melalui SMS

Cara daftar kartu Telkomsel atau registrasi nomor bisa Anda lakukan melalui SMS. Hal yang perlu Anda persiapkan adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK). Berikut langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Siapkan NIK dan KK Anda dan pastikan kedua nomor tersebut telah terdaftar di Dukcapil
  2. Buka aplikasi SMS pada ponsel Anda
  3. Ketik SMS dengan format: REG<spasi>NIK#Nomor KK#
  4. Setelahnya, kirim SMS tersebut ke nomor 4444

Bagi warga negara asing yang tidak memiliki nomor NIK dan KK, cara registrasi nomor Telkomsel bisa dilakukan dengan mendatangi gerai Telkomsel atau gerai mitra terdekat. Proses registrasi Anda dilakukan menggunakan identitas paspor/KITAS/KITAP.

Nantinya, petugas akan mencatat identitas diri Anda, nomor paspor/KITAS/KITAP, tempat tanggal lahir, serta kewarganegaraan Anda untuk keperluan registrasi.

Tujuan daftar kartu Telkomsel

Selain memenuhi peraturan pemerintah, pendaftaran kartu Telkomsel bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat, terutama yang menggunakan jasa layanan telekomunikasi, dari tindakan kejahatan dan penyalahgunaan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Jadi, proses ini sebenarnya dilakukan untuk pelanggan itu sendiri. Meski sedikit merepotkan, tetapi cara ini dilakukan untuk menghindari risiko kejahatan lainnya.

Ketentuan registrasi kartu Telkomsel

Berikut ini beberapa ketentuan registrasi kartu Telkomsel

  • Registrasi kartu Telkomsel untuk nomor pribadi

Setiap NIK hanya bisa digunakan untuk mendaftarkan maksimal 3 nomor saja. Jadi, jika memiliki 3 nomor yang berbeda, Anda cukup menggunakan 1 NIK saja. Proses ini bisa Anda lakukan sendiri, melalui gerai Telkomsel atau gerai mitra terdekat.

Akan tetapi, jika Anda memiliki nomor keempat dan seterusnya, maka proses pendaftaraan bisa langsung dilakukan di gerai Telkomsel atau gerai mitranya.

  • Registrasi kartu Telkomsel untuk nomor korporasi

Bagi Anda yang menggunakan kartu Telkomsel untuk nomor korporasi, pendaftaran dilakukan atas nama pejabat korporasi atau perorang. Sedangkan, untuk jumlah nomornya sendiri tidak dibatasi.

Ketentuan di atas juga berlaku untuk pelanggan pascabayar dan pelanggan nonseluler. Jika Anda menemui kendala saat melakukan registrasi, Anda bisa menghubungi layanan Call Center Telkomsel di 188.

Selain itu, Anda juga dapat menghubungi melalui metode pelayanan lainnya, seperti media sosial, email cs@telkomesel.com, website, aplikasi My Telkomsel, hingga pelayanan mandiri My GraPARI.

Itulah tadi cara daftar kartu Telkomsel untuk nomor pribadi dan korporasi. Sangat mudah bukan? Semoga informasi ini dapat membantu Anda

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
Alibaba Pertahankan Kepemilikan 88 Miliar Saham GoTo hingga 5 Tahun
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%