Mengenal Duckduckgo, Mesin Pencari Selain Google

Memprioritaskan privasi penggunanya.

Mengenal Duckduckgo, Mesin Pencari Selain Google
ilustrasi Duckduckgo (dok. duckduckgo)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Duckduckgo adalah mesin pencari (search engine) yang lainnya yang bisa membantu Anda untuk mengakses situs yang Anda ingin.

Mungkin, sebagian orang banyak yang menggunakan Google, Yahoo, ataupun Bing sebagai search engine. DuckDuckgo bisa menjadi salah satu pilihan yang memiliki performa yang cukup baik.

Lantas, apa itu DuckDuckgo? Simak selengkapnya di bawah ini!

Apa itu DuckDuckgo?

DuckDuckgo (DDG) adalah mesin pencari yang menjaga privasi dan keamanan penggunanya, sehingga tidak akan melacak aktivitas Anda. Dengan mesin pencari ini, pengguna tidak harus membuat akun pribadi, tidak perlu mengumpulkan alamat IP, dan tidak menggunakan cookie

Mesin pencari ini tidak menggunakan filter bubble seperti mesin pencari lainnya. Filter ini berfungsi akan berfungsi menampilkan rekomendasi sesuai dengan riwayat pencarian penggunanya.

Jadi, data yang tampil akan sama ke seluruh penggunanya, tidak akan disesuaikan dengan riwayat dan preferensi para penggunanya.

Dari sini, Anda bisa menyimpulkan bahwa keunggulan dari DuckDuckgo adalah menjaga privasi dan menjaga kepercayaan para penggunanya.

Kelebihan DuckDuckgo

ilustrasi Duckduckgo (dok. duckduckgo)

Berikut ini kelebihan dari DuckDuckgo di antara mesin pencari lainnya yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk menggunakannya:

1. Hasil pencarian akan serupa

Kelebihan dari DuckDuckgo yang tidak ditemukan dari mesin pencarian lainnya adalah tidak menggunakan filter bubble. Fitur ini digunakan search engine untuk menampilkan informasi sesuai dengan perilaku atau riwayat penelusuran penggunanya.

Dengan tidak menggunakan fitur tersebut, DuckDuckgo akan menampilkan hasil tanpa perlu mengetahui background pengguna. Informasi yang keluar dari satu pengguna dan pengguna lainnya akan sama.

Oleh karena itu, informasi yang disampaikan tidak akan bias dan sangat sesuai untuk mencari sumber informasi tentang topik penelitian.

2. Tidak melacak pengguna

DuckDuckgo tidak akan melacak informasi dan aktivitas pencarian para penggunanya. Riwayat pencarian tidak akan terlihat seperti Anda belum pernah menggunakan sebelumnya.

3. Tampilan iklan lebih sedikit

Iklan yang tampil pada DuckDuckgo lebih sedikit ketimbang search engine lainnya. Selain itu, ads yang tampil berdasarkan kata kunci yang di-input oleh pengguna, bukan dari riwayat pencarian.

4. Fitur unggulan !bangs

Fitur unggulan dari DuckDuckgo adalah fitur !bangs yang dapat menampilkan hasil pencarian di website lainnya secara langsung. Anda harus menggunakan tanda ‘!’ jika ingin melakukan pencarian di halaman situs tertentu.

Misalnya, Anda ingin mencari artikel tentang film Spiderman di Buzzfeed di DuckDuckgo. Anda cukup mengetik !buzzfeed Spiderman pada kolom pencarian.

5. Tidak ada Google remarketing

Google remarketing digunakan oleh pengiklan di Google Ads agar menampilkan iklan di mana pun mereka membuka situs web. 

Contohnya, ketika Anda mengunjungi website penjual parfum sebelum mengunjungi situs lain, iklan parfum akan muncul di kolom ads website yang Anda kunjungi setelahnya. Ini membuat sensasi seperti dikejar sales, walau pendekatan yang digunakan lebih halus. Tentunya, ini kurang membuat nyaman beberapa pengguna mesin pencari.

Berbeda dengan DuckDuckgo yang tidak memiliki fitur tersebut, sehingga pengguna tidak akan terganggu dengan sejumlah iklan yang tampil.

6. Komunitas yang berkembang

DuckDuckGo memiliki komunitas yang membantunya dalam proses pengembangan fiturnya, sehingga selalu up-to-date. Anda juga bisa berkontribusi sebagai penerjemah di sini.

7. Mudah untuk digunakan

Anda tidak perlu repot dalam memahami anatomi dari mesin pencari ini. Anda dapat menggunakannya dengan mudah karena tampilannya tidak membingungkan sama sekali. Tidak perlu waktu lebih untuk memahami mesin pencari ini. Jadi, bisa dijamin Anda tetap nyaman dalam menggunakannya pertama kali.

Kekurangan DuckDuckgo

Disamping keunggulan yang ditawarkan mesin pencari ini, DuckDuckgo tidak terlepas dari segala kekurangan, di antaranya:

1. Fasilitas yang dimiliki kurang lengkap

DuckDuckgo memiliki fasilitas yang lebih sedikit dibanding Google. Seperti yang diketahui, Google memiliki fitur beragam, seperti Google Books, Google Maps, dan lain sebagainya. Sedangkan, DuckDuckgo belum memiliki fitur tersebut.

Jadi, Anda belum bisa sepenuhnya bergantung kepada mesin pencari ini. Namun, jangan khawatir karena Anda juga bisa turut berkontribusi dalam pengembangan fiturnya.

2. Tidak memberikan rekomendasi terdekat

DuckDuckgo tidak memiliki filter bubble, sehingga informasi yang ditampilkan akan lebih general. Hal ini membuat informasi tidak disesuaikan dengan minat maupun lokasi dari penggunanya.

Berbeda dengan Google yang akan menampilkan sejumlah informasi yang disesuaikan dengan minat dan profil penggunanya.

Misalnya, Anda mencari rumah sakit terdekat, Google yang mengetahui profil dan lokasi Anda akan menunjukkan rekomendasi rumah sakit terdekat untuk Anda.

Jadi, DuckDuckgo adalah salah satu mesin pencari yang memiliki beragam keunggulan menjaga privasi para penggunanya. Tertarik untuk menggunakannya?

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
TikTok Ungkap 4 Jenis Konsumen, Penjual Harus Paham