10 Perbedaan Instagram Threads dan Twitter, Pilih yang Mana?

Aplikasi pesaing Twitter!

10 Perbedaan Instagram Threads dan Twitter, Pilih yang Mana?
ilustrasi instagram threads (dok. Google Play)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Terdapat sejumlah perbedaan Instagram Threads dan Twitter, meski keduanya sama-sama media sosial berbasis microblogging. Seperti yang diketahui, Threads adalah aplikasi besutan Meta yang baru diluncurkan pada Kamis (6/7/2023).

Pada awal perilisan, aplikasi karya Mark Zuckerberg ini menghebohkan warganet karena memiliki tampilan yang mirip dengan kompetitornya, Twitter. Selain itu, kehadirannya juga bertepatan dengan kontroversi kebijakan Twitter, yakni mulai dari jenis akun berlangganan, jumlah karakter cuitan, hingga pembatasan jumlah tweet yang dibaca oleh pengguna. Hal ini membuat sebagian besar pengguna Twitter menjadi kecewa.

Meski secara tampilan Threads terlihat mirip dengan Twitter, tetapi terdapat hal yang membedakannya. Lantas, apa saja perbedaan Instagram Threads dan Twitter? Simak selengkapnya.

1. Sinkronisasi Threads dan Instagram

Perbedaan Instagram Threads dan Twitter adalah sinkronikasi Threads dan Instagram. Anda bisa mengikuti following dari akun Instragram yang Anda gunakan untuk Threads. Hal ini tidak bisa Anda temukan di Twitter.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pengikut dengan lebih mudah. Selain itu, Anda bisa membagikan konten Threads ke Instagram begitupun sebaliknya.

2. Cara login secara otomatis

Pengguna di Threads harus login menggunakan akun Instagram. Secara tidak langsung, Anda harus memiliki akun Instagram untuk bisa mengakses Threads. 

Username di Threads juga disesuaikan dengan username di Instagram. Jika Anda ingin mengubahnya, harus mengeditnya di akun Instagram.

Sedangkan, untuk login ke Twitter, pengguna harus membuat akun sendiri. Hal ini karena aplikasi Twitter berdiri sendiri atau tidak terhubung dengan aplikasi lain.

3. Membuat postingan lebih praktis

Tak banyak yang tahu bahwa IG Threads memiliki shortcut tersembunyi untuk membuat Threads yang panjang, yaitu dengan menekan Enter 3x. Dengan begitu Anda bisa membuat postingan bersambung dalam satu klik.

4. Jumlah karakter dan media pada postingan

Perbedaan Instagram Threads dan Twitter lainnya adalah pada jumlah karakter dan media postingan. Threads memberikan batasan 500 karakter untuk keseluruh akun. Sedangkan Twitter membaginya ke dalam jenis akun, yakni 280 karakter untuk pengguna reguler dan 25 ribu karakter untuk akun berlangganan.

Selain itu, Threads memperbolehkan pengguna untuk mengunggah 10 foto dan video dengan durasi maksimal 5 menit dalam satu kali postingan. Berbeda dengan Twitter yang hanya mengizinkan meng-upload 4 foto dan video 2 menit 20 detik untuk pengguna biasa.

5. Pengguna Threads belum bisa membagikan GIF

Pengguna Threads belum bisa membagikan GIF seperti Twitter. Anda hanya bisa mengunggah foto, video, link, serta teks saja.

6. Jumlah pengguna yang diikuti tidak tampil di profil

Perbedaan Instagram Threads dan Twitter adalah terletak pada jumlah pengguna yang diikuti atau following. Threads hanya menampilkan jumlah pengikut (follower) di profil, tapi tidak menampilkan jumlah pengguna yang Anda ikuti (following).

7. Belum tersedia fitur trending di Threads

Threads belum tersedia fitur trending atau Trends For You seperti Twitter untuk melihat topik yang sedang ramai dibicarakan.

8. Belum tersedia untuk aplikasi desktop

Threads baru tersedia berbentuk aplikasi mobile saja yang bisa Anda unduh secara gratis di Google Play Store dan App Store. Berbeda dengan Twitter yang tersedia dalam bentuk mobile dan desktop.

9. Threads belum memiliki fitur Bookmark

Suka menyimpan utas atau posting-an pengguna lain atau bahkan diri sendiri? Sayangnya, fitur Bookmark juga belum ada di Threads meskipun Instagram dan Twitter memiliki fitur ini. Sepertinya, fitur ini cukup penting mengingat banyak orang membagikan utas atau unggahan yang menarik.

10. Fitur Remove Followers

Di Threads, Anda bisa menghapus seseorang dari daftar followers dengan tombol Remove. Hal ini juga bisa Anda lakukan di IG. Namun, Twitter tidak memiliki fitur ini. Jika Anda ingin menghapus seseorang dari daftar followers, Anda harus melakukan soft-blocking, yaitu dengan mem-block dan unblock orang tersebut segera setelah pengguna tersebut diblokir.

Demikianlah tadi perbedaan Instagram Threads dan Twitter yang perlu Anda ketahui. Apakah Anda tertarik memiliki Instagram Threads sekarang?

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

Daftar Saham Afiliasi Para Calon Menteri dalam Pemerintahan Prabowo
Ini Biaya dan Perbandingan Franchise Alfamart dan Indomaret
BI Masih Cermati Ruang Penurunan Suku Bunga Acuan
BI: Biaya Transaksi QRIS Gratis hingga Rp500 Ribu per 1 Desember 2024
Ini 3 Waktu Terbaik untuk Memulai Investasi Emas
Investor Asal Korsel dan Cina Bakal ke Indonesia Bawa Dana Jumbo