5 Rekomendasi Headset VR Terbaik 2023, Seperti Dunia Nyata!

Bermain game lebih nyata dengan headset VR

5 Rekomendasi Headset VR Terbaik 2023, Seperti Dunia Nyata!
ilustrasi headset VR (unsplash.com/Jessica Lewis)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Terdapat lima rekomendasi headset VR terbaik 2023 yang sayang untuk dilewatkan. Teknologi yang satu ini memang sedang digandrungi oleh banyak orang.

Virtual Reality atau VR adalah teknologi yang membuat Anda merasakan sensasi di dunia virtual seperti nyata. Anda bisa menyentuh, mendengar, maupun berinteraksi di dalamnya.

Untuk dapat masuk ke dalam dimensi tersebut, Anda akan dibekali dengan beberapa peralatan VR. Salah satunya adalah menggunakan headset yang dipasang di kepala dan mata, sehingga Anda bisa melihat pemandangan dunia digital tersebut.

Bagi Anda yang ingin mencoba pengalaman terbaru ini, berikut lima rekomendasi headset VR terbaik 2023 yang bisa menjadi pilihan untuk Anda. Simak selengkapnya!

1. HTC Vive Cosmos

ilustrasi HTC Vive Cosmos (dok. vive)

Rekomendasi headset VR terbaik pertama adalah HTC Vive Cosmos. Produk ini menghasilkan kualitas audio luar biasa yang membuat Anda hanyut di dalamnya. 

Headset VR ini memiliki panel LCD dengan resolusi gabungan mencapai 2880 x 1700 piksel dan menawarkan fitur GDoF plus POV yang begitu luas. Untuk refresh rate dari HTC Vive Cosmos ini adalah 90 Hz.

2. Sony Playstation VR

ilustrasi Sony Playstation VR (dok. playstation)

Jika Anda bermain game VR, cobalah untuk menggunakan headset dari Sony Playstation VR. Produk yang satu ini diluncurkan pada tahun 2016 dan dikembangkan oleh Sony melalui Morpheus untuk proyek PSVR.

Sony Playstation VR memiliki ukuran layar LCD 5 inci yang telah di-support OLED 5,7 inci. Untuk refresh rate dari produk ini mencapai 120 Hz dengan latensi 18ms. Produk ini menjadi pelengkap sempurna untuk bermain Playstation 4.

3. Valve Index

ilustrasi Valve Index (dok. valve)

Rekomendasi headset VR terbaik 2023 selanjutnya adalah Valve Index. Untuk kualitas audionya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Valve Index dapat diintegrasikan dengan jack audio 3,5 mm dan didukung dengan driver BMR. Hal ini membuat audio yang dihasilkan lebih akurat dan berfrekuensi rendah, sehingga nyaman di telinga Anda.

Produk ini menggunakan panel LCD dengan resolusi 1440 x 1600 piksel per mata dan resolusi gabungannya mencapai 2880 x 1600 piksel. Untuk refresh rate yang dimiliki VR ini adalah sebesar 80 Hz–120 Hz.

4. Oculus Quest 

ilustrasi oculus guest (dok. amazon)

Rekomendasi headset VR lainnya, yaitu Oculus Quest. Produk ini sangat cocok bagi Anda yang ingin bermain game virtual.

Didukung dengan System on Chip dari Qualcomm Snapdragon 835 dan kartu grafis GPU Adreno 540, VR ini akan membuat Anda seakan berada di dalam dunia nyata. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan kontroler berbasis Oculus Touch.

5. Oculus Quest 2

ilustrasi Oculus Quest  (dok. meta)

Produk Oculus lainnya yang sayang untuk dilewatkan adalah Oculus Quest 2. Headset VR ini dirilis pada Oktober 2022 dan memiliki bobot 503 gram.

Untuk refresh rate dari produk ini sebesar 120Hz dengan resolusi 1832 x 1920. Dengan begitu, pengguna akan terhindar dari glitch dan pemandangan buram. Produk ini memiliki daya baterai 4 kali lebih tahan lama dibanding seri sebelumnya.

Oculus Quest 2 dibekali dengan chipset Snapdragon XR2 dari Qualcomm serta kartu grafis Adreno 650. Sudah pasti VR ini memiliki kualitas grafis yang jernih.

Itulah tadi rekomendasi headset VR terbaik yang bisa menjadi referensi untuk Anda. semoga informasi di atas membantu Anda!

Related Topics

Headset VRRekomendasi

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
TikTok Ungkap 4 Jenis Konsumen, Penjual Harus Paham