NEWS

Efek Serangan Iran ke Israel, Fed Hati-Hati Turunkan Suku Bunga

Serangan tersebut dikhawatirkan akan naikkan harga minyak.

Efek Serangan Iran ke Israel, Fed Hati-Hati Turunkan Suku BungaIlustrasi : Gedung bank central Amerika Serikat atau The Federal Reserve di Washington, Amerika Serikat. (Shutterstock/Paul Brady Photography)
by
15 April 2024

Fortune Recap

  • Capital Economics memprediksi ketegangan di Timur Tengah akan mempengaruhi keputusan Federal Reserve untuk memperlambat penurunan suku bunga.
  • Serangan Iran terhadap Israel dikhawatirkan akan meningkatkan harga minyak, mengganggu upaya bank sentral menekan inflasi di negara maju.
  • Meskipun lonjakan harga minyak dalam sebulan terakhir akan meningkatkan inflasi sekitar 0,1, namun hal tersebut tidak akan mempengaruhi keputusan kebijakan bank sentral.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Capital Economics memprediksi eskalasi ketegangan usai Iran melancarkan serangan roket dan drone ke Israel kemungkinan memberi alasan kepada bank sentral Amerika Serikat, Federal Reserve alias Fed, untuk memperlambat penurunan Suku Bunga.

Serangan tersebut dikhawatirkan bakal mendongkrak harga minyak dan mengganggu upaya Fed dalam menekan inflasi.

Fortune melansir, Senin (15/4), pernyataan kepala ekonom Capital Economics, Neil Shearing, mengenai kemungkinan bahwa serangan itu akan berdampak pada perekonomian global.

“Kenaikan harga minyak akan mempersulit upaya untuk mengembalikan inflasi ke target di negara-negara maju, namun hanya akan berdampak material pada keputusan bank sentral jika harga energi yang lebih tinggi berdampak pada inflasi inti,” kata dia.

Mata dunia tertuju pada bagaimana Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menyikapi serangan tersebut. Saat ini tengah ditunggu apakah Israel akan melancarkan balasan lebih besar kepada Iran.

Meskipun serangan Iran ini menandai aksi militer langsung pertamanya terhadap Israel, Gedung Putih mengisyaratkan pihaknya berupaya mencegah meluasnya permusuhan.

Presiden Joe Biden dilaporkan mengatakan kepada Netanyahu bahwa AS tidak akan berpartisipasi dalam tindakan ofensif apa pun terhadap Iran, setelah menjanjikan dukungan yang solid untuk pertahanan Israel.

Sementara itu, Wall Street bersiap menghadapi lonjakan harga minyak setelah serangan tersebut, dan banyak yang memperkirakan harga minyak akan melonjak di atas US$100 per barel. Itu setelah minyak mentah Brent melonjak 20 persen sepanjang tahun ini hingga melebihi US$90.

“Pasar energi tetap menjadi mekanisme transmisi utama ketegangan/konflik regional ke seluruh perekonomian dunia,” kata Shearing.

Dia mengutip pedoman umum yang mengatakan bahwa kenaikan harga minyak sebesar 10 persen berarti tambahan inflasi sebesar 0,1-0,2 basis points di negara-negara maju.

Meskipun hal ini berarti lonjakan harga minyak dalam sebulan terakhir akan meningkatkan inflasi sekitar 0,1, namun hal tersebut tidak akan mempengaruhi keputusan kebijakan bank sentral.

Sebaliknya, harga minyak harus mengalami kenaikan yang lebih besar dan berkelanjutan untuk menggerakkan kebijakan moneter, khususnya jika lonjakan tersebut berdampak pada inflasi inti.

Related Topics