6 Manfaat dari Family Office

Family office penting bagi keluarga yang punya aset besar.

6 Manfaat dari Family Office
ilustrasi mengatur uang jajan (pexels.com/Karolina Grabowska)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Wacana pemerintah membentuk Family Office tengah menjadi perbincangan hangat beberapa hari terakhir. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan telah mengumpulkan sejumlah menteri di Istana Negara untuk membahas usulan ini. 

Family office merupakan lembaga atau perusahaan swasta yang beroperasi untuk mengelola kekayaan, investasi, dan  aspek urusan keluarga, terutama yang memiliki aset besar dan kompleks.

Mengutip dari laman resmi Wealthspire.com, berikut adalah berbagai keuntungan yang didapat dari mendirikan family office.

1. Efisiensi biaya

Layanan family office akan memberikan akses ke tim ahli tanpa memerlukan investasi awal yang signifikan. Selain itu, salah satu penghematan terbesar adalah tidak perlu membayar layanan konsultasi dari luar, karena talenta ada di dalam kantor.

Mendirikan dan memelihara family office tradisional bisa sangat mahal, namun hal ini bisa disiasati melalui kerja sama dengan kantor manajemen kekayaan sehingga biayanya bisa lebih efisien. 

2. Akses terhadap keahlian

Mungkin mengelola kekayaan bisa dilakukan secara pribadi, namun bila sudah berjumlah sangat besar, diperlukan pengelolaan yang lebih profesional seiring dengan munculnya tingkat risiko yang lebih kompleks. Dalam situasi ini, Anda membutuhkan peran para ahli yang tidak hanya terfokus di satu bidang saja.

Untuk itu, sebuah perusahaan manajemen kekayaan dalam family office biasanya mempekerjakan berbagai spesialis, mulai dari penasihat investasi hingga profesional pajak, perencana properti, dan konsultan filantropi. Keluarga mendapatkan manfaat dari keahlian kolektif tanpa harus mempekerjakan dan mengelola sendiri para profesional tersebut.

Salah satu kunci sukses kantor keluarga adalah tim memiliki pemahaman mendalam tentang kebutuhan keluarga, toleransi risiko, dan kriteria investasi lainnya. Dalam banyak kasus, kantor keluarga membantu menjaga kerahasiaan dan privasi tingkat tinggi pada aset dan investasi keluarga.

3. Skalabilitas

Seiring dengan berkembangnya kebutuhan keluarga, layanan yang diberikan dapat ditingkatkan atau diturunkan skalanya. Fleksibilitas ini diyakini bermanfaat bagi keluarga yang mungkin belum memerlukan rangkaian layanan lengkap dari family office yang sifatnya masih tradisional.

4. Kontinuitas dan stabilitas

Perusahaan manajemen kekayaan menawarkan platform layanan yang stabil dan berkelanjutan. Hal ini penting bagi keluarga multigenerasi yang membutuhkan pengelolaan urusan mereka yang konsisten dan andal dari waktu ke waktu.

Dengan demikian, aset dan kekayaan milik keluarga besar pun bisa tetap terkelola dengan baik di setiap generasi dan bermanfaat, meski generasi pendahulu sudah tiada.

5. Pemanfaatan teknologi dan infrastruktur

Perusahaan manajemen kekayaan dalam sebuah family office sering kali memiliki platform dan infrastruktur teknologi canggih yang mungkin sulit ditiru oleh masing-masing kantor keluarga.

Hal ini mencakup sistem pelaporan yang canggih, alat manajemen risiko, dan saluran komunikasi yang aman. Dengan menjalankan family office, keluarga besar sudah tentu bisa memngakses berbagai teknologi ini untuk dimanfaatkan dalam pengelolaan aset yang mereka miliki.

6. Memusatkan risiko

Sebagai tambahan, manfaat terakhir yang bisa didapat dengan mendirikan family office adalah memusatkan risiko operasional dari pengelolaan aset serta kekayaan pada satu saluran. Hal ini membantu pemilik kantor keluarga membuat keputusan yang lebih efektif dan memenuhi tujuan investasi keluarga atau mereka sendiri.

Kantor keluarga dapat dipusatkan pada satu sumber pendapatan utama atau terdiversifikasi ke berbagai industri. Misalnya, satu kantor keluarga yang pernah saya lihat memiliki tujuan utama untuk berinvestasi di properti multi-keluarga. Tim manajemen eksekutif mereka juga mempekerjakan manajer properti internal untuk mengelola aset.

Hal ini akan membuat risiko yang mungkin terjadi diselesaikan dengan cara yang benar-benar fokus dan terkendali. Dalam hal ini, keluarga pemilik aset hanya perlu mengawasi dan mempercayakan pengelolaan pada family office yang sudah berjalan.

Demikianlah penjelasan beberapa keuntungan atau manfaat yang didapat dengan mendirikan family office, terutama bagi keluarga besar yang memiliki nilai aset sangat besar dan kompleks. Semoga bermanfaat.

Related Topics

Family Office

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

IDN Channels

Most Popular

Daftar Sektor Berpotensi Tuah Manfaat Program Prabowo-Gibran
Sritex (SRIL) Pailit, Bagaimana Nasib Investor Publik dan Sahamnya?
BEI dan Target IPO 2025, Juga Upaya Mewujudkannya
Sritex Dinyatakan Pailit oleh Pengadilan Niaga Semarang
52 K/L Belum Pungut Denda dan Kurang Bayar, Total Rp3,44 Triliun
Laba Bersih Kuartal III Anjlok 28%, Unilever Enggan Ikut Perang Harga