6 Tips Membangun Bisnis Coffee Shop di Tahun 2024

Bisnis kopi tetap jadi tren di tahun 2024.

6 Tips Membangun Bisnis Coffee Shop di Tahun 2024
ilustrasi Coffee shop (unsplash.com/Tyler Nix)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Bisnis di dunia kopi diperkirakan akan terus berkembang dan berpotensi menjadi salah satu bisnis yang dipilih oleh masyarakat tahun ini, baik dalam skala besar maupun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), seperti bisnis coffee shop.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Kementerian Perdagangan, Didi Sumedi, mengatakan bahwa kopi menjadi salah satu komoditas yang masih akan jadi primadona ekspor non migas Indonesia di 2024. “Iya, memang sekarang kan kopi sudah juga. Rasanya itu aja ya, yang produk-produk kehutanan juga,” ujarnya (5/1).

Business Developer Berto Coffee Roaster, Marcel Patilaya, menyebut industri kopi adalah salah satu tren bisnis yang akan berjaya di 2024. "Tren menyangrai kopi terus bertransformasi. Sejak 2018 lalu, kami mengembangkan inovasi mesin sangria kopi dengan memanfaatkan teknologi digital dan otomasi untuk dapat menjawab tantangan industri kopi,” katanya, pada akhir 2023 lalu.

Melihat potensi bisnis kopi yang semakin berkembang, Otten Coffee mengungkapkan coffee shop adalah sebuah lahan bisnis menjanjikan. Berikut beberapa tips  membuka kedai kopi tahun ini dari Otten Coffee. 

1. Buat rencana bisnis yang matang

Menurut Otten Coffee, business plan yang dimaksud adalah seperti apa model gerai kopi yang ingin Anda dirikan, bagaimana coffee shop ini mendatangkan keuntungan, konsumen seperti apa yang menjadi sasaran. Berikutnya, bagaimana mempelajari para kompetitor, merencanakan perkembangannya di masa depan, serta memelajari pemecahan masalah jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

Keberadaan sebuah business plan sangat penting dan dibutuhkan saat Anda memulai bisnis ini. Perlu diingat, persiapan yang matang akan sangat menentukan perjalanan bisnis Anda, karena tanpa rencana, sebuah gerai mungkin takkan bisa berjalan seperti yang diharapkan.

2. Tentukan konsep yang otentik

Dengan semakin menjamurnya bisnis kedai kopi di tengah masyarakat, konsep adalah sebuah kunci untuk menghadirkan sesuatu yang berbeda dari yang sudah ada. Oleh karena itu, sebelum memulai buka coffee shop, Anda juga harus memikirkan konsep apa yang akan dibawa oleh coffee shop.

Jika konsep telah terbentuk, Anda akan lebih mudah membuat interior dan juga menilik target pasar. Konsep yang terbentuk dengan matang akan membantu bagaimana interior terbangun kelak. Sebuah coffee shop tentu harus memiliki keunggulang, baik dari segi kenyamanan, maupun desain interior yang menarik.

Tak hanya tampilan fisik, sebagai bisnis minuman dan makanan, Anda harus bisa menghadirkan juga menu-menu yang unik dan menarik bagi para pelanggan. Tak perlu bingung, saat ini Anda bisa mulai menentukan menu yang dihadirkan dengan melakukan riset di internet.

3. Interior harus efektif dan efisien

Buatlah interior gerai yang nyaman sehingga pelanggan betah di sana sambil menikmati makanan dan minuman. Perhatikan pemilihan meja dan kursi, pencahayaan, sampai warna ruangan, karena semua elemen tersebut membantu membuat gerai kopi Anda menjadi nyaman dan menarik bagi para pelanggan.

Selain itu, pilihlah material yang murah namun berkualitas. Hal ini jadi bagian tersulit, karena Anda harus melakukan riset yang tidak sederhana. Untuk mengatasinya, ada baiknya Anda bekerja sama dengan desainer interior yang terpercaya dan bisa memahami konsep yang ingin Anda tampilkan di coffee shop.

4. Pekerjakan akuntan berkualitas

Seperti kebanyakan bisnis lainnya, perhitungan finansial coffee shop jadi salah satu faktor utama dalam operasional yang akan menentukan pengelolaan keuangan di bisnis Anda. Pembukuan dan laporan akan memudahkan Anda mengontrol segala hal yang melibatkan finansial.

Dengan hadirnya akuntan, Anda tak perlu repot lagi memikirkan urusan finansial yang tentunya tak bisa dianggap enteng, karena merupakan hal inti yang memengaruhi berhasilnya gerai kopi yang kelak akan didirikan.

Sementara urusan finansial sudah ditangani oleh profesional, Anda bisa fokus ke bagian lain yang juga penting bagi bisnis coffee shop Anda.

5. Persiapkan pendanaan

Jika Anda telah memiliki modal yang cukup, mungkin masalah dana awal bukanlah hal yang besar. Tapi, jika Anda ingin mendirikan gerai dengan investor atau teman-teman, masalah pendanaan harus dibicarakan dengan matang.

Buatlah perjanjian sebelum bisnis berjalan, karena segala sesuatu yang menyangkut bisnis harus transparan agar tak menimbulkan hal-hal kurang menyenangkan di kemudian hari.

Sebelum menghabiskan tabungan dan dana awal, Anda harus tahu bahwa untuk enam bulan ke depan kedai kopi Anda mungkin belum menghasilkan keuntungan. Segala usaha yang baru dirintis biasanya merugi dulu pada awalnya. Untuk itu, Anda disarankan untuk memiliki tabungan yang cukup menghidupi kamu sampai enam bulan ke depan.

6. Buat strategi pemasaran yang efektif

Strategi pemasaran adalah hal penting yang harus dimiliki oleh sebuah bisnis di tengah banyaknya persaingan. Kekuatan pemasaran akan sangat menentukan bagaimana bisnis gerai kopi Anda bisa sampai di telinga konsumen dan membuat mereka tertarik untuk datang, mencoba, dan menjadi pelanggan tetap di coffee shop.

Manfaatkan fasilitas digital, seperti media sosial, karena hal ini akan menghemat biaya pemasaran Anda, sekaligus membuat strategi pemasaran Anda bisa tepat sasaran.

Selain itu, Anda juga bisa mengundang beberapa media untuk datang dan meliput bisnis Anda, mengadakan workshop menarik yang membuat pelanggan datang, dan acara-acara huburan lainnya sebagai bagian dari sarana promosi.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis coffee shop di 2024.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi