Lazada Group Perkuat Komitmen Keberlanjutan Melalui Blue Vehicle

Lazada membuka kerja sama dengan banyak mitra strategis.

Lazada Group Perkuat Komitmen Keberlanjutan Melalui Blue Vehicle
Armada Blue Vehicle. (Lazbeat,com)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Lazada Group memperkuat komitmennya pada aspek keberlanjutan melalui armada pengiriman paket yang ramah lingkungan melalui prgram Blue Vehicle.

Chief Logistic Officer Lazada Indonesia, Philippe Auberger, mengatakan bahwa Blue Vehicle merupakan bagian dari upaya Lazada Group dalam mengurangi jejak karbon dalam pengiriman paket kepada pelanggan. “Lazada berkomitmen untuk membangun ekosistem e-commerce yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, yang dijalankan diantaranya melalui kerja sama dengan para mitra strategis,” ujarnya dalam keterangan yang diterima Fortune Indonesia, Selasa (27/6).

Salah satu mitra strategis yang digandeng Lazada dalam program ini adalah Westbike Messenger Service (WMS), sebuah layanan pengiriman paket dengan menggunakan sepeda. “Kami sangat mengapresiasi para mitra kurir sepeda yang berbagi semangat ramah lingkungan yang sama dengan kami dan berperan penting dalam mendukung operasional berkelanjutan di Lazada,” kata Auberger.

Saat ini, layanan pengiriman barang ke konsumen oleh kurir sepeda dari WMS dan Lazada Logistics telah tersedia di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Malang, dan bakal diperluas ke beberapa kota besar lainnya di Indonesia.

Mitra kurir

Kurir sepeda Blue Vehicle dari Lazada Logistics. (dok. Lazada)

Salah satu mitra kurir Lazada Logistics dari Hub Malang, Ervanny Alexander Redyan, menceritakan, sudah setahun bekerja sebagai kurir paket dengan menggunakan sepeda. Baginya, pekerjaan ini bukan sekadar hobi, namun juga jadi sumber pendapatan, yang sejalan dengan misi keberlanjutan Lazada.

Ketika ada pelanggan bertanya mengenai armada yang ia gunakan, ia selalu menjelaskan soal upaya perusahaan mengurangi polusi udara. “Tidak hanya baik untuk lingkungan kita, tapi juga untuk diri kita sendiri. Dapat sehatnya, dapat juga kebaikannya,” katanya.

Ervan berharap kerja sama kurir sepeda dari WMS dan Lazada Logistics ini bisa memberikan kontribusi positif bagi lingkungan di kotanya, Malang. “Saya melihat belum banyak perusahaan logistik yang memulai langkah seperti ini,” ujarnya.

Upaya lainnya

Kemasan ramah lingkungan kolaborasi Eiger dan Lazada. (Fortuneidn/Bayu)

Selain armada sepeda, Lazada sebelumnya juga bermitra dengan PT Smoot Motor Indonesia (Smoot) untuk menyediakan kendaraan berbasis listrik utama bagi mitra kurir Lazada Logistics. Lazada juga telah menyediakan kemasan paket yang dibuat dari material alternatif yang lebih ramah lingkungan bagi brand dan penjual yang tergabung dalam layanan logistik Fulfillment by Lazada (FBL).

Pada awal tahun lalu, inisiatif Transfer Access Point (TAP) juga dikembangkan di Lazada Logistics untuk menyederhanakan proses rantai pasok melalui konsolidasi seluruh armada untuk pengiriman paket yang lebih efektif dan tepat waktu. Hasilnya,  Lazada Logistics mengklaim berhasil mengurangi emisi karbon secara signifikan dengan mengurangi perjalanan hingga lebih dari 20.000 truk.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

Daftar Saham Afiliasi Para Calon Menteri dalam Pemerintahan Prabowo
Ini Biaya dan Perbandingan Franchise Alfamart dan Indomaret
BI Masih Cermati Ruang Penurunan Suku Bunga Acuan
BI: Biaya Transaksi QRIS Gratis hingga Rp500 Ribu per 1 Desember 2024
Ini 3 Waktu Terbaik untuk Memulai Investasi Emas
Investor Asal Korsel dan Cina Bakal ke Indonesia Bawa Dana Jumbo