Mengenal Outlet, Fungsi, dan Jenisnya

Ternyata outlet dikategorikan ke dalam beberapa jenis.

Mengenal Outlet, Fungsi, dan Jenisnya
Ilustrasi outlet. (Pixabay/Rahul Pandit)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Dalam sebuah bisnis, outlet memiliki peranan penting dalam menyalurkan suatu produk atau barang agar dapat menjangkau segmen konsumen yang lebih luas. Lantas, apa yang dimaksud dengan outlet ? 

Perkembangan teknologi memungkinkan seorang pengusaha kini bisa memiliki outlet secara virtual atau beroperasi dalam jaringan, sehingga tak terbatas pada bentuk outlet fisik yang banyak dijumpai. Secara operasional, outlet online dinilai bisa efisien danbebas dikembangkan sesuai keinginan, dan tak memerlukan modal terlalu besar. Namun, apa benar toko online termasuk dalam kategori outlet.

Sebelum memulai untuk menyebut toko online sebagai outlet, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Melansir beberapa sumber, berikut ulasannya. 

Pengertian

Menurut Majoo.id, outlet adalah tempat untuk berjualan secara konvensional, atau secara offline. Sedangkan, pengusaha yang menawarkan produk dan jasanya secara online, tanpa memiliki tempat usaha fisik, belum bisa disebut pemilik sebuah outlet.

Hal lain yang perlu diketahui sebagai bagian dari definisi outlet adalah batasan pada tempat usaha yang menjual barang dari satu merek saja, sekalipun jenis barangnya bisa berbeda-beda.

Tujuan utama dari sebuah outlet adalah untuk mendistribusikan produk secara langsung kepada konsumen, sehingga produsen dapat mengendalikan kualitas, ketersediaan, dan harga produknya secara lebih baik.

Fungsi

Banyak pengusaha yang mengimpikan bisa memiliki outletnya sendiri untuk barang atau jasa yang ditawarkan ke konsumen. Hal ini disebabkan, outlet memiliki beberap fungsi yang strategis bagi sebuah bisnis. Situs teknokra.com menyebutkan beberapa fungsi yang dimiliki sebuah outlet, sebagai berikut:

  1. Saluran distribusi produk secara langsung
    Dengan adanya outlet, produk yang diproduksi bisa sampai ke tangan konsumen secara langsung dan efisien. Ini memungkinkan produsen untuk memastikan bahwa produk yang dijual berkualitas baik dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
  2. Menghadirkan pengalaman belanja
    Outlet bukan hanya tempat untuk membeli produk, tetapi juga memberikan pengalaman belanja bagi konsumen. Dengan desain yang menarik, layanan pelanggan yang baik, dan berbagai promosi, konsumen akan merasa nyaman dan senang berbelanja. Ini akan meningkatkan kepuasan konsumen dan membangun loyalitas mereka terhadap jenama yang kita tawarkan.
  3. Membangun brand awareness
    Dengan menempatkan jenama di tempat yang strategis dan menarik, kita bisa menarik lebih banyak konsumen dan membuat mereka mengenal dan mengingat jenama yang kita tawarkan. Ini sangat penting untuk pertumbuhan dan kesuksesan bisnis dalam jangka panjang.
  4. Tempat berkomunikasi dan interaksi dengan konsumen
    Melalui outlet, kita sebagai penjual bisa mendapatkan masukan, saran, dan kritik dari konsumen yang bisa digunakan untuk perbaikan dan pengembangan bisnisnya, bahkan secara langsung dari konsumen yang berniat membeli produk yang dijual.

Jenis

Selain fungsi, yang perlu diketahui lagi adalah beberapa jenis outlet yang dikenal di tengah masyarakat sebagaimana yang dikutip dari situs klikfranchise.com :

  1. Pilot Outlet
    Pilot outlet adalah outlet yang pertama kali berdiri dan biasanya merupakan prototipe pertama sebagai perwujudan ide bisnis yang kita bangun. Pilot outlet biasanya memiliki keunikan yang bisa menjadi sumber inspirasi dalam mengungkap kisah sejarah bisnis kita. Salah satu pilot outlet adalah restoran Bakmi Gajah Mada yang pertama kali didirikan di Jalan Gajah Mada, Jakarta.
  2. Model Outlet
    Disebut model outlet karena merupakan acuan dalam menduplikasi outlet yang hendak dibangun di kemudian hari. Model outlet bisa terdiri dari beberapa model, biasanya terkait luas area ruang usaha atau gerainya. Misal model 1 ruko, model 2 ruko, model 3 ruko.
  3. Flagship Outlet
    Flagship adalah outlet yang lokasinya sangat strategis, banyak dilihat orang, biasanya di lokasi-lokasi seperti Bandara, tempat wisata, mall, atau jalan protokol yang memungkinkan outlet didatangi banyak konsumen dan mudah untuk ditemukan. Biasanya, flagship memiliki  trafik pengunjung yang cukup tinggi dan sesuai dengan target market yang disasar.
  4. Trial Outlet
    Jenis ini adalah outlet yang dijadikan percobaan bagi produk-produk yang baru diluncurkan, sebelum akhirnya dijual di seluruh outlet yang ada. Biasanya, pengusaha atau franchisor akan memilih satu atau beberapa outlet dengan kriteria yang cocok, untuk mengukur penerimaan target market produk baru tersebut.
  5. Special Outlet
    Special outlet adalah outlet yang mendapat perlakuan istimewa dan tidak mengikuti standar desain yang menjadi identitas jenama. Sebagai contoh, beberapa outlet Eiger yang menyediakan fasilitas latihan panjat tebing. Hal ini menjadi istimewa, karena fasilitas ini tidak ada di outlet Eiger pada umumnya.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diketahui berkenaan dengan outlet dan seluk beluknya. Semoga bermanfaat.

Related Topics

Outlet

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

Daftar Saham Afiliasi Para Calon Menteri dalam Pemerintahan Prabowo
Ini Biaya dan Perbandingan Franchise Alfamart dan Indomaret
BI Masih Cermati Ruang Penurunan Suku Bunga Acuan
BI: Biaya Transaksi QRIS Gratis hingga Rp500 Ribu per 1 Desember 2024
Ini 3 Waktu Terbaik untuk Memulai Investasi Emas
Investor Asal Korsel dan Cina Bakal ke Indonesia Bawa Dana Jumbo