Riset Newzo: Pasar Gim Dunia Raih Penjualan US$183,9 Miliar

Didukung peningkatan di pasar negara berkembang.

Riset Newzo:  Pasar Gim Dunia Raih Penjualan US$183,9 Miliar
Pelaku industri gim sedang menjajal produk gim nasional. (dok. AGI)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Global Games Market Report 2023 yang dirilis oleh Newzoo, menunjukkan bahwa pasar Gim dunia berhasil mencatatkan US$183,9 miliar atau sekitar Rp2,99 kuadriliun (kurs Rp16.255,81 per dolar AS), di sepanjang 2023.

Analis Newzoo, Tom Wijman, mengatakan bahwa salah satu pendorong pencapaian nilai Penjualan tersebut adalah tumbuhnya jumlah pemain di negara berkembang, didukung akses yang lebih luas terhadap perangkat yang mampu bermain game, peluncuran konten baru, dan munculnya lebih banyak metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi lokal.

“Terdapat banyak peluang yang dapat diambil di negara-negara berkembang jika kita (industri gim) menemukan cara yang lebih baik untuk melayani (kebutuhan) mereka,” ujar Wijman seperti dikutip dari gamesindustry.biz, Jumat (31/5). “Jadi itu semua adalah alasan untuk optimis, itulah alasan sebenarnya mengapa pasar masih bisa tumbuh.”

Berdasarkan riset tersebut, pasar gim dunia tumbuh lebih dari 0,5 persen secara tahunan. Pendapatan gim seluler menyumbang kurang dari separuh pasar global, dengan penurunan sebesar -2,1 persen secara tahunan, menjadi hampir US$90 miliar (Rp1,46 kuadriliun). Sebaliknya, game PC yang diunduh dan dikemas hanya mewakili 22 persen dari total pendapatan, namun memiliki pertumbuhan tertinggi dibandingkan segmen mana pun  dengan lebih dari 8,4 persen (YoY).

Tantangan

Meski terjadi peningkatan nilai pasar gim dunia, Newzoo mencatat bahwa waktu bermain menurun drastis, dengan rerata per kuartal turun -26 persen–sejak kuartal pertama 2021. Hal ini menjadi tantangan tersendiri, khususnya bagi para pengembang gim baru, karena gim lama (minimal berusia enam tahun) tampaknya masih disukai dengan lebih konsisten.

“Hal ini seharusnya mulai berdampak pada pilihan model monetisasi yang dilakukan pengembang dan penerbit gim,” kata Wijman. “Jika Anda membuat orang bermain terlebih dahulu, maka mereka akan mulai berbelanja.”

Dari laporan Newzoo juga tercermin adanya fenomena sekelompok pemain yang bergerak bermain gim dari satu yang viral ke gim lain yang viral juga. Mereka biasanya aktif dalam berbagai forum dan media, seperti Reddit, kemudian merekomendasikan gim kepada rekan-rekannya. “Ini kelompok yang sangat penting jika Anda dapat menjangkau orang-orang tersebut,” katanya.

Proyeksi

Berdasarkan kinerja 2023, riset Newzoo pun memperkirakan pendapatan pasar gim global bisa mencapai US$207 miliar atau Rp3,36 kuadriliun. “Dengan total CAGR pasar gim (2021-2026) mencapai lebih dari 1,4 persen. Ini merupakan koreksi naik dari perkiraan kami sebelumnya,” kata Wijman.

Poyeksi ini menunjukkan sebuah optimisme, khususnya pada situasi pasar di tahun 2025. Wijman menyampaikan bahwa pasar akan tumbuh lebih dari 6 persen (YoY) (diperkirakan) pada tahun 2025, dan angka tersebut sedikit lebih tinggi dari perkiraan Newzoo pada versi laporan sebelumnya.

Magazine

SEE MORE>
The Art of M&A
Edisi November 2024
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024

Most Popular

Harga Saham Bank Rakyat Indonesia (BBRI) Hari Ini, 21 November 2024
Siapa Pemilik Grab? Perusahaan Jasa Transportasi Terbesar
Terima Tawaran US$100 Juta Apple, Kemenperin Tetap Tagih Rp300 Miliar
Harga Saham GoTo Group (GOTO) Hari Ini, 21 November 2024
Tolak Wacana PPN 12 Persen, Indef Usulkan Alternatif yang Lebih Adil
Harga Saham GoTo Group (GOTO) Hari Ini, 22 November 2024