7 Cara Menghasilkan Uang dari Menulis untuk Tambah Cuan

Cocok untuk yang hobi nulis

7 Cara Menghasilkan Uang dari Menulis untuk Tambah Cuan
ilustrasi menulis (unsplash/kenny eliason)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Punya hobi menulis? Anda bisa mengembangkan hobi dan skill tersebut menjadi sesuatu yang menghasilan uang. Kini, menulis tidak hanya dijadikan hobi atau sekadar mengisi waktu luang semata. 

Tidak sedikit, orang menjadikan kegiatan menulis sebagai salah satu kegiatan yang menghasilkan.

Seiring dengan kemajuan teknologi, ada banyak Cara Menghasilkan Uang Dari Menulis yang mudah didapatkan. Bahkan, hampir sebagian perjakan tersebut bisa dilakukan secara online.

Bagi Anda yang tertarik untuk mendapatkan tambahan cuan dari menulis, berikut beberapa pilihan pekerjaan yang cocok dengan hobi tersebut.

1. Menjadi freelance writer

Menjadi freelance writer atau penulis lepas merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari menulis yang umum ditemui.

Anda bisa membuka jasa penulisan pada beberapa perusahaan yang membutuhkan penulis untuk membantu bisnis mereka berkembang.

Ada banyak pilihan media yang bisa Anda tawarkan, seperti jasa penulisan konten artikel, media sosial, dan lainnya.

Selain, itu, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan sebagai freelance writer. Salah satunya fleksibilitas waktu dan tempat jadi Anda tidak harus pergi ke kantor.

Gaji atau penawaran upah yang ditawarkan juga cukup menjanjikan. Terlebih bagi Anda yang sudah memiliki banyak pengalaman menulis berbagai topik.

Tidak hanya gaji, Anda juga bisa membangun jejaring yang luas dengan orang-orang yang berada di industri penulisan.

2. Membuat blog

Jika Anda ingin membangun bisnis menulis secara mandiri, membuat blog atau situs website sendiri jadi pilihan terbaik. Pasalnya, blog memungkinkan Anda untuk bisa bebas menerbitkan berbagai macam tulisan di sana.

Selain sebagai hobi, Anda bisa mengoptimalkan blog yang telah terbentuk menjadi sebagai usaha yang menghasilkan uang. Meskipun membutuhkan waktu yang tidak sedikit, usaha tersebut bisa membuahkan hasil.

Anda bisa mulai untuk memonetisasi situs yang sudah dibuat dengan mendaftarkannya ke Google Ads. Selain itu, Anda bisa mendapatkan pemasukan lewat pemasaran afiliasi, iklan, atau konten bersponsor.

Untuk membantu Anda memaksimalkan blog yang dimiliki, Anda bisa bergabung dalam komunitas penulis.

3. Membuat novel

Suka menulis cerita fiksi atau novel? Anda bisa menyalurkan hobi tersebut untuk menghasilkan uang. Cara menghasilkan uang dari menulis ini cukup populer di kalangan penulis.

Meskipun tidak mencetak buku fiksi, Anda bisa menjual karya di beberapa platform menulis. Beberapa platform memfasilitasi penulis untuk bisa menjual karyanya dengan cara langganan pembaca. Mulai dari Wattpad dan KaryaKarsa.

Di sana, Anda bisa mengunggah novel atau karya tulisan dengan mudah. Pembaca yang ingin membacanya bisa berlangganan dengan melakukan pembayaran terlebih dahulu. Dari situ, Anda bisa mendapatkan keuntungan.

Jika karya Anda sudah memiliki banyak pembaca, kesempatan untuk membukukan karya terbuka luas. Bahkan, beberapa film atau drama juga banyak diambil dari karya di platform tersebut.

4. Menjadi penerjemah

Jika Anda memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik, tidak salahnya untuk menjadi seorang penerjemah. Sebagai translator, Anda akan bertugas untuk menerjemahkan berbagai macam naskah dari bahasa sumber ke bahasa sasaran.

Selain kemampuan menulis yang baik, Anda dituntut untuk bisa menerjemahkan tulisan dengan cermat. Bagi Anda yang memiliki minat pada bidang penulisan dan bahasa asing, penerjemah jadi pilihan pekerjaan yang tepat.

Tidak hanya menerjemahkan naskah saja, translator juga bisa menuliskan konten tulisan dalam dua bahasa sekaligus. Untuk gaji, seorang translator bisa mendapatkan gaji yang kompetitif. 

Anda juga bisa memperluas jaringan profesional, baik dalam negeri hingga luar negeri.

5. Ikut lomba menulis

Ada berbagai cara menghasilkan uang dari menulis untuk penulis. Salah satunya dengan mengikuti lomba menulis. Ada banyak lomba yang menawarkan hadiah menarik, seperti uang tunai hingga hadiah lainnya bagi pemenangnya.

Setiap peserta lomba biasanya harus menyiapkan beberapa hal sebagai persyaratannya. Salah satunya naskah yang harus dibuat sesuai tema.

Untuk pengumpulannya, pihak penyelenggara sudah menyiapkan formulir atau kontak tersendiri.

Selain itu, terdapat jadwal lomba yang harus Anda perhatikan sebelum mengikuti kompetisinya.

Untuk bisa mengikuti lomba tersebut, Anda bisa mencari informasi di beberapa platform media sosial. Umumnya, lomba atau event penulisan disebarluaskan lewat media sosial.

6. Menjadi Content Creator

Dewasa ini, media sosial menjadi platform komunikasi terbesar yang sudah memiliki banyak pengguna di seluruh dunia. Wajar saja ada banyak penggunanya memanfaatkan platform tersebut untuk menghasilkan uang.

Sebagai penulis, Anda juga bisa meraup keuntungan dengan cara membuat konten yang diunggah di akun media sosial. Anda bisa membuat konten berupa edukasi, tulisan puitis, atau cerita motivasi yang menarik minat pengguna lainnya.

Anda yang mempunyai hobi membaca buku, konten ulasan buku bisa dijadikan ide yang menarik.

Saat konten dan akun Anda sudah banyak dikenal, tawaran endorse atau kerja sama dengan perusahaan bisa datang.

7. Menerbitkan buku

Cara menghasilkan uang dari menulis berikutnya adalah menerbitkan buku. Bagi Anda yang memiliki naskah yang lengkap dan cukup diminati pembaca, tidak ada salahnya untuk menerbitkan buku.

Anda bisa menerbitkan buku sendiri atau bantuan dari penerbit. Untuk bisa menerbitkan buku, pastikan Anda sudah mempersiapkan modal yang cukup.

Dalam tahap pemasaran, Anda juga harus terlibat aktif untuk mempromosikan buku pada pembaca. 

Itu dia beberapa cara menghasilkan uang dari menulis yang cocok bagi Anda yang memiliki hobi menulis. Tertarik untuk menjadi hobi sebagai bisnis yang menguntungkan?

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Peta Rute KRL Jabodetabek Terbaru 2024 Beserta Harga Tiketnya
15 Motor Termahal di Dunia, Mencapai Ratusan Miliar Rupiah!
Daftar Saham yang Bisa Transaksi Short Selling per Juli 2024
IPO Emiten Golf Anak Tommy Suharto Rampung, Oversubscribed 27 Kali!
Luhut: Bea Masuk 200 Persen Tak Terbatas Barang Impor dari Cina
Hati-Hati IHSG Fluktuatif di Akhir Pekan!