7 Contoh Company Profile Terlengkap, Cocok Sebagai Referensi!

Mempermudah membuat profil perusahaan

7 Contoh Company Profile Terlengkap, Cocok Sebagai Referensi!
ilustrasi company profile (freepik/oxurra)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Adanya Company Profile tentu membantu perusahaan untuk lebih dikenal oleh khalayak luas. Profil Perusahaan yang telah disusun sedemikian rupa tersebut biasanya dipakai sebagai salah satu alat branding.

Tujuannya agar klien atau mitra bisnis tertarik untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan Anda. Namun, membuat company profile tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tampak menarik dan berkesan.

Untuk membantu Anda menyusun profil perusahaan, berikut beberapa contoh company profile yang bisa dijadikan sebagai referensi.

1. Contoh company profile bentuk buku

Salah satu contoh company profile yang banyak diminati, yaitu dalam bentuk buku. Media satu ini cukup familier dibuat setiap perusahaan sebagai branding perusahaan. 

Dari tampilannya, profil perusahaan ini tampak seperti majalah yang berisi informasi terkait perusahaan, mulai dari visi misi, sejarah, produk, hingga pencapaian yang diraih perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

Pilihan desainnya cukup bervariatif yang bisa disesuaikan dengan ciri khas perusahaan.

Dalam membuat profil perusahaan dalam bentuk buku, Anda harus memperhatikan cover depan. Bagian tersebut bisa berupa foto atau ilustrasi yang menggambarkan aktivitas perusahaan.

Biasanya, format satu ini lebih sering digunakan ketika ingin memperkenalkan perusahaan pada klien atau mitra bisnis.

2. Contoh company profile bentuk brosur

Selain buku, tidak sedikit perusahaan juga menggunakan media brosur sebagai company profile. Brosur termasuk salah satu cara tradisional yang masih banyak digunakan sebagian besar perusahaan untuk memperkenalkan perusahaan.

Ukurannya yang tidak terlalu besar dan mudah dilipat membuat brosur lebih mudah untuk dibawa. Tidak heran, ada banyak perusahaan yang membuat profil perusahaan dalam bentuk brosur.

Desainnya yang dirancang untuk mudah dilipat ini juga perlu diperhatikan dalam proses pembuatannya. Tata letaknya harus tetap berurutan sehingga klien atau calon mitra bisnis tidak merasa bingung dalam membacanya.

3. Contoh company profile bentuk flyer

Jika Anda ingin bentuk yang lebih ringkas, flyer jadi pilihan terbaik yang bisa dipilih. Pasalnya, ukuran flyer tidak terlalu besar dibandingkan brosur sehingga Anda memerlukan media yang besar. 

Anda bisa mengisi flyer dengan informasi penting yang dibuat lebih ringkas tentang perusahaan. Informasi yang singkat juga memungkinkan company profile dicetak pada satu halaman kertas saja. 

Agar lebih menarik secara visual, Anda bisa melengkapinya dengan ilustrasi atau foto yang mewakili perusahaan. 

Tidak heran, flyer jadi pilihan yang sangat ekonomis. Karena tidak terlalu memakan banyak biaya, tidak jarang perusahaan membuat company profile bentuk flyer untuk diberikan kepada khalayak luas.

4. Contoh company profile di situs website

Dewasa ini, peran teknologi sudah banyak digunakan untuk mempermudah kehidupan manusia. Salah satu dalam memudahkan klien untuk mendapatkan informasi seputar perusahaan di situs resmi perusahaan.

Contoh company profile satu ini sudah banyak digunakan untuk menyebarluaskan informasi mengenai perusahaan. Tidak hanya klien dan calon mitra bisnis saja, pengguna internet juga bisa mengakses profil perusahaan tersebut.

Dengan begitu, perusahaan jauh lebih dikenal lewat profil yang disertakan pada situs resmi. Lewat media ini, calon konsumen dan karyawan juga bisa lebih mengenai mengenai visi misi hingga produk yang ditawarkan.

5. Contoh company profile bentuk video

Selain bentuk tulisan, Anda juga bisa membuat profil perusahaan dalam bentuk video. Lewat media ini, Anda bisa mempresentasikan profil dengan cara yang lebih menarik. Dengan begitu, target audiens yang dituju bisa menaruh perhatian pada tayangan yang ditampilkan.

Dalam video yang dibuat, Anda bisa menambahkan ilustrasi atau animasi menarik yang merepresentasikan perusahaan. Perhatikan urutan penayangan informasi yang ditampilkan sehingga tetap bisa dipahami oleh penonton.

Jika Anda ingin profil perusahaan lebih dikenal lebih luas, Anda bisa mengunggahnya lewat berbagai platform media sosial.

6. Contoh company profile di aplikasi mobile

Tidak hanya situs resmi perusahaan, Anda juga bisa membuat profil perusahaan di aplikasi. Contoh company profile ini bisa digunakan untuk mengenalkan perusahaan pada pengguna aplikasi perusahaan Anda.

Kurang lebih, isi profilnya tidak jauh berbeda dengan contoh lainnya. Anda bisa mengisinya dengan visi misi, sejarah, dan informasi lainnya.

Dalam membuat profil dalam versi aplikasi, perhatikan format dan ukurannya sudah disesuaikan dengan ukuran mobile. Dengan begitu, pengguna bisa tetap nyaman untuk membaca keseluruhan profil perusahaan.

7. Contoh company profile bentuk slideshow

Tidak jarang, Anda harus memperkenalkan profil perusahaan dalam presentasi bersama calon klien bisnis. Ketika dalam kondisi tersebut,Anda bisa menyajikannya dalam bentuk slideshow.

Bentuk company profile satu ini tidak membutuhkan media cetak sehingga perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya pencetakan. Dalam kesempatan ini, Anda bisa mempresentasikan profil perusahaan secara langsung kepada calon mitra bisnis.

Itu dia beberapa contoh company profile yang bisa Anda jadikan sebagai panduan dan referensi membuat profil perusahaan. Dari beberapa contoh di atas, adakah yang menarik perhatikan Anda?

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

IDN Channels

Most Popular

Izin Usaha Investree Dicabut OJK, Bagaimana Nasib Nasabah?
Prabowo Lantik Raffi Ahmad hingga Gus Miftah Jadi Utusan Presiden
Kemenkeu Tidak Lagi di Bawah Menko, Langsung Koordinasi ke Presiden
Ferrari F80, Supercar Edisi Terbatas Rp60 Miliar Resmi Mengaspal
Prabowo Lantik Luhut Jadi Penasihat Khusus Presiden
Daftar Kepala Badan, Utusan Hingga Penasihat Khusus Prabowo