NEWS

7 Perusahaan Makanan Terbesar di Indonesia, Pimpin Industri!

Punya nilai penjualan terbesar

7 Perusahaan Makanan Terbesar di Indonesia, Pimpin Industri!ilustrasi pabrik makanan (unsplash/walter otto)
20 May 2024

Industri makanan Indonesia termasuk jenis sektor yang cukup bergairah dari jumlah penjualannya. Pasalnya, industri tersebut sangat dibutuhkan masyarakat.

Dilansir United States Department of Agriculture (USDA), laporan yang berjudul Indonesia Food Processing Ingredients yang rilis pada April 2023 disebutkan bahwa nilai penjualan penjualan retail makanan kemasan diperkirakan mencapai 40,11 miliar dolar AS.

Di antara Perusahaan Makanan lainnya, terdapat beberapa perusahaan makanan terbesar di Indonesia yang memiliki penjualan yang fantastis. Berikut daftar perusahaan yang masuk ke dalamnya.

1. PT Indofood Sukses Makmur Tbk

PT Indofood Sukses Makmur Tbk berhasil menduduki peringkat teratas pada industri retail makanan Indonesia. Pasalnya, perusahaan ini berhasil mencapai nilai penjualan sebesar 5 miliar dolar AS pada tahun 2022. 

Sebelum dikenal dengan Indofood, perusahaan ini awalnya didirikan dengan nama PT Panganjaya Intikusuma di tahun 1990. Dikenal sebagai produsen makanan terkemuka di Indonesia, Indofood banyak menaungi berbagai merek makanan terkenal, mulai dari Indomie, Roma, Chitato, hingga produk makanan bayi SUN.

Berbagai produk makanan tersebut mudah untuk dijumpai konsumennya di supermarket hingga pasar. Tidak heran, penjualan produknya memuncaki industri makanan lainnya.

2. Nestle Indonesia

Menyusul PT Indofood Sukses Makmur, Nestle Indonesia berhasil mengamankan posisi kedua. Dengan nilai penjualan retail sebesar 1,4 miliar dolar AS di tahun 2022, Nestle berhasil masuk ke dalam daftar perusahaan makanan terbesar di Indonesia 

Didirikan pada tahun 1873, Nestle mulai hadir di Indonesia lewat impor kental manis. Hingga saat ini, Nestle sudah memiliki banyak produk makanan hingga minuman yang dijual di pasar Indonesia, seperti Koko Krunch, Nescafe, dan lain sebagainya.

Dalam rangka meningkatkan perekonomian Indonesia, PT Nestle Indonesia mengekspor bumbu penyedap Nestle MAGGI ke Filipina sejak pertengahan tahun 2023.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.