10 Ide Bisnis Tanpa Modal, Cocok untuk Pemula!

Peluang usaha menjanjikan

10 Ide Bisnis Tanpa Modal, Cocok untuk Pemula!
ilustrasi ide bisnis tanpa modal (unsplash/sanni sahil)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Kini, membuka Bisnis tidak harus memerlukan modal yang besar sehingga cocok untuk pemula. Bahkan, Anda bisa memulainya tanpa modal. 

Berbekal fasilitas yang sudah dimiliki dan kemampuan, Anda sudah bisa membangun sebuah bisnis.Beberapa peluang usaha bisa dilakukan tanpa perlu mengeluarkan modal. 

Anda cukup melakukan beberapa persiapan penting sebelum menekuninya. Jika ditekuni dengan serius, Anda bisa menjadikan bisnis tersebut sebagai profesi dan sumber penghasilan utama.

Bagi yang tertarik, berikut beberapa rekomendasi ide bisnis tanpa modal yang bisa dijadikan sebagai referensi.

1. Dropshipper

Ide bisnis tanpa modal yang pertama adalah dropshipper. Peluang usaha ini cukup diminati dan paling praktis. Bisnis minim modal ini cocok untuk siapa saja dari kalangan pelajar hingga pekerja. 

Anda tidak perlu pusing memikirkan stok barang karena sudah disediakan. Proses pengemasan dan pengiriman akan dilakukan oleh pihak supplier sehingga Anda tidak perlu merasa repot. 

Dengan sistem dropship, Anda hanya perlu menghubungi pihak supplier ketika ada pemesanan.

Anda hanya perlu mempromosikan produk dari pihak supplier. Bahkan, beberapa supplier sudah menyiapkan bahan promosi sehingga Anda cukup mengemasnya menjadi sesuatu yang menarik di media sosial.

Semakin banyak konsumen yang membeli dari produk yang Anda tawarkan, makin besar juga keuntungan yang didapatkan.

2. Admin media sosial

Dewasa ini, perkembangan media sosial banyak dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan untuk mempromosikan produk atau layanannya. 

Untuk bisa mengatur kebutuhan komunikasi lewat platform tersebut, tidak jarang perusahaan membutuhkan seorang admin. Kesempatan tersebut bisa Anda dapatkan untuk mendapatkan uang.

Caranya dengan menjadi seorang admin media sosial. Karena bisa dilakukan di mana saja, hampir sebagian besar bisnis ini dilakukan tanpa modal dan tanpa keluar rumah.

3. Program affiliate

Program affiliate menjadi salah satu Ide bisnis tanpa modal kekinian yang menjamur di media sosial.

Mengingat minat masyarakat pada belanja online tinggi, banyak perusahaan hingga marketplace menawarkan program tersebut kepada penggunanya.

Lewat program ini, affiliator akan mendapatkan komisi setelah berhasil menjual suatu produk atau layanan dari tautan yang dibagikan. Makin besar produk terjual, komisi yang diterima juga makin besar.

Agar konsumen tertarik dan membeli, penting untuk membuat konten promosi yang menarik dengan melampirkan ulasan.

4. Jasa edit video atau foto

Punya hobi mengedit foto atau video? Kembangkan hobi jadi peluang usaha yang menguntungkan dengan menawarkan jasa edit.

Bisnis tanpa modal ini menarik untuk dicoba karena tidak memerlukan banyak perlengkapan untuk memulainya. Cukup lewat perangkat yang dimiliki dan kemampuan mengedit yang sudah dipelajari.

Peluangnya juga cukup besar mengingat ada banyak yang membutuhkan jasa edit foto untuk kebutuhan administrasi. Tidak jarang kreator juga meminta bantuan untuk mengeditkan video kontennya. 

5. Content creator

Ide bisnis tanpa modal lainnya yang hanya bermodalkan akun media sosial adalah content creator. Peluang ini banyak digandrungi banyak pengguna untuk mendapatkan keuntungan.

Kini, membuat konten bukan hanya untuk bersenang-senang saja, tetapi bisa menjadi ladang bisnis yang menjanjikan meski tanpa modal. 

Dengan rutin membagikan konten menarik, Anda bisa mendapatkan penghasilan dari platform tersebut atau kerja sama dengan berbagai pihak.

Bahkan, kesempatan memperluas jejaring bisnis terbuka luas ketika sudah menjadi influencer ternama. 

6. Jasa fotografer

Punya kamera yang jarang dipakai? Manfaatkan saja sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Alih-alih dijual atau dijadikan pajangan, Anda bisa menawarkan jasa fotografer dengan kamera yang dimiliki.

Ada banyak acara atau kegiatan yang memerlukan fotografer untuk mengabadikan setiap momen. Maka dari itu, jasa ini tentunya banyak dicari.

Anda dapat menawarkan jasa dari platform online atau secara langsung ke orang-orang terdekat. Lampirkan juga hasil jepretan terbaik Anda agar klien bisa yakin dengan jasa yang ditawarkan.

7. Asisten virtual

Ide bisnis tanpa modal berikutnya adalah asisten virtual atau virtual assistant. Peluang ini termasuk bisnis bergengsi yang juga menjanjikan.

Sesuai namanya, profesi satu ini mulai dikenal karena pekerjaannya bisa dilakukan dari mana saja. Pastinya tidak memerlukan banyak modal untuk bisa memulainya.

Sebagai seorang asisten virtual, Anda akan membantu proses administrasi dan mengorganisir segala hal termasuk jadwal.

Anda bisa bekerja sama dengan banyak klien untuk membantu bisnis semakin berkembang.

8. Menjual barang-barang bekas

Barang bekas menumpuk di rumah? Jangan dibuang semua, Anda bisa memilah beberapa barang dan menjualnya kembali. Bisnis barang bekas termasuk usaha yang cukup menarik untuk ditekuni.

Pasalnya, pasarnya cukup luas dan harga bisa sampai jutaan. Pembeli dapat menawarkan harga menarik pada barang-barang antik. 

Selain barang-barang di rumah, Anda juga bisa menjual baju bekas atau preloved yang sudah dipakai. Namun, perhatikan baju yang ingin dijual masih layak dipakai. 

Anda bisa menjualnya melalui media sosial. Postingan produk semenarik mungkin serta tambahkan juga deskripsi dan informasi harganya.

9. Tutor

Ide bisnis tanpa modal lainnya yang layak untuk dicoba adalah menjadi seorang pengajar atau tutor. Peluang usaha rumahan ini dapat dijalankan secara online atau offline sesuai dengan sistem bisnis Anda.

Bukan hanya sebagai guru les privat untuk mata pelajaran, ada banyak perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan membutuhkan tutor di bidang tertentu. Misalnya bidang teknologi, digital marketing, atau public speaking

Usaha ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang tertentu untuk bisa berbagi ilmu dan pengalaman dengan peserta bimbel.

10. Freelance content writer atau copywriter

Hobi menulis atau punya skill menulis yang mumpuni? Jika iya, peluang usaha jadi content writer atau copywriter terbuka luas bagi Anda. 

Banyak pemilik usaha atau perusahaan membutuhkan jasa content writer atau copywriter untuk membuat sebuah tulisan guna mempromosikan produk atau layanannya.

Berbekal skill menulis dan perangkat yang dimiliki, Anda bisa mendapatkan keuntungan dan jejaring bisnis untuk mengembangkan diri.

Itu dia beberapa ide bisnis tanpa modal yang bisa Anda coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Dari rekomendasi di atas, manakah yang ingin dicoba terlebih dahulu?

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
TikTok Ungkap 4 Jenis Konsumen, Penjual Harus Paham