Reaksi 8 Bos Perusahaan Global atas Penembakan Donald Trump

Insiden ini telah mengundang berbagai reaksi di dunia.

Reaksi 8 Bos Perusahaan Global atas Penembakan Donald Trump
Donald Trump. (Flickr/Public Domain)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • Percobaan pembunuhan terhadap Donald Trump dikecam oleh berbagai pemimpin perusahaan ternama.
  • Pelaku penembakan, Thomas Matthew Crooks, menyerang Trump saat kampanye di Pennsylvania.
  • Insiden tersebut menyebabkan satu orang tewas dan dua lainnya terluka, sementara Trump sendiri mengalami luka di sekitar telinga.

Jakarta, FORTUNE - Percobaan pembunuhan terhadap mantan presiden dan calon presiden Amerika Serikat, Donald Trump, pada Sabtu (13/7) mengundang reaksi dari berbagai tokoh dunia. Para pemimpin perusahaan ternama turut mengutuk aksi tersebut dan mendoakan keselamatan serta pemulihan Trump.

Percobaan pembunuhan terhadap Trump terjadi saat ia berkampanye di Pennsylvania. Pelaku adalah seorang pemuda berusia 20 bernama Thomas Matthew Crooks, yang tinggal lebih dari 50 km dari lokasi kejadian.

Akibat insiden tersebut, seorang penonton kampanye tewas dan dua lainnya terluka. Trump sendiri mengalami luka di sekitar telinga, namun luka tersebut tidak membahayakan keselamatannya.

Berikut berbagai reaksi dari para pemimpin perusahaan global atas insiden tersebut:

CEO Apple, Tim Cook

 "Saya berharap Presiden Trump segera pulih. Pikiran saya bersama Trump, para korban lainnya, dan keluarga mereka. Saya sangat mengutuk kekerasan ini," demikian kicauan Cook pada platform media sosial X.

CEO Microsoft, Satya Nadella

"Tidak ada tempat bagi kekerasan dalam masyarakat kita. Saya berharap Trump segera pulih dan turut berempati kepada semua yang terdampak peristiwa mengerikan ini," katanya pada platform media sosial X.

CEO General Motors, Mary Barra

"Saya berdoa agar Trump cepat pulih dan menyampaikan belasungkawa kepada para korban tidak bersalah dari tindakan brutal kemarin. Kekerasan politik tidak memiliki tempat di masyarakat kita," ujarnya.

CEO Alphabet, Sundar Pichai

"Saya berharap Trump cepat pulih. Saya terkejut dengan penembakan ini dan jatuhnya korban jiwa. Kekerasan politik tidak dapat diterima dan kita harus bersatu menentangnya," tulisnya pada platform media sosial X.

CEO Meta, Mark Zuckerberg

"Berdoa agar Trump segera pulih. Ini adalah hari yang sangat menyedihkan bagi negara kita. Kekerasan politik merusak demokrasi dan harus selalu dikutuk," katanya di platform Threads.

Pendiri dan Komisaris Utama Amazon, Jeff Bezos

"Mantan Presiden kita menunjukkan keanggunan dan keberanian yang luar biasa di bawah tekanan nyata malam ini. Sangat bersyukur atas keselamatannya dan sangat sedih bagi para korban dan keluarga mereka," tulisnya pada akun X pribadinya.

CEO Tesla, Elon Musk

"Saya mendukung penuh Trump dan berharap ia segera pulih," tulisnya, lalu menambahkan bahwa "terakhir kali Amerika memiliki kandidat sekuat ini adalah Theodore Roosevelt."

CEO Pershing Square, Bill Ackman

"Saya akan secara resmi mendukung @realDonaldTrump. Saya membuat keputusan ini beberapa waktu lalu sebagaimana yang telah dipahami oleh banyak pengikut @X dari posting saya yang mendukung Trump dan kritik saya terhadap @POTUS Biden," tulisnya pada awal posting yang panjang, yang mengisyaratkan bahwa penjelasan yang lebih menyeluruh akan diberikan kemudian.

"Alasan mengapa saya belum melakukannya secara resmi adalah karena saya ingin menjelaskan pemikiran saya secara terperinci dan menanggapi argumen yang diajukan oleh orang lain yang menentang Trump. Saya ingin menyampaikan argumen tersebut dengan penuh pertimbangan dan meyakinkan."

CEO Salesforce, Marc Benioff

"Semoga Trump segera pulih sepenuhnya. Semoga tubuhnya pulih, pikirannya tenang, dan jiwanya dihibur. Semoga ia diberkati dengan kekuatan dan keberanian, serta segera pulih. Tidak ada ruang di negara kita untuk kekerasan politik," katanya.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

35 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Makna!
Meninjau Valuasi Spin-Off Anak Usaha Adaro dan Dampaknya
Adhi Karya Digugat PKPU Gara-Gara Proyek Hambalang
Apakah Uang Rp100 Ribu Bisa investasi? Ini Pilihannya
Mobil BYD Mulai Banyak Terlihat di Jalan, Ini Data Impornya
Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN