Wajib Halal Berlaku Hari Ini, BPJPH akan Lakukan Pengawasan Serentak

Dikenakan sanksi bagi produk tak bersertifikasi.

Wajib Halal Berlaku Hari Ini, BPJPH akan Lakukan Pengawasan Serentak
ANTARA FOTO/Rahmad
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • BPJPH memberlakukan kewajiban sertifikasi halal mulai 18 Oktober 2021.
  • Kemenag memberikan sanksi administratif jika ditemukan produk tidak bersertifikat halal.
  • Pengawasan dilakukan terhadap produk makanan dan minuman, restoran, serta pelaku usaha menengah dan besar.

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama resmi memberlakukan kewajiban sertifikasi halal mulai hari ini, Jumat (18/10). Hari pertama pemberlakukan sertifikasi halal tersebut akan juga dilakukan pengawasan lapangan untuk memastikan kepatuhan pelaku usaha terhadap sertifikasi halal.

Kepala BPJPH Muhammad Aqil Irham menjelaskan, peraturan kewajiban sertifikasi halal tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2021 yang menjabarkan bahwa penahapan kewajiban sertifikasi halal tahap pertama bagi produk makanan dan minuman, bahan baku, bahan tambahan pangan, bahan penolong untuk produk makanan dan minuman, hasil sembelihan dan jasa penyembelihan, masa penahapannya akan berakhir pada 17 Oktober 2024.

Sehingga, pada 18 Oktober 2024 jika produk tersebut belum bersertifikat halal maka secara regulasi bisa dikenakan sanksi administratif.

"Dalam konteks wajib halal, pengawasan JPH merupakan aktivitas penting yang juga merupakan salah satu kewenangan BPJPH untuk memastikan bahwa pelaku usaha telah melaksanakan kewajiban sertifikasi halal serta memenuhi Sistem Jaminan Produk Halal yang telah ditetapkan oleh BPJPH,” kata Aqil dalam siaran pers, dikutip Jumat (18/10).

Kepala Pusat Pembinaan dan Pengawasan JPH Dzikro mengatakan bahwa sebelumnya pihaknya mengadakan rapat koordinasi pengawasan secara khusus untuk mempersiapkan kegiatan pengawasan yang dimulai pada 18 Oktober 2024 seiring pemberlakuan kewajiban sertifikasi halal tahap pertama.

Rakor Pengawasan JPH ini diikuti oleh 1.032 orang peserta yang terdiri atas Pengawas JPH dan Satgas Layanan JPH di Kanwil Kemenag Provinsi maupun Kankemenag Kabupaten/Kota.

"Adapun obyek pengawasan meliputi Rumah Potong Hewan (RPH) dan/atau Rumah Potong Unggas, restoran, rumah makan atau resto hotel, serta produk makanan dan minuman dalam kemasan yang beredar di pasar modern maupun pasar tradisional,” kata Dzikro.

Sementara itu, kriteria objek pengawasan yakni usaha menengah dan/atau besar. Untuk kriteria RPH/RPU adalah milik pemerintah daerah atau swasta.

"Dan untuk mendukung pengawasan serentak tersebut BPJPH telah menyusun pedoman teknis pengawasan kewajiban sertifikasi halal tahap pertama, yang sebelumnya kita juga mendapatkan masukan pada rapat bersama kementerian, lembaga dan pihak-pihak terkait, juga dari Satgas Layanan JPH Kanwil Kemenag Provinsi se Indonesia,” kata dia.

Lebih lanjut, Dzikro mengatakan bahwa melalui rakor tersebut, ia menegaskan bahwa pengawasan dilaksanakan salah satunya dengan melakukan pendataan pelaku usaha yang diduga tidak menjalankan kewajibannya sebagaimana diatur dalam regulasi JPH, seperti mengurus sertifikat halal produk yang terkategori dikenai kewajiban bersertifikat halal pada tahap pertama.

Sedangkan pelanggaran yang ditemukan dapat dikenakan dua macam jenis sanksi, yakni peringatan tertulis dan larangan peredaran barang atau penarikan peredaran barang.

"Rakor juga membahas hal-hal teknis terkait antisipasi potensi kendala-kendala yang mungkin akan terjadi di lapangan yang tentunya akan amat sangat situasional di setiap lokasi di seluruh Indonesia. Jika kita bisa memetakannya maka insyaallah kita bisa memitigasi dan mencarikan alternatif solusi dalam rapat hari ini,” kata dia.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

Daftar Saham Afiliasi Para Calon Menteri dalam Pemerintahan Prabowo
Ini Biaya dan Perbandingan Franchise Alfamart dan Indomaret
BI Masih Cermati Ruang Penurunan Suku Bunga Acuan
BI: Biaya Transaksi QRIS Gratis hingga Rp500 Ribu per 1 Desember 2024
Ini 3 Waktu Terbaik untuk Memulai Investasi Emas
Investor Asal Korsel dan Cina Bakal ke Indonesia Bawa Dana Jumbo