Blibli & Grab Hadirkan Green Delivery, Potensi Kurangi Emisi 26 Ton

Layanan green delivery untuk jarak maksimal 10 KM.

Blibli & Grab Hadirkan Green Delivery, Potensi Kurangi Emisi 26 Ton
Blibli & Grab Hadirkan Green Delivery/Dok Blibli
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli) menggandeng Grab Indonesia untuk menghadirkan opsi green Delivery dalam pengantaran barang di Indonesia. Hal ini merupakan salah satu solusi untuk memitigasi dampak lingkungan dengan mengintegrasikan moda transportasi ramah lingkungan ke dalam kegiatan sehari-hari dan operasional bisnis.

Kondisi ini sejalan dengan usaha Pemerintah untuk percepatan dekarbonisasi dalam mencapai target emisi nol bersih 2060. Fokus ini juga menyasar sektor transportasi yang merupakan salah satu penyumbang emisi terbesar.

“Kami berkomitmen untuk terus mengintegrasikan keberlanjutan dalam operasional bisnis. Rekomendasi opsi Green Delivery dalam platform kami menjadi salah satu cara efektif untuk mengurangi emisi dari kegiatan operasional dan rantai pasok. Kerjasama dengan Grab ini juga menunjukkan bahwa kolaborasi dapat menjadi solusi untuk menciptakan rantai pasok yang lebih bertanggung jawab,” kata Co-founder & COO Blibli, Lisa Widodo melalui keterangan resmi di Jakarta, Selasa (1/10).

Penggunaan green delivery capai 60%

Program pengumpulan kardus dari Blibli. (dok. Blibli)

Ia mengungkapkan, sejak soft launching pada Juni lalu, adopsi penggunaan metode green delivery oleh para pelanggan Blibli yang menggunakan layanan Grab instant delivery mencapai 60 persen. Kenaikan ini menunjukkan semakin tingginya kesadaran pelanggan untuk berbelanja dengan cara yang lebih ramah lingkungan. 

Lisa menambahkan, lewat kerja sama Blibli dan Grab ini, apabila layanan green delivery diterapkan secara menyeluruh pada semua pengiriman same day dan instant delivery, Blibli berpotensi mengurangi emisi hingga 26 ton CO2 per tahun . Hal ini sejalan dengan focus materiality Blibli Tiket Action - payung program ESG Blibli Tiket untuk mendukung kinerja lingkungan berupa pengurangan emisi. 

Rivana Mezaya, Director of Digital & Sustainability, Grab Indonesia, menambahkan, pengurangan emisi perlu diselesaikan bersama dan memerlukan sinergi multipihak. “Kami berharap adopsi penggunaan kendaraan yang lebih rendah emisi ini dapat menginspirasi inisiatif serupa dalam mewujudkan rantai pasok yang lebih bertanggung jawab dan berkontribusi pada kondisi bumi yang lebih baik,” kata Rivana.

Layanan green delivery untuk jarak maksimal 10 KM

Ilustrasi Gudang Blibli/Dok Blibli

Pelanggan dapat menggunakan layanan ini dengan mudah, yakni cukup memilih metode pengiriman green delivery pada saat checkout produk yang diinginkan. Layanan ini akan direkomendasikan bagi pelanggan yang melakukan pemesanan produk dengan pengiriman instant delivery, yakni dengan jarak maksimal 10 kilometer (KM) dari lokasi pick up. Blibli juga menawarkan subsidi ongkos kirim untuk layanan terbaru ini, sehingga pelanggan dapat berkontribusi pada perluasan adopsi logistik yang lebih ramah lingkungan.

Tak hanya itu, Blibli pun turut memberikan insentif berupa poin bagi karyawan yang menggunakan transportasi umum, terutama moda transportasi ramah lingkungan untuk bepergian dari dan ke kantor.

Studi PwC Indonesia mengungkapkan bahwa 73 persen dari responden tertarik menjadikan motor listrik sebagai kendaraan tambahan, dan sebanyak 22 persen responden bersedia untuk mengganti kendaraan bahan bakar fosil mereka menjadi kendaraan listrik . Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin sadar akan urgensi mengurangi emisi serta perubahan pola pikir yang lebih mementingkan lingkungan dan sustainability.

Related Topics

BlibliGrabDelivery

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

Harga BBM Terbaru per 1 Oktober 2024, Untuk Semua Wilayah
OpenAI Ditaksir Merugi Rp75,58 Triliun Akhir Tahun, Ini Sebabnya
Laba ABM (ABMM) Lo Kheng Hong Turun 51%, Saham Tertekan
Daftar Pemegang Saham Tol Transjawa Setelah Divestasi JSMR
Waspada IHSG Terkoreksi, Dibayangi Sejumlah Sentimen
Kadin Akan Gelar Munas Usai Pelantikan Prabowo Subianto