BRI Setor Rp192,06 Triliun ke Negara Sejak 2019

Kanwil LTO memberi apresiasi atas pencapaian BRI ini.

BRI Setor Rp192,06 Triliun ke Negara Sejak 2019
Ilustrasi Gedung BRI Danareksa/Dok BRI Danareksa
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) mengeklaim telah menyetorkan Pajak senilai Rp192,06 triliun sejak 2019 hingga saat ini.

Direktur Utama BRI, Sunarso, mengatakan bahwa BRI terus berkomitmen untuk memberikan nilai ekonomi dan nilai sosial bagi seluruh stakeholders, termasuk kepada negara. "Dengan memperoleh keuntungan atau economic value, maka perusahaan BUMN bisa memiliki modal untuk menciptakan social value, sehingga ekonomi akan berputar,” ujarnya dalam keterangan yang diterima Fortune Indonesia, Selasa (16/7).

Adapun, setoran BRI yang diberikan ke kas negara berasal dari pembayaran Pajak Penghasilan, Pajak Pertambahan Nilai & Bea Materai, Pajak Penghasilan Badan, Dividen dan Pajak Daerah.

Apabila dirinci, pada 2019 sampai 2023, BRI menyetorkan pajak berturut-turut sebesar Rp26,56 triliun, Rp28,38 triliun, Rp27,09 triliun, Rp34,18 triliun, dan Rp45,34 triliun. Sedangkan untuk kuartal I/2024, BRI menyetorkan Rp31,03 triliun ke kas negara.

Dengan demikian, BRI memiliki peran sebagai value creator dan agent of development. Untuk menjalankannya, maka BRI harus mencetak keuntungan. Pada akhirnya, keuntungan ini akan kembali ke negara sebagai pemegang saham mayoritas, selanjutnya dipergunakan untuk kepentingan rakyat Indonesia melalui berbagai program Pemerintah.

“BRI sudah membuktikan bahwa selama ini bisa menjalankan peran economic value dan social value secara simultan,” katanya.

Penghargaan

ilustrasi pajak (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Atas capaian setoran pajak ini, BRI dapat penghargaan dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Wajib Pajak Besar atau Large Tax Office (Kanwil LTO) atas penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan tahun pajak 2022 secara tepat waktu dan berkontribusi besar terhadap penerimaan pajak 2023.

Kepala Kanwil LTO, Yunirwansyah, mengatakan bahwa apresiasi ini diharapkan bisa meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak secara formal maupun material dalam memenuhi kewajiban pada negara. “Diharapkan dapat meningkatkan partisipasi lebih luas dari seluruh masyarakat untuk berkontribusi aktif dalam pembangunan melalui pembayaran pajak,” katanya.

Related Topics

PajakBRI

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

Daftar Saham Afiliasi Para Calon Menteri dalam Pemerintahan Prabowo
Ini Biaya dan Perbandingan Franchise Alfamart dan Indomaret
BI Masih Cermati Ruang Penurunan Suku Bunga Acuan
BI: Biaya Transaksi QRIS Gratis hingga Rp500 Ribu per 1 Desember 2024
Ini 3 Waktu Terbaik untuk Memulai Investasi Emas
Investor Asal Korsel dan Cina Bakal ke Indonesia Bawa Dana Jumbo