Bisa Diskon hingga 50 Persen, Ini Cara Memesan Tiket KAI Tarif Reduksi

Cara memesan Tiket KAI tarif reduksi sangat mudah.

Bisa Diskon hingga 50 Persen, Ini Cara Memesan Tiket KAI Tarif Reduksi
Kereta api jarak jauh. (Doc: PT KAI)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Cara memesan Tiket KAI tarif reduksi bisa dilakukan di loket stasiun atau melalui KAI Access. PT Kereta Api Indonesia (Persero) menetapkan hak reduksi atau potongan harga tiket kereta api jarak jauh untuk sejumlah kelompok pelanggan. 

Pelayanan tiket dengan tarif reduksi dapat dilakukan via aplikasi KAI Access untuk perjalanan dimulai 1 September 2019. Kebijakan tersebut bertujuan untuk mengapresiasi pelanggan dalam menggunakan kereta api sebagai moda transportasi andalan.

Bagaimana cara memesan Tiket KAI tarif reduksi dan apa saja persyaratannya? Simak penjelasannya berikut ini.

Kelompok pelanggan yang berhak mendapatkan tarif reduksi

Melansir laman resmi PT KAI kai.id, ada empat kelompok penumpang yang berhak atas tarif reduksi atau potongan harga tiket kereta api jarak jauh, berikut ini perinciannya.

  1. Lansia yang berusia 60 tahun atau lebih mendapatkan potongan harga sebesar 20 persen untuk kereta api kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif.
  2. Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) mendapatkan potongan harga sebesar 50 persen dan 30 persen kereta api kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif dengan syarat tertentu.
  3. TNI dan Polri mendapatkan potongan harga sebesar 25  persen untuk kereta api kelas eksekutif dan 50 persen untuk kereta api kelas bisnis dan ekonomi.
  4. Wartawan mendapatkan potongan 20 persen untuk kereta api kelas ekonomi dan bisnis.

Syarat-syarat untuk mendapatkan tarif reduksi

Cara memesan tiket KAI tarif reduksi sangat mudah. Selain itu, untuk mendapatkan potongan harga, setiap kelompok pelanggan harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuan, berikut ini perinciannya.

  1. Lansia harus sudah berusia 60 tahun atau lebih di tanggal keberangkatan kereta.
  2. Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) akan mendapatkan potongan harga sebesar 50 persen pada hari Selasa-Kamis, kecuali hari besar/hari libur nasional dan hari-hari ramai yang ditetapkan perusahaan. Sedangkan, potongan harga 30 persen berlaku pada hari Jumat-Senin dan hari besar/hari libur nasional, serta hari-hari ramai yang ditetapkan perusahaan.
  3. TNI dan Polri yang mendapatkan potongan adalah anggota yang masih aktif, termasuk siswa pendidikan TNI/Polri, dan tidak termasuk keluarganya atau PNS yang bekerja di lingkungan TNI/Polri.
  4. Potongan harga untuk wartawan berlaku apabila menunjukkan kartu pers dan surat tugas peliputan.

Cara mendapatkan tarif reduksi

Cara memesan Tiket KAI tarif reduksi ini dikhususkan untuk empat kelompok pelanggan yang ditetapkan PT KAI. Akan tetapi, ada syarat wajib yang harus dipenuhi sebelum melakukan pemesanan. 

  1. Dilakukan paling lambat tiga jam sebelum keberangkatan kereta.
  2. Dilakukan di customer service atau loket stasiun (jika stasiun tersebut tidak memiliki layanan customer service)
  3. Dilakukan oleh penumpang yang bersangkutan dengan membawa bukti identitas asli yang masih berlaku, yakni lansia membawa KTP, LVRI membawa kartu anggota, TNI/Polri membawa KTA, serta wartawan membawa kartu pers dan surat tugas peliputan.
  4. Penumpang atas hak reduksi LVRI, TNI/Polri, dan wartawan pada saat registrasi reduksi, selain menunjukkan persyaratan pada poin 3, juga wajib menunjukkan KTP yang bersangkutan.
  5. Dapat diwakilkan kepada orang lain, dengan membawa bukti identitas asli dan pas foto/foto diri milik penumpang reduksi yang akan didaftarkan.
  6. Registrasi dilakukan hanya sekali, sampai masa reduksi berakhir. Jika masa berlakunya telah berakhir, penumpang wajib melakukan registrasi ulang.
  7. Setelah data reduksi teregistrasi, penumpang dapat melakukan pembelian tiket di loket stasiun atau KAI Access.

Cara memesan tiket reduksi di loket stasiun

Untuk memesan tiket reduksi, calon penumpang harus melakukan registrasi di customer service. Apabila sudah registrasi, langkah selanjutnya adalah memesan tiket melalui loket yang ada di stasiun tersebut atau stasiun lain yang Anda kehendaki. Apabila ada antrean, Anda wajib menunggu sampai tiba giliran.

Beberapa stasiun ada yang menerapkan nomor antrean, tapi ada pula yang langsung berbaris di depan loket. Setelah tiba giliran Anda, sebutkan stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan dan tanggal kembali (apabila perjalanan PP).

Petugas akan memberikan informasi terkait nama kereta, kelas, waktu keberangkatan, dan harga yang bisa dipilih. Selanjutnya berikan KTP  kepada petugas loket.

Petugas akan memasukkan data diri yang diperlukan, termasuk NIK dan nomor HP. Tarif reduksi pun otomatis akan muncul dan petugas akan menyebutkan harga yang dibayarkan.

Setelah melunasi pembayaran, Anda akan mendapatkan kode booking yang bisa dicetak menjadi boarding pass di stasiun 7x24 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api. Boarding pass tersebut harus disimpan dengan baik karena wajib ditunjukkan kepada petugas check-in di stasiun bersama dengan KTP.

Cara memesan tiket reduksi di aplikasi KAI Access

Selain di loket stasiun, Anda juga bisa memesan tiket kereta api tarif reduksi melalui aplikasi pemesanan resmi PT KAI, yaitu KAI Access. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan.

  1. Pastikan sudah mengunduh aplikasi KAI Access melalui Playstore atau Appstore di smartphone masing-masing.
  2. Pastikan aplikasi KAI Access Anda adalah versi terbaru atau sudah di-update.
  3. Setelah mengunduh aplikasi, isi data yang dibutuhkan, termasuk NIK yang telah didaftarkan untuk tarif reduksi.
  4. Login menggunakan akun Anda
  5. Anda bisa memilih stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, dan tanggal keberangkatan (dan tanggal kembali jika perjalanan PP) di halaman utama. Selanjutnya akan muncul daftar nama kereta, waktu keberangkatan, dan harga.
  6. Pilih nama kereta serta jadwal yang dikehendaki dan akan muncul detail kontak. Anda bisa memilih menu 'Tambahkan sebagai Penumpang' apabila data kontaknya adalah Anda sendiri.
  7. Selanjutnya, pada kolom 'Tipe Penumpang', klik 'Reduksi' dan 'Pilih'. Anda akan diarahkan ke laman reduksi.
  8. Masukkan NIK penumpang yang terdaftar sebagai penumpang reduksi. Klik 'Pilih Reduksi' dan Anda akan kembali ke halaman sebelumnya. Notifikasi bahwa Anda mendapatkan harga reduksi pun akan muncul.
  9. Pilih posisi kursi yang diinginkan dan klik 'Simpan'.
  10. Klik 'Lanjutkan' pada bagian paling bawah dan Anda akan diarahkan ke menu pembayaran.
  11. Selesaikan pembayaran dan Anda akan mendapatkan kode booking untuk mencetak boarding pass di stasiun.

Demikian informasi tentang cara memesan tiket KAI tarif reduksi tarif reduksi untuk kereta api jarak jauh, termasuk syarat dan cara memesan tiketnya. Pastikan untuk selalu mencari informasi terbaru melalui laman kai.id atau Instagram @kai121_. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi