Asuransi Wajib Kendaraan Bakal Masuk Tagihan Pajak STNK

Berapa biaya polisnya asuransi wajib kendaraan?

Asuransi Wajib Kendaraan Bakal Masuk Tagihan Pajak STNK
Ilustrasi STNK Kendaraan Bermotor
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pembahasan mengenai Asuransi Wajib third party liability (TPL) untuk kendaraan mobil dan motor makin serius dilakukan oleh Pemerintah dan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). 

Ketua AAUI Budi Herawan mengatakan, pihaknya mengusulkan agar pembayaran premi dari asuransi ini bisa disatukan dengan pembayaran pajak STNK kendaraan. Seperti diketahui, dalam pembayaran pajak STNK saat ini masyarakat sudah diwajibkan untuk ikut serta dalam Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Namun asuransi itu hanya memberi santunan pada korban kecelakaan, bukan kepada pihak ketiga yang mengalami kerugian atas kecelakaan.

Untuk itulah, pihaknya tengah berdiskusi degan pihak Kementerian Keuangan khususnya Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kingga Korlantas Porli untuk membentuk Peraturan Pemerintah (PP). 

"Ada di dalam komponen di STNK untuk (asuransi wajib) ini lebih memudahkah. Kalau perorangan atau individu susah," kata Budi  dalam konferensi pers di kantornya, Senin (22/7). 

Berapa biaya polisnya asuransi wajib kendaraan?

ilustrasi motor listrik (unsplash/kumpan electric)

Budi menambahkan, nantinya asuransi ini akan menerapkan skema layaknya Jasa Raharja yang akan terhubung dengan Samsat Induk milik Korlantas Porli. Lantas berapa polisnya? 

Terkait dengan biaya polis yang dibayarkan masyarakat untuk asuransi wajib ini, lanjut Budi, pihaknya masih menunggu putusan Peraturan Pemerintah (PP) yang ditargetkan pada tahun ini. "Kita tunggu, moga-moga PP ditandatangani sebelum pelantikan Presiden baru," kata Budi. 

Budi yakin penerapan asuransi wajib ini tidak memeberatkan masyarakat. Lantaran manfaat dari produk ini sangat besar yang dapat dinikmati masyarakat.

Asuransi wajib tak akan tumpang tindih dengan BPJS

Ilustrasi kartu BPJS (Dok. BPJS Kesehatan)

Meski belum menjabarkan secara gamblang, Ia menegaskan bahwa premi ini tak akan setinggi iuran Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). 

Menurut Budi, asuransi ini juga tidak akan tumpang tindih dengan program asuransi lain seperti BPJS Kesehatan maupun BPJamsostek. Ia juga menjelaskan tujuan utama dari asuransi ini adalah membantu dalam mitigasi risiko dan mengurangi kerugian terutama di tengah rendahnya tingkat inklusi dan literasi asuransi di Indonesia. 

Di sisi lain, Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun (PPDP) OJK, Ogi Prastomiyono sempat menyatakan bahwa asuransi itu sesuai dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU PPSK). 

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

35 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Makna!
Meninjau Valuasi Spin-Off Anak Usaha Adaro dan Dampaknya
Adhi Karya Digugat PKPU Gara-Gara Proyek Hambalang
Apakah Uang Rp100 Ribu Bisa investasi? Ini Pilihannya
Mobil BYD Mulai Banyak Terlihat di Jalan, Ini Data Impornya
Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN