Bunga Acuan Turun Berdampak ke Bunga Kredit? Ini Pandangan Bankir

Bunga kredit bank diprediksi turun perlahan.

Bunga Acuan Turun Berdampak ke Bunga Kredit? Ini Pandangan Bankir
Ilustrasi Bank Indonesia/ Shutterstock Harismoyo
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Sejumlah bankir menyambut positif kebijakan Bank Indonesia (BI) yang menurunkan Suku Bunga Acuan atau BI-Rate sebesar 25 bps menjadi 6,00 persen di Rapat Dewan Gubernur (RDG) periode September 2024.

Presiden Direktur CIMB Niaga, Lani Darmawan menilai, kondisi ini akan menurunkan cost of fund (COF) dari perbankan sehingga dapat mendukung bisnis penyaluran kredit. “Ini kabar bagus. Kami harap COF bisa berangsur turun sehingga kredit bisa lebih murah dan bergairah di perbankan,” kata Lani saat dihubungi Fortune Indonesia di Jakarta, Kamis (19/9).

Bunga kredit bank diprediksi turun perlahan

Ilustrasi Perbankan/ Achmad Bedoel

Meski demikian, lanjut Lani, kebijakan ini tidak langsung serta merta berdampak langsung ke bunga kredit dari perbankan. Ia menilai kondisi baru akan berdampak ke bunga bank mulai awal tahun depan.

“Tetapi ini akan perlu waktu, berangsur. Saya rasa baru bisa terlihat impact-nya mulai tahun depan jika secara ekonomi stabil,” kata Lani.

Bila dilihat dari data BI, rata-rata tertimbang suku bunga kredit perbankan nasional berada pada level 9,23 persen di Juli 2024. Kondisi ini terbilang stabil bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Seperti diketahui, untuk penyaluran kredit CIMB Niaga hingga semester-I 2024 masih naik 5,9 persen (yoy) menjadi Rp217,1 triliun, terutama berasal dari pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang naik 10 persen (yoy) dan segmen konsumen yang tumbuh 5,8 persen (yoy).  

Pemangkasan BI-rate untuk antisipasi kondisi global

Ilustrasi Bank Indonesia dalam Uang/Shutterstock E.S Nugraha

Tak hanya itu, bankir lainnya juga menyambut pemangkasan suku bunga acuan bank sentral. Corporate Secretary Bank Mandiri, Teuku Ali Usman menilai keputusan BI ini diambil sebagai upaya menjaga stabilitas untuk mengantisipasi perkembangan ekonomi global.

“Kebijakan ini menjadi upaya Bank Sentral untuk mengantisipasi perkembangan ekonomi global, khususnya terkait dengan kebijakan suku bunga acuan AS (Fed Fund Rate/FFR), serta menjaga stabilitas nilai tukar rupiah,” kata Ali.

Adapun, lanjut Ali, penurunan suku bunga ini diharapkan juga dapat berkontribusi pada pengurangan biaya dana di sektor perbankan, yang pada akhirnya akan memberikan dampak positif bagi efisiensi operasional serta pertumbuhan kredit.

Di sisi lain, realisasi penyaluran kredit konsolidasi bank dengan kode saham BMRI ini juga mencapai Rp 1.532 triliun di semester-I 2024, melonjak 20,5 persen secara year on year (yoy).  

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
TikTok Ungkap 4 Jenis Konsumen, Penjual Harus Paham