Mobil Tertabrak Hewan Bisa Klaim Asuransi? Simak Penjelasannya 

Klaim bisa ditolak bila melanggar perjanjian polis.

Mobil Tertabrak Hewan Bisa Klaim Asuransi? Simak Penjelasannya 
Petugas mengevakuasi mobil Pajero nopol B 1264 BJU yang ditumpangi artis Vanessa Angel dan keluarganya usai mengalami kecelakaan di ruas tol Jombang-Mojokerto KM 672 arah Surabaya. (AntaraFoto/Syaiful Arif)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kejadian singa milik Taman Safari Indonesia II di Prigen, Pasuruan, Jawa Timur yang menabrak mobil merah milik pengunjung viral di media sosial kemarin (12/2). 

Kedua singa terekam kamera saling berkejaran hingga menabrak mobil milik pengunjung. Lantas, Apakah pihak asuransi dapat menggantikan kerugian risiko tersebut? 

Menanggapi hal tersebut, Head of PR, Marcomm, and Event Asuransi Astra Laurentius Iwan Pranoto menjelaskan, dalam contoh kasus ini, kerusakan terjadi karena adanya benturan dari hewan yang tidak disengaja. Dengan demikian kerusakan dapat diklaim ke perusahaan asuransi mobil. 

“Pada dasarnya risiko kendaraan tersebut bisa ditanggung pihak asuransi karena termasuk kepada kerugian atau kerusakan yang tercantum pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) pasal 1 ayat 1.1 mengenai tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, atau terperosok,” kata Iwan melalui keterangan resmi yanh diterima Fortune Indonesia di Jakarta, Senin (13/2).

Klaim bisa ditolak bila melanggar perjanjian polis

Tangkapan Layar Singa Tabrak Mobil di Jawa Timur

Namun demikian, menurutnya ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan oleh pemegang polis untuk mengklaim kondisi tersebut. Salah satunya, pemegang polis harus memastikan penyebab kecelakaan bukan berasal dari poin pengecualian polis. 

Ketentuan tersebut tercantum di PSAKBI Bab II Pasal 3 mengenai pengecualian pertanggungan atas kerugian, kerusakan dan/atau biaya atas kendaraan bermotor pada ayat 3.1 yang disebabkan oleh, akibat dari, ditimbulkan oleh kerusuhan, pemogokan, penghalangan bekerja, tawuran, huru-hara, pembangkitan rakyat, pengambil-alihan kekuasan, revolusi, pemberontakan, kekuatan militer, invasi, perang saudara, perang dan permusuhan, makar, terorisme, sabotase, dan penjarahan. 

Tak hanya itu, pemegang polis juga dilarang melanggar aturan yang tertuang dalam polis tersebut. Seperti tertuang pada ayat 4.5 jika kendaraan melewati jalan tertutup, terlarang, tidak diperuntukkan untuk Kendaraan Bermotor atau melanggar rambu-rambu lalu lintas maka klaim tidak akan diterima. 

Lalu penting untuk mengingat bahwa memiliki dokumen penting dan keadaan saat berkendara juga mempengaruhi klaim asuransi. Seperti dalam ayat 4.2 pengecualian polis terjadi apabila pada saat kejadian Kendaraan Bermotor terkait harus dikemudikan oleh seseorang yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masih berlaku. 

Tinjau berkala polis yang dimiliki

Ilustrasi Perawatan Mobil KIA/Shuterstock Libre

Iwan juga menambahkan, pentingnya meninjau secara berkala polis yang dimiliki secara teliti guna memastikan jenis perlindungan terkait sesuai pilihan pertanggungan. 

Terdapat dua jenis pertanggungan yakni comprehensive yang memberikan jaminan untuk jenis kerusakan ringan, rusak berat hingga kehilangan, dan TLO (Total Loss Only) di mana biaya perbaikan harus lebih besar atau sama dengan 75 persen harga pertanggungannya. Jika perlu ajukan perluasan jaminan sesuai kebutuhan guna memberikan proteksi lebih pada kendaraan hingga pengemudi agar mendapatkan rasa aman dan nyaman lebih baik lagi. 

Khusus pelanggan asuransi mobil Garda Oto, cara untuk mengajukan klaim akibat terjadinya tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, atau terperosok sangatlah mudah. Iwan menjelaskan, pelanggan bisa melaporkan kejadian terkait melalui aplikasi Garda Mobile Otocare di smartphone Anda atau menghubungi contact center Garda Akses di nomor 1500112 yang akan melayani Anda 24 jam.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
Alibaba Pertahankan Kepemilikan 88 Miliar Saham GoTo hingga 5 Tahun
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%