7 Rekomendasi Buku Investor Sukses yang Wajib Dibaca!

Ditulis oleh investor dan penulis ternama

7 Rekomendasi Buku Investor Sukses yang Wajib Dibaca!
ilustrasi membaca buku investor sukses (unsplash.com/Nathan Aguirre)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Rekomendasi buku investor sukses berikut ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin terjun ke dunia investasi. Buku ini bisa menginspirasi Anda apalagi bagi yang baru ingin memulai investasi dan bingung mendapatkan informasi tentang hal ini.

Investasi menjadi salah satu pilihan menarik untuk mempersiapkan modal di masa depan. Agar dapat menjadi seorang investor yang sukses, tentunya Anda harus mempelajarinya dengan baik.

Berikut ini terdapat tujuh rekomendasi buku investor sukses yang bisa memandu Anda. Buku ini ditulis oleh investor hebat dan terkenal. Simak selengkapnya!

1. The Essays of Warren Buffett: Lessons For Corporate America dari Warren Buffett

ilustrasi buku warren buffett (dok. google book)

Buku investor sukses pertama adalah The Essays of Warren Buffett: Lessons For Corporate America. Buku ini ditulis langsung oleh investor terkenal di dunia, Warren Buffett.

Di buku ini, Warren Buffet menuliskan rincian dan anjuran kapan waktu yang tepat membeli saham. Menurutnya, jangan sampai Anda membeli saham karena ikut-ikut tren semata.

Anda juga akan diajak untuk berdiskusi beberapa hal, seperti investasi, tata kelola perusahaan, keuangan, hingga merger. Oleh sebab itu, buku karangan Warren Buffett ini wajib Anda miliki sebelum terjun ke dunia investasi.

2. The Four Pillars of Investing: Lessons for Building a Winning Portfolio dari William J. Bernstein

ilustrasi buku The Four Pillars of Investing (dok. mhprofessional)

William J. Bernstein adalah seorang ahli teori keuangan sekaligus pencetus strategi empat pilar. Namanya sudah tak diragukan lagi dalam dunia investasi.

Melalui buku The Four Pillars of Investing: Lessons for Building a Winning Portfolio, Anda akan mempelajari cara membangun portofolio investasi melalui empat pilar, yakni teori, sejarah, psikologi seseorang dalam mengambil keputusan, dan cara mengalokasikan aset di portofolio tersebut.

3. The Money Game dari George Goodman

ilustrasi buku The Money Game (dok. goodreads)

Rekomendasi buku investor sukses selanjutnya yang wajib masuk ke dalam daftar bacaan adalah The Money Game karangan George Goodman. Meski buku ini diterbitkan tahun 1986, tetapi buku investasi ini masih relevan untuk dibaca hingga saat ini.

Di dalam buku ini, Anda akan mendapatkan pemahaman tentang kegiatan pasar modal di Amerika Serikat.  George Goodman mengibaratkannya seperti bermain game, sehingga mudah dipahami investor pemula.

4. The Intelligent Investor dari Benjamin Graham

ilustrasi The Intelligent Investor (dok. gramedia)

The Intelligent Investor menjadi bacaan wajib bagi Anda yang ingin mempelajari investasi. Bahkan, buku ini pernah dipuji oleh Warren Buffet sebagai buku investasi terbaik.

Buku ini menggali lebih dalam mengenai sejarah pasar saham serta cara mengelola portofolio dengan baik. Melalui buku ini, Benjamin Graham juga menganalisis perbandingan saham di beberapa perusahaan.

5. Rich Dad, Poor Dad dari Robert Kiyosaki

ilustrasi buku Rich Dad Poor Dad (dok. perpustakaan nasional ri)

Rekomendasi buku investor sukses lainnya adalah Rich Dad, Poor Dad dari Robert Kiyosaki. Buku ini membuat perbandingan antara pemikiran keuangan antra ayah kaya dengan yang miskin.

Kiyosaki ini memberi pandangan bahwa orang kaya bekerja untuk belajar, bukan hanya demi mendapatkan uang. Ia juga menekankan pentingnya untuk mencapai financial freedom.

6. Anak Muda Miliarder Saham dari Andika Sutoro Putra

ilustrasi buku Anak Muda Miliarder Saham (dok. perpustakaan jakarta)

Buku mengenai investasi selanjutnya datang dari penulis Indonesia, Andika Sutoro Putra. Melalui buku berjudul Anak Muda Miliarder Saham, ia memberikan tips menjadi investor saham di usia muda.

Menurutnya, seorang anak muda bisa menjadi miliarder saham bila berinvestasi dengan strategi dan cara yang tepat. Anda juga akan belajar cara mendapatkan hasil keuntungan investasi saham dengan lebih optimal.

 7. A Random Walk Down Wall Street: The Time-Tested Strategy for Successful Investing dari Burton Malkiel

ilustrasi buku A Random Walk Down Wall Street (dok. wikipedia.org)

A Random Walk Down Wall Street: The Time-Tested Strategy for Successful Investing merupakan buku karya ekonom dan profesor dari Universitas Princeton, Burton Malkiel.

Buku ini cukup populer bahkan dan telah terjual sebanyak 1,5 juta copy. Melalui buku ini, Anda akan mengetahui cara investasi jangka panjang, meminimalisir kesalahan dalam berinvestasi, serta melakukan prediksi harga.

Itulah tadi rekomendasi buku investor sukses yang wajib Anda baca. Semoga daftar di atas bisa menjadi referensi untuk Anda!

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi