10 Maskapai Murah Terbaik untuk Penerbangan Jarak Jauh 2024

Biaya diklaim terjangkau tanpa mengabaikan pelayanan.

10 Maskapai Murah Terbaik untuk Penerbangan Jarak Jauh 2024
jetstar787refreshlivery/Dok. Jetstar airways
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - "Murah" dan "jarak jauh" di penerbangan merupakan hal yang berlawanan, sebab kenyamanan kursi dan pelayanan sering kali dikorbankan demi tarif yang terjangkau. Namun, dengan beberapa maskapai internasional baru yang murah yang diluncurkan di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir, sekarang mungkin untuk mendapatkan penerbangan jarak jauh yang cukup nyaman dengan harga di bawah US$500 pulang pergi.

Minggu ini, perusahaan konsultan yang berbasis di Inggris, Skytrax, merilis World Airline Awards tahunan mereka, yang dikenal dalam industri penerbangan sebagai "Oscar penerbangan." Di antara pemenang tahun ini ada maskapai-maskapai yang kurang dikenal yang berusaha menyediakan pilihan penerbangan yang terjangkau dalam kategori maskapai murah jarak jauh.

Diluncurkan pada tahun 1999, penghargaan ini didasarkan pada survei penumpang yang diselesaikan oleh pelancong yang mewakili lebih dari 100 kewarganegaraan berbeda yang membuat "pilihan pribadi mereka sendiri tentang maskapai mana yang mereka anggap terbaik, menegaskan penghargaan tersebut sebagai Passenger's Choice Awards," menurut metodologi Skytrax. Sebanyak 21 juta entri termasuk 350 maskapai berbeda dikirimkan antara September 2023 dan Mei 2024. Maskapai tidak membayar biaya masuk dan semua biaya survei dibayar oleh Skytrax.

Berikut ini adalah 10 maskapai murah teratas dalam kategori jarak jauh menurut World Airline Awards 2024.

1. Scoot

Scoot adalah anak perusahaan murah dari Singapore Airlines—yang menduduki peringkat kedua dalam kategori maskapai terbaik dunia secara keseluruhan. Maskapai ini melayani 67 tujuan di 15 negara di Asia-Pasifik, Timur Tengah, dan Eropa.

Diluncurkan pada tahun 2012, maskapai ini telah memenangkan beberapa penghargaan sejak saat itu, termasuk menjadi anggota International Air Transport Association (IATA) pada tahun 2022 untuk standar keselamatan yang tinggi. Scoot menempati peringkat pertama dalam kategori Skytrax ini selama empat tahun berturut-turut.

Mengutip laman cntraveler.com, diketahui penerbangan pulang pergi dari Singapura ke Phuket mulai dari US$71, Kuala Lumpur ke Taipei mulai dari US$79, dan Chennai ke Sydney seharga US$239.

2. Jetstar Airways

Anak perusahaan dari Qantas Group ini adalah bagian dari Jetstar Group, yang melakukan penerbangan pertamanya pada tahun 2004. Secara teknis, Jetstar Airways melayani Australia dan Selandia Baru, sementara afiliasinya Jetstar Asia Airways dan Jetstar Japan melayani Asia.

Bersama-sama, mereka memiliki 5.000 penerbangan sehari ke lebih dari 58 tujuan di 18 negara di kawasan Asia-Pasifik. Setelah terpilih sebagai maskapai murah terbaik di Australasia untuk kedua kalinya dalam tiga tahun, maskapai ini juga dihormati atas kru kabin dan keunggulan operasionalnya.

Sebagai contoh, penerbangan pulang pergi dari Melbourne ke Ho Chi Minh City mulai dari US$227, Sydney ke Honolulu mulai dari US$373, dan Gold Coast ke Christchurch mulai dari US$322.

3. Norse Atlantic Airways

Merayakan ulang tahun kedua penerbangan perdananya dari Oslo ke New York bulan ini, Norse Atlantic Airways dengan cepat dikenal, berspesialisasi dalam penerbangan trans-Atlantik antara AS dan Eropa. Maskapai ini juga meraih peringkat ke-4 untuk maskapai terbaik Eropa Utara dalam World Airline Awards.

\Maskapai yang berbasis di Arendal, Norwegia, ini memiliki armada 15 Boeing 787 Dreamliner dan terbang ke New York, Los Angeles, Las Vegas, Miami, dan Orlando di Amerika Serikat; serta Bangkok, Cape Town, Oslo, Athena, Berlin, London, Paris, dan Roma.

Sebagai contoh, penerbangan pulang pergi kelas ekonomi ringan (tanpa tambahan apa pun) dari Los Angeles ke London seharga US$417 dan New York ke Oslo seharga US$494.

4. Air Canada rouge

Berbasis di Toronto, Air Canada meluncurkan afiliasi murahnya Air Canada rouge pada tahun 2013 dengan merek sebagai "maskapai rekreasi," dengan penerbangan di Amerika Utara, Eropa, Karibia, dan Amerika Tengah.

Sekarang sepenuhnya terintegrasi ke dalam jaringan Air Canada, penumpang akan melihat penerbangan rouge muncul dalam pencarian mereka saat tersedia di rute tersebut. Bagasi cek gratis termasuk dalam penerbangan jarak jauh, dan Wi-Fi berkecepatan tinggi tersedia untuk dibeli.

Ada juga kelas Premium Rouge dengan check-in dan boarding prioritas; kursi yang lebih lebar dengan ruang kaki lebih banyak; Wi-Fi gratis, dan makanan pada penerbangan lebih dari dua jam.

Sebagai contoh, penerbangan pulang pergi dari Montreal ke Tulum seharga US$278 dan Toronto ke Punta Cana seharga US$280.

5. Zipair

Japan Airlines memulai operasional maskapai murahnya Zipair pada tahun 2018. Berbasis di Tokyo Narita (NRT), anak perusahaan ini terbang ke empat tujuan Asia (Bangkok, Singapura, Manila, dan Seoul) dan lima tujuan Amerika Utara (Honolulu, Los Angeles, San José, San Francisco, dan Vancouver).

Wi-Fi gratis untuk semua penumpang di Boeing 787-8 Dreamliner berkapasitas 290 kursi. Inovasi lainnya: pengalaman penerbangan tanpa kontak untuk memesan makanan dan barang dari ponsel dan tablet pribadi.

Sebagai contoh, penerbangan pulang pergi kelas standar dari Honolulu ke Tokyo seharga US$519 dan San Jose, California ke Tokyo seharga US$697.

6. AirAsia X

Sementara perusahaan Malaysia AirAsia meraih penghargaan maskapai murah terbaik secara keseluruhan untuk tahun 2024, afiliasi jarak jauhnya AirAsia X meraih peringkat ke-6 dalam kategori jarak jauh ini.

Dengan tiga hub di Asia yaitu Kuala Lumpur, Bangkok, dan Denpasar di Bali, anak perusahaan ini melayani 29 tujuan di Asia, Australia, Selandia Baru, Timur Tengah, dan satu tujuan di AS, Hawaii (ini adalah maskapai pertama dari Asia Tenggara yang menerima persetujuan Federal Aviation Administration untuk terbang ke AS). Pemesanan terintegrasi ke dalam jaringan AirAsia yang lebih besar.

Sebagai contoh, penerbangan pulang pergi dari Kuala Lumpur ke Seoul seharga US$214 dan dari Kuala Lumpur ke Osaka seharga US$278.

7. LEVEL

Berkantor pusat di Barcelona, LEVEL berspesialisasi dalam menghubungkan hub Spanyol dengan Amerika, dengan penerbangan langsung ke lima kota di AS—San Francisco, Los Angeles, Boston, New York, dan Miami—serta Buenos Aires di Argentina dan Santiago di Chili.

Diluncurkan pada tahun 2017 oleh International Airlines Group (IAG), yang juga memiliki British Airways, Iberia, Vueling, dan Aer Lingus, merek ini dikenal dengan gaya yang sederhana dan bersih serta menjadi salah satu cara termurah untuk pergi dari AS ke Spanyol.

Sebagai contoh, penerbangan pulang pergi seharga US$434 dari New York ke Barcelona dan US$495 dari San Francisco ke Barcelona.

8. Cebu Pacific

Salah satu maskapai yang telah lama beroperasi di daftar ini, Cebu Pacific yang berbasis di Filipina melakukan penerbangan pertamanya dari Manila ke Cebu pada tahun 1996, dan terus melayani tujuan-tujuan yang populer bagi orang Filipina untuk bepergian, seperti Hong Kong dan Dubai.

Maskapai ini telah beralih ke Airbus A321neo dan A330neo yang lebih ramah lingkungan, dan berencana untuk hanya mengoperasikan pesawat neo pada tahun 2027. Tidak hanya menyambut penumpang ke-200 juta pada tahun 2022, maskapai ini juga menjadi pemimpin dalam memberikan kembali, khususnya kepada program UNICEF Change for Good.

Sebagai contoh, penerbangan Cebu ke Seoul mulai dari US$66 dan Manila ke Dubai seharga US$86 sebagai bagian dari penjualan kursi Cebu Pacific saat ini.

9. French Bee

Berkantor pusat di bandara Orly di Paris (ORY), French Bee telah menawarkan pengalaman penerbangan à la carte sejak diluncurkan pada tahun 2016.

Dengan armada Airbus, pesawat ini memiliki langit-langit tinggi, pencahayaan ambien yang efektif, dan kontrol suhu yang lebih baik. French Bee terbang dari Paris ke Punta Cana, Pulau Reunion, Tahiti, San Francisco, New York, Los Angeles, Miami, dan Bora Bora.

Sebagai cotoh, penerbangan pulang pergi dari Los Angeles ke Paris mulai dari US$685 dan Miami ke Paris seharga US$552.

10. Discover Airlines

Afiliasi murah Lufthansa Group, Discover, beroperasi dari Munich dan kantor pusatnya di Frankfurt. Beroperasi sejak tahun 2021, armada 27 pesawat ini berfokus pada tujuan rekreasi di Amerika Utara, Eropa, Afrika, dan Karibia. Beberapa pencarian terintegrasi ke dalam mesin pencari Lufthansa.

Penawaran penerbangan saat ini termasuk dari Frankfurt ke Split, Kroasia, mulai dari US$159 dan Frankfurt ke Mauritius seharga US$793.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Incar Segmen Gamers, Schneider Electric Rilis APC Back-UPS Pro Gaming
Luhut: Bea Masuk 200 Persen Tak Terbatas Barang Impor dari Cina
Ancaman Stagnasi Pusat Perbelanjaan Akibat Gempuran Impor Ilegal
Masuki Babak Final Four, Tiket PLN Mobile Proliga 2024 Ludes Terjual
PLN Siap Sediakan Listrik Hijau untuk UNIQLO
Gratis, BPTJ Uji Coba Biskita Rute Terminal Depok-LRT Harjamukti