Bernard Arnault dan Warren Buffet Berdebat Soal Usia Pensiun

Bagaimana suksesi keluarga mempengaruhi usia pensiun?

Bernard Arnault dan Warren Buffet Berdebat Soal Usia Pensiun
ilustrasi Warren Buffett (Reuters.com/Jonathan Stemple)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Laporan studi yang dirilis perusahaan data Altrata menunjukkan bahwa usia rata-rata dari 3.194 miliarder dunia sekarang adalah 67 tahun. Namun, jika kekuasaan terus dilanggengkan, usia pensiun bisa saja diperpanjang. Inilah yang menjadi perdebatan antara Bernard Arnault, CEO dari raksasa mode LVMH, yang baru-baru ini menerima surat dari Warren Buffett yang berusia 93 tahun. Dalam surat tersebut, Buffett menyatakan bahwa Arnault membuat kesalahan dengan menaikkan usia pensiunnya hanya menjadi 80 tahun. Demikian dilansir Fortune.com, Kamis (27/6).

"Siapa yang akan menggantikan?" Itulah pertanyaan yang diajukan oleh para insider industri mewah dan pencinta mode tentang perusahaan terbesar di industri ini, LVMH.

LVMH yang berbasis di Paris selalu dipimpin oleh pendiri dan CEO-nya, Bernard Arnault, seorang patriark berusia 75 tahun yang juga salah satu orang terkaya di dunia. Arnault sempat menduduki puncak daftar orang terkaya tahun lalu. Mengingat pengaruh LVMH sebagai perusahaan paling berharga di Eropa dan pemilik beberapa merek mewah yang paling dicintai, semua orang—dari investor hingga pembeli—tertarik dengan masa depan perusahaan ini.

Anak-anak Arnault terlibat dalam Bisnis keluarga, dan sebagian besar juga menjadi anggota dewan LVMH. Hal ini memunculkan perbandingan dengan acara TV "Succession" dan teori tentang siapa yang mungkin mengambil alih kepemimpinan darinya. Namun, akan membutuhkan waktu sebelum ada jawaban pasti karena Arnault tidak berencana untuk pensiun dalam waktu dekat. Meskipun kepala LVMH menyadari spekulasi mengenai penerus masa depannya, dia mengatakan keputusan belum diambil.

"Saya memiliki lima anggota keluarga yang bekerja di grup ini. Mari kita lihat apakah salah satu dari mereka memiliki kemampuan untuk mengambil alih," kata Arnault kepada Bloomberg dalam sebuah wawancara yang diterbitkan Selasa.

Pandangan Arnault Terhadap LVMH

Bernard Arnault CEO Louis Vuitton/Ed Alcock/eyevine/Redux

Seperti yang sering terjadi pada CEO-pendiri, Arnault melihat LVMH sebagai "bayinya". Dia menghabiskan 12 jam sehari untuk mengelola perusahaan yang dia ubah menjadi konglomerasi global dengan pendapatan €86,2 miliar (US$92,17 miliar) tahun lalu. Hal itu membuat dewan LVMH memperpanjang usia pensiun untuknya, dari 75 menjadi 80 tahun . Setelah itu, Arnault menerima surat dari Warren Buffett, investor legendaris berusia 93 tahun dan pendiri Berkshire Hathaway, yang memperingatkan bahwa itu adalah kesalahan karena batas usia tersebut terlalu rendah, lapor Bloomberg.

Masa depan tidak terelakkan—begitu pula dengan suksesi yang pada akhirnya akan terjadi di LVMH. Perusahaan ini telah merombak kepemimpinan puncaknya, termasuk mempekerjakan mantan CFO Danone Cecile Cabanis sebagai pengganti lama CFO Jean-Jacques Guiony. Namun, keluarga Arnault masih memegang kendali ketat atas LVMH, dengan sekitar 64% hak suara perusahaan dan 48% kepemilikan saham. Struktur perusahaan induk konglomerat tersebut, Agache, diubah menyerupai kemitraan terbatas yang memberikan lebih banyak kekuasaan kepada bahkan pemegang saham kecil.

Generasi kedua keluarga Arnault juga telah naik pangkat untuk memainkan peran penting di perusahaan ini selama bertahun-tahun. Delphine, 49 tahun, adalah ketua dan CEO Christian Dior Couture, bagian dari segmen bisnis paling menguntungkan LVMH, yang mencakup mode dan barang-barang kulit.

Antoine, 47 tahun, adalah direktur citra dan lingkungan konglomerat yang berperan penting dalam kemitraan Olimpiade LVMH. Alexandre, 32 tahun, adalah wakil presiden eksekutif merek perhiasan Tiffany & Co. Frédéric, 29 tahun, memimpin merek jam tangan LVMH, termasuk Tag Heuer dan Hublot, di mana anak bungsu dari saudara kandung tersebut, Jean, 25 tahun, adalah direktur. Selain Jean, empat dari lima anak tersebut duduk di dewan LVMH.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

35 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Makna!
Meninjau Valuasi Spin-Off Anak Usaha Adaro dan Dampaknya
Adhi Karya Digugat PKPU Gara-Gara Proyek Hambalang
Apakah Uang Rp100 Ribu Bisa investasi? Ini Pilihannya
Mobil BYD Mulai Banyak Terlihat di Jalan, Ini Data Impornya
Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN