Fasad Gerai Tiffany & Co. Shanghai Dibungkus Ribuan 'Berlian'

Tak hanya megah, tapi juga bisa didaur ulang.

Fasad Gerai Tiffany & Co. Shanghai Dibungkus Ribuan 'Berlian'
Desain fasad gerai Tiffany & Co. di Shanghai/Dok. Tiffany & Co./Wen Studio
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Desain arsitektur gerai yang ikonik dan megah menjadi ciri khas bangunan gerai merek mewah. Kali ini Tiffany & Co. menghadirkan desain fasad tak biasa, membungkus gerai dengan Berlian kaca.

Firma arsitektur asal Belanda, MVRDV, telah mengungkapkan desain terbarunya untuk Tiffany & Co., yaitu fasad berkilauan untuk toko baru merek tersebut di pengembangan ritel Taikoo Li Qiantan di Shanghai. 

Fasad ini berada di sepanjang sumbu utama Taikoo Li Qiantan, sebuah kompleks ritel mewah yang selesai dibangun pada tahun 2021. Di sini, di antara kumpulan merek-merek mewah, desain MVRDV menonjol dengan konsep yang berani dan tampak sederhana — fasad yang sepenuhnya terdiri dari berlian.

Melansir Designboom, pada Jumat (5/7) desain yang tampak sederhana ini didasarkan pada pemahaman mendalam tentang warisan kaya Tiffany. Ini mengikuti pendekatan MVRDV yang telah diterapkan pada fasad Tiffany, pertama kali diimplementasikan di Bandara Changi Singapura pada tahun 2023.

Prinsip utama desain ini bahan inovatif, kehadiran tiga dimensi, dan 'kemampuan untuk memicu rasa kagum' bagi penonton — semuanya diwujudkan dalam fasad Shanghai yang tertutup berlian kaca. Berlian-berlian ini ditempatkan secara strategis untuk menciptakan efek berkilauan yang tersebar, dengan pengurangan kerapatan yang dipikirkan dengan baik untuk memastikan pandangan yang jelas di tempat-tempat tertentu, seperti di sekitar balkon kafe di lantai pertama toko.

Permata berkilauan untuk Shanghai

Desain fasad gerai Tiffany & Co. di Shanghai/Dok. Tiffany & Co./Wen Studio

Para arsitek di MVRDV merancang fasad berkilauan untuk Tiffany & Co. Shanghai dengan menggunakan 6.988 berlian kaca buatan tangan. Masing-masing berukuran 21 sentimeter lebar dan 13 sentimeter tinggi, dengan berat 1,5 kilogram.

Berlian-berlian ini digantung dari kabel baja cermin yang ditarik di antara bingkai atas dan bawah struktur. Pengikat baja khusus yang hampir tidak terlihat memastikan berlian tetap aman di tempatnya tanpa berputar atau bergerak.

Menariknya, desain teliti ini memungkinkan sistem koneksi sepenuhnya mekanis, memungkinkan fasad untuk dibongkar di masa depan, dengan semua komponennya dapat digunakan kembali atau didaur ulang.

Mirip dengan desain MVRDV untuk toko di Singapura, fasad Shanghai menggabungkan elemen lokal yang khas. Di sini, inspirasi datang dari lampu-lampu berwarna cerah yang menerangi cakrawala Shanghai di malam hari.

Fasad ini mengintegrasikan pencahayaan LED berenergi rendah yang dapat berubah warna di bagian atas dan bawahnya. Ini memungkinkan fasad untuk memancarkan warna apa pun yang diinginkan, termasuk Tiffany Blue yang ikonik dari merek mewah tersebut. Permainan cahaya melalui berlian kaca semakin memperkuat warna yang dipilih, menciptakan efek yang memukau.

Related Topics

Tiffany & Co.Berlian

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

7 CEO dengan Gaji Tertinggi di Dunia
Grup Astra Sebar Dividen Interim, Ini Jadwal ASII, AALI, dan UNTR
6 Multifinance Lokal dicaplok Asing, Ini Negara Peminatnya
Mengenal Aplikasi Temu yang Bakal Diblokir Kominfo
Aksi Beli Prajogo Pangestu atas BREN Saat Pemeriksaan OJK
Berapa Gaji Anggota DPR beserta Tunjangannya? Puluhan Juta