Penjualan On Meroket 28%, Tantang Dominasi Nike dan Adidas

Roger Federer sebagai duta merek membawa On melejit.

Penjualan On Meroket 28%, Tantang Dominasi Nike dan Adidas
On cloud monster/Dok. On Holding AG
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - On Holding AG, produsen sepatu asal Swiss yang menggandeng Roger Federer sebagai duta merek, terus menantang dominasi para pesaing besarnya seperti Nike dan Adidas. Pada kuartal kedua tahun ini, penjualan On melonjak sebesar 28 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, mencapai 567,7 juta franc Swiss (setara US$654,5 juta). Capaian ini sedikit melampaui perkiraan analis.

Melansir Fortune.com, Cristina Fernandez, analis dari Telsey Advisory Group, mencatat bahwa hasil kuartal kedua ini lebih baik dari yang diharapkan, menunjukkan permintaan yang kuat terhadap merek On. Saham On pun naik hingga 7,5 persen pada awal perdagangan di New York, menambah kenaikan tahun ini menjadi sekitar 50 persen. Kinerja saham ini mengungguli para pesaing seperti Nike, Adidas, dan Puma SE.

Didirikan pada tahun 2010, On merupakan pendatang baru di dunia olahraga, tapi hasil kuartalan perusahaan ini sering memengaruhi harga sahamnya. Dalam beberapa tahun terakhir, On berkembang pesat di Eropa dan Amerika Utara, berkat dukungan kuat dari mitra grosir dan toko-toko khusus sepatu lari.

Strategi On di tengah persaingan

On berfokus pada penjualan langsung ke konsumen dan berusaha mengubah statusnya dari pendatang baru yang menjanjikan menjadi pemain mapan yang mampu merebut pelanggan dari para pesaingnya.

Perusahaan yang berbasis di Zurich ini mengukuhkan kembali proyeksi penjualan sepanjang tahun yang diperkirakan tumbuh setidaknya 30 persen dengan margin laba kotor sekitar 60 persen. Namun, untuk mencapai target tersebut, On perlu meningkatkan laju pertumbuhan penjualan dan laba pada paruh kedua tahun ini.

Pada kuartal kedua, margin laba kotor On mencapai 59,9 persen, sedikit di bawah perkiraan analis. Perusahaan ini berencana untuk mempercepat momentum dalam beberapa bulan mendatang dengan menambah otomatisasi di gudang-gudang AS, sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kemampuan distribusinya di Amerika Utara, pasar terbesarnya.

Ekspansi On di Amerika terus berlanjut dengan penjualan yang meningkat sekitar 25 persen. Di kawasan Eropa, Timur Tengah, dan Afrika, pendapatan On tumbuh sekitar 22 persen, sementara di Asia-Pasifik, wilayah terkecilnya, pendapatan melonjak hingga 74 persen.

Menyasar kelas atas

Perusahaan ini juga semakin gencar memasarkan pakaian olahraga kelas atas, seperti kaos hiking seharga US$80 dan jaket trekking seharga US$290. Meskipun masih merupakan bisnis kecil, segmen ini tumbuh sebesar 63 persen pada kuartal tersebut.

Meski begitu, mayoritas pendapatan On masih berasal dari produk sepatu, termasuk produk baru seperti Cloudrunner 2 seharga US$150 dan Cloudtilt seharga US$160, yang dipasarkan bersama duta merek baru mereka, penyanyi dan aktris Zendaya. On berharap bahwa kehadiran Zendaya dan FKA Twigs sebagai duta merek akan membantu memperkuat kredibilitas di kalangan pelanggan muda.

On juga berusaha memanfaatkan momen Olimpiade Paris, di mana enam atlet yang disponsori oleh perusahaan ini berhasil meraih medali, termasuk perunggu untuk bintang tenis Iga Świątek dan juara maraton Boston serta New York City, Hellen Obiri.

"Kami telah melihat peningkatan signifikan dalam kesadaran merek," ujar Martin Hoffmann, co-CEO On, dalam sebuah wawancara. Hoffmann juga menambahkan bahwa lalu lintas ke situs web perusahaan mencapai rekor tertinggi, yang diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang dan meletakkan dasar untuk mencapai tujuan On di masa depan.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
TikTok Ungkap 4 Jenis Konsumen, Penjual Harus Paham