Daftar BUMN Penyumbang Dividen Terbesar ke Negara 2024

Menyumbang dividen paling besar dari lainnya

Daftar BUMN Penyumbang Dividen Terbesar ke Negara 2024
ilustrasi perusahaan bumn (wikimedia commos/akhmad fauzi)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
    • BRI menyumbang dividen terbesar ke negara di tahun 2024, yaitu Rp15,715 miliar.
    • Bank Rakyat Indonesia (BRI) berhasil menempati posisi teratas sebagai perbankan yang eksis dan banyak diandalkan oleh masyarakat Indonesia.
  • PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
    • Bank Mandiri juga menjadi penyumbang dividen terbesar dengan jumlah Rp17,179 miliar.
    • Bank Mandiri termasuk salah satu perbankan yang banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia dengan banyak cabang dan unit ATM di seluruh Indonesia.
  • PT Mineral Industri

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir membagikan capain dividen BUMN 2024 di akun Instagram pribadinya. Berdasarkan postingan yang dibagikan pada 21 Juli 2024 lalu, dividen yang diperoleh BUMN di tahun 2024 mencapai angka Rp85,5 triliun.

Keberhasilan tersebut diungkapkan merupakan hasil kerja keras dan kontribusi dari seluruh komisaris, direksi, dan seluruh insan BUMN.

Ingin tahu apa saja BUMN penyumbang dividen terbesar ke negara? Simak daftarnya di bawah ini.

1. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

Dilansir akun Instagram resmi Erick Thohir, BUMN penyumbang dividen terbesar ke negara di tahun 2024 ini dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Perusahaan tersebut menyumbang dividen paling besar, yaitu Rp15,715 miliar. Dengan pendapatan tersebut, Bank Rakyat Indonesia (BRI) berhasil menempati posisi teratas.

BRI memang dikenal sebagai perbankan yang sudah berdiri lebih dari 128 tahun. Tidak heran, perusahaan tersebut masih eksis dan banyak diandalkan oleh masyarakat Indonesia.

2. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

Menyusul BRI, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk juga tercatat menjadi penyumbang dividen terbesar. Dengan jumlah dividen Rp17,179 miliar, Bank Mandiri berhasil mengamankan tempat di posisi kedua.

Bank Mandiri juga termasuk salah satu perbankan yang banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, bank ini sudah memiliki banyak cabang dan unit ATM yang tersebar di seluruh Indonesia.

3. PT Mineral Industri Indonesia (Persero)

Di posisi ketiga, ada PT Mineral Industri Indonesia (Persero) atau MIND ID yang berhasil menyumbang dividen sebesar Rp11,214 miliar kepada negara di tahun 2024.

Perusahaan yang bergerak di industri pertambangan ini mencakup beberapa tambang di Indonesia, yakni Aneka Tambang, Bukit Asam, Freeport Indonesia, Inalum, Timah, dan Vale Indonesia.

4. PT Pertamina (Persero)

Tidak mau kalah dengan lainnya, PT Pertamina (Persero) juga masuk ke dalam daftar BUMN penyumbang dividen terbesar ke negara. Di tahun 2024 ini, Pertamina berhasil menyumbang dividen ke negara senilai Rp9,357 miliar.

Sejak tahun 1950-an, Pertamina fokus di kegiatan usaha migas pada sektor hulu hingga hilir. Hingga kini, Pertamina menjadi perusahaan migas yang diandalkan oleh negara.

5. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk

Peringkat kelima datang dari perusahaan yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan jaringan komunikasi.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk berhasil memberikan dividen sebesar Rp9,211 miliar di tahun 2024.

BUMN ini juga termasuk salah satu perusahan yang banyak diincar para pencari kerja untuk bisa berkarier di sana.

6. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

Dengan total Rp6,77 miliar, PT Bank Negara Indonesia (Persero) sukses berkontribusi sebagai penyumbang dividen terbesar ke negara.

Menempati posisi keenam, Bank Negara Indonesia (BNI) termasuk salah satu perbankan yang memiliki sejarah panjang di Indonesia. Selain itu, BUMN juga memiliki banyak nasabah yang tersebar penjuru Indonesia.

7. PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)

Di tahun 2024 ini, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau dikenal dengan PLN berhasil memberikan dividen sebesar Rp3,090 miliar.

Dengan angka tersebut, PLN mengamankan tempat di posisi ketujuh dalam daftarnya.

Sejak tahun 1965, PLN terus berkomitmen untuk bergerak di bidang pembangkitan, penyediaan tenaga listrik, telekomunikasi, keuangan, dan pelayanan pemeliharaan.

8. PT Pupuk Indonesia (Persero)

Selanjutnya, BUMN penyumbang dividen terbesar ke negara adalah PT Pupuk Indonesia (Persero). Tercatat perusahaan ini memberikan Rp1,213 triliun dari total dividen negara.

Perusahaan ini dikenal bergerak di bidang produsen pupuk, EPC, logistik, utilitas, pangan, dan perdagangan. Hingga saat ini, perusahaan tersebut sudah memiliki sepuluh anak perusahaan.

9. PT Pelabuhan Indonesia (Persero)

Telah berkontribusi di bidang logistik, terutama pengelolaan dan pengembangan pelabuhan, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) jadi BUMN yang tercatat menyumbang dividen terbesar.

Diketahui PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo ikut berkontribusi dividen sebanyak Rp1 miliar kepada negara.

10. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk

Satu lagi perbankan yang menjadi penyumbang dividen terbesar kepada negara adalah PT Bank Tabungan Negara (Persero).

Berada di posisi sepuluh teratas, Bank BTN sukses memberikan Rp420 miliar kepada dividen negara. Perbankan ini banyak diandalkan dalam pembiayaan sektor perumahan Indonesia.

11. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk merupakan perusahaan produsen bahan bangunan yang termasuk BUMN. Dikenal sebagai SIG, perusahaan ini diketahui menjadi penyumbang dividen terbesar untuk negara.

Total dividen yang disumbang ke pemerintah sebanyak Rp293 miliar.

12. PT Jasa Marga (Persero) Tbk

BUMN penyumbang dividen terbesar ke negara satu ini berhasil menempati posisi kedua belas. PT Jasa Marga (Persero) Tbk mampu memberikan dividen sebesar Rp192 miliar dari total dividen negara.

Jasa Marga merupakan pengembang dan operator jalan tol pertama dan terbesar di Indonesia. Selama lebih dari 45 tahun, perusahaan ini sudah mengelola 36 konsesi jalan tol dengan total panjang jalan 1.736 kilometer.

13. PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)

Didirikan pada tahun 1964 sebagai perusahaan negara, PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) berkembang menjadi perusahaan jasa survei di Indonesia.

Terlebih pada pengklasifikasian kapal berdasarkan konstruksi lambung, mesin dan listrik kapal dengan tujuan memberikan penilaian teknis kelayakan untuk belayar.

BUMN ini juga masuk ke dalam penyumbang dividen terbesar, yakni sebanyak Rp148 miliar.

14. PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero)

PT Aviasi Pariwisata Indonesia Indonesia (Persero) menjadi satu satunya BUMN dengan fokus di bidang pariwisata yang berhasil masuk ke daftar satu ini.

Tercatat perusahaan ini mampu menyumbang dividen sebesar Rp101 miliar. 

Menariknya, BUMN ini termasuk perusahaan holding di sektor aviasi dan pariwisata pertama di Indonesia.

15. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)

BUMN penyumbang dividen terbesar ke negara berikutnya adalah PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Perusahaan tersebut sudah memiliki cabang lebih di beberapa pelabuhan seluruh Indonesia.

Diketahui perusahaan yang bergerak di bisnis jasa penyeberangan, pelabuhan terintegrasi dan tujuan wisata ini menyumbang dividen sebesar Rp31 miliar.

16. Perum Perhutani

Perum Perhutani merupakan salah satu BUMN yang berbentuk perusahaan umum. Didirikan pada tahun 1961, perusahaan ini memiliki wewenang dan juga tugas untuk mengelola sumber daya hutan negara.

Dapat menyumbang deviden sebesar Rp28 miliar, Perum Perhutani dapat mengamankan posisinya di urutan ke-16 di daftar BUMN penyumbang dividen terbesar ke negara.

17. Perum Peruri

Sejak tahun 1971, Perum Peruri dipercaya sebagai BUMN yang bertanggung jawab untuk mencetak uang rupiah bagi Republik Indonesia, mulai dari uang kertas hingga uang logam.

Selain itu, Peruri juga mencetak produk-produk sekuriti lainnya. Lewat kontribusinya bagi negara, Perum Peruri juga termasuk BUMN yang menyumbang dividen terbanyak, yaitu sebesar Rp21 miliar.

18. PT POS Indonesia (Persero)

Siapa yang tidak kenal dengan BUMN yang bergerak di bidang jasa kurir, logistik, dan transaksi keuangan satu ini?

PT POS Indonesia (Persero) ini juga masuk ke daftar BUMN penyumbang Dividen terbesar dengan Rp20 miliar di tahun 2024.

19. Perum Jasa Tirta II

Dengan total dividen yang disumbangkan sebesar Rp7 miliar, Perum Jasa Tirta II berhasil menempati peringkat ke kesembilan belas.

BUMN ini bergerak di bidang pengelolaan Sumber Daya Air (SDA) di wilayah Jawa Barat dan Jakarta.

20. Perum Jasa Tirta I

Terakhir, ada Perum Jasa Tirta I yang menyumbang dividen sebesar Rp3 miliar. BUMN ini mengelola SDA di lima wilayah sungai di bawah kewenangan pemerintah pusat.

Itu dia beberapa BUMN penyumbang dividen terbesar ke negara yang memberikan pendapatan paling banyak. Semoga artikel ini bermanfaat.

Related Topics

BUMNKaiKai Now

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

35 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Makna!
Meninjau Valuasi Spin-Off Anak Usaha Adaro dan Dampaknya
Adhi Karya Digugat PKPU Gara-Gara Proyek Hambalang
Apakah Uang Rp100 Ribu Bisa investasi? Ini Pilihannya
Mobil BYD Mulai Banyak Terlihat di Jalan, Ini Data Impornya
Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN