NEWS

10 Negara yang Sudah Tidak Ada di Peta Dunia

Dulunya pernah ada dan eksis

10 Negara yang Sudah Tidak Ada di Peta Duniailustrasi peta dunia (unsplash/nicola nuttal)
09 July 2024

Seiring berjalannya waktu, kondisi dunia sudah banyak berubah, termasuk kondisi Negara. Diketahui ada beberapa negara yang terpecah bahkan sudah bubar dan menghilang dari peta dunia.

Hal tersebut bisa disebabkan oleh adanya reformasi, aneksasi, hingga perpecahan yang berakhir pada asimilasi. Selain itu, perang dunia yang terjadi dalam periode yang cukup lama juga menjadi salah satu memengaruhi eksistensi banyak negara di dunia.

Kira-kira, apa saja negara yang sudah tidak ada di dunia? Berikut daftar negaranya di bawah ini.

1. Abyssinia

Negara yang sudah tidak ada lagi di dunia yang pertama ada Abyssinia. Diketahui bahwa Abyssinia merupakan sebuah negara berbentuk kerajaan yang berada di Afrika bagian timur laut. 

Sejarah mencatat bahwa kerajaan Abyssinia tetap eksis dari tahun 1270 hingga 1974. Di awal abad 20-an, Abyssinia terbagi menjadi dua negara, yaitu Eritrea dan Ethiopia.

Hingga saat ini, Abyssinia lebih dikenal dengan sebagai negara Ethiopia yang berbentuk negara republik.

2. Bengal

Bengal merupakan negara yang berada di Asia Selatan yang eksis dari tahun 1338 sampai 1538. Serupa dengan Abyssinia, Bengal merupakan negara berbentuk kerajaan yang mencangkul wilayah Bangladesh, India bagian timur, dan Myanmar bagian barat.

Selama dua abad, Bengal dikenal sebagai negara yang sejahtera dan makmur. Meskipun mayoritas beragama Islam, masyarakatnya dikenal sangat rukun dan toleran antar umat beragama.

Dilansir laman worldpopulationreview.com, wilayah Bengal terbagi menjadi dua negara, yaitu India dan Bangladesh. Dengan begitu negara ini sudah tidak tercatat di peta dunia sekarang.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.