Genjot Produktivitas dan Efisiensi Biaya, Laba Bersih ESSA Loncat 244%

Pendapatan ESSA turun 1% akibat turunnya harga amoniak.

Genjot Produktivitas dan Efisiensi Biaya, Laba Bersih ESSA Loncat 244%
PT Surya Esa Perkasa Tbk atau ESSA. (Website ESSA)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – PT ESSA Industries Indonesia Tbk (ESSA) mencatat kenaikan kinerja hingga kuartal III 2024. Laba bersih perusahaan tercatat  melesat 244 persen menjadi US$34 juta atau Rp528,9 miliar (kurs Rp15.558 per dolar AS), dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar US$10 juta seiring meningkatnya produktivitas dan efisiensi biaya. 

Emiten yang bergerak di sektor energi dan Kimia melalui kilang LPG (Liquefied Petroleum Gas) dan pabrik amoniak mencatatkan pendapatan Januari-September 2024 sebesar US$230 juta atau Rp3,57 triliun, turun 1 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya US$233 juta.

Di sisi lain, EBITDA tercatat meningkat sebesar 47 persen secara tahunan (YoY) menjadi US$ 97 juta pada sembilan bulan pertama 2024.

Meskipun terjadi penurunan Harga Amoniak sebesar 9 persen (YoY) menjadi US$345/MT hingga September 2024, namun peningkatan volume produksi dan pengedalian biaya yang baik berhasil mendorong peningkatan EBITDA.

“ESSA mampu mempertahankan standar terbaik pada aspek keselamatan dan keandalan seluruh pabriknya. Sejalan dengan hal tersebut, pabrik amoniak berhasil mencatatkan 8 juta jam kerja kumulatif tanpa Loss Time Injury, sementara kilang LPG berhasil mencapai tonggak sejarah dengan mencatatkan lima tahun beroperasi secara terus menerus tanpa trip,” tulis manajemen perseroan dalam keterangan tertulis, Selasa (22/10).

Kegiatan pemeliharaan pabrik amoniak selama hampir dua minggu pada kuartal II 2024, berhasil mendorong produktivitas dan efisiensi optimal dengan keandalan operasional.
 

Tren harga amoniak

Fasilitas PT ESSA Industries Indonesia Tbk (ESSA). (Dok. ESSA).

ESSA mencatat, harga amoniak menunjukkan tren kenaikan sepanjang kuartal ketiga 2024 . Perseroan memproyeksikan harga amoniak pada kuartal keempat 2024 akan berada di level yang lebih baik. 

Selain itu, harga LPG tetap berada di atas harga pada periode terendah musiman yang disebabkan oleh perpanjangan pemangkasan produksi minyak secara sukarela oleh negara anggota OPEC+. 

Dengan adanya permintaan seasonal winter, harga LPG kuartal keempat 2024 juga diproyeksikan akan lebih tinggi apabila dibandingkan dengan harga pada kuartal ketiga 2024.

“ESSA berkomitmen untuk mencapai manufacturing excellence, berpihak pada keberlanjutan lingkungan, dan selalu menjadi yang terdepan dalam perkembangan industri,” ujar manajemen.

Di saat yang bersamaan, ESSA terus menjajaki peluang-peluang baru yang sejalan dengan keunggulan kompetensi yang dimiliki untuk senantiasa memaksimalkan nilai tambah bagi para pemegang saham. Hingga pukul 11:25 WIB, harga saham ESSA bertengger di posisi Rp975 per saham naik dibandingkan pada saat pembukaan Rp970 per saham. 


 

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

Most Popular

Daftar Menteri Kabinet Prabowo dan Jabatannya, Lengkap!
Tugas Luhut usai Dilantik jadi Ketua Dewan Ekonomi Nasional
Ini Profil 3 Eks-Bankir yang Masuk Kabinet Presiden Prabowo
Prabowo Lantik Luhut Jadi Kepala Dewan Ekonomi Nasional
Profil Dody Hanggodo, Menteri Pekerjaan Umum Pilihan Prabowo
Empat Orang Terkait Haji Isam Masuk Kabinet, Ini Afiliasi Bisnisnya