Indocement Tuntaskan Transaksi Akuisisi Semen Grobogan Rp1,49 T

Akuisisi ini akan menambah footprint Indocement.

Indocement Tuntaskan Transaksi Akuisisi Semen Grobogan Rp1,49 T
Pabrik semen Grobogan resmi diakuisisi Indocement. (dok.Indocement)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) dan PT Dian Abadi Perkasa merampungkan transaksi pengambilalihan saham Semen Grobogan.
  • Transaksi didanai sepenuhnya oleh kas internal perusahaan dan seluruh penjualan Semen Grobogan akan dikonsolidasikan ke keuangan Indocement mulai 1 Desember 2023.
  • Akuisisi ini merupakan langkah penting dalam rencana memperkuat footprint lokasi pabrik dan terminal semen serta memperkuat posisi Indocement di Jawa Tengah.

Jakarta, FORTUNE - PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) dan PT Dian Abadi Perkasa, salah satu entitas anak, merampungkan transaksi pengambilalihan saham Semen Grobogan senilai Rp1,49 triliun.

Hal ini ditandai dengan Penandatanganan Sale and Purchase Deeds (Akta-Akta Jual Beli Saham) pengambilalihan 345.860 lembar saham atau 100 persen kepemilikan saham di PT Semen Grobogan pada 30 November 2023 di Jakarta.

Direktur Utama Indocement, Christian Kartawijaya, menyatakan bahwa transaksi ini didanai sepenuhnya oleh kas internal perusahaan. Dengan rampungnya transaksi, per 1 Desember 2023, seluruh penjualan Semen Grobogan akan dikonsolidasikan ke keuangan Indocement.

"Akuisisi ini merupakan langkah penting dalam rencana memperkuat footprint lokasi pabrik dan terminal semen sehingga Indocement mampu meningkatkan efisiensi biaya logistik dan distribusi semen serta mempertahankan pangsa pasarnya khususnya di Jawa Tengah," kata Christian dalam keterangan, Jumat (1/12).

Ia mengatakan, akuisisi ini merupakah langkah lanjutan yang penting untuk memperkuat posisi Indocement di Jawa Tengah setelah perusahaan mengambil alih operasional Pabrik Semen Bosowa di Maros, Sulawesi Selatan dengan perjanjian sewa-pakai aset.

Kerja sama operasional Semen Bosowa akan memperkuat pasokan pasar di Indonesia bagian timur dan juga unit penggilingan semen di Banyuwangi untuk memperkuat pasar di Jawa Timur dan Bali; sehingga dapat memberikan gambaran dari roadmap jangka panjang Indocement untuk memperkuat pendistribusian Semen Tiga Roda di Indonesia.

Kepercayaan Heidelberg

Christian juga menambahkan, akuisisi ini juga merupakan gambaran kepercayaan dari pemegang saham utama Indocement, Heidelberg Materials AG sebagai pemain semen dunia untuk memperkuat investasinya di Indonesia. Perusahaan mempertimbangkan beragam rencana proyek infrastruktur pemerintah dan pengembangan pembangunan sektor properti dan komersial ke depan.

"Heidelberg Materials AG percaya bahwa berbagai sinergi bukan hanya dari segi logistik, tapi juga pemakaian bahan bakar alternatif, dan produksi semen ramah lingkungan serta transfer pengetahuan terkini dari segi teknikal dan sustainability akan memberikan biaya produksi yang jauh lebih efisien di kemudian hari," katanya.

Semen Grobogan merupakan pabrik semen yang berlokasi di Desa Sugihmanik, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, dengan kapasitas produksi sebesar 1,8 juta ton clinker per tahun dan 2,9 juta ton semen per tahun.

Kapasitas tersebut akan naik dari kapasitas saat ini sebesar 2,5 juta ton yang akan terjadi secara bertahap setelah pengambil-alihan.  Semen Grobogan telah memulai produksi komersial pada Januari 2022 dan memiliki persediaan bahan baku lebih dari 50 tahun.

Pengambilalihan ini bukan merupakan transaksi material dan transaksi afiliasi dan/atau transaksi benturan kepentingan bagi Indocement. Pengambilalihan tersebut tidak memiliki dampak material secara negatif terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan atau kelangsungan usaha Indocement.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

35 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Makna!
Meninjau Valuasi Spin-Off Anak Usaha Adaro dan Dampaknya
Adhi Karya Digugat PKPU Gara-Gara Proyek Hambalang
Apakah Uang Rp100 Ribu Bisa investasi? Ini Pilihannya
Mobil BYD Mulai Banyak Terlihat di Jalan, Ini Data Impornya
Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN