Cinema XXI Himpun 52 Ton Minyak Jelantah, Buat Bahan Biofuel

Cinema XXI menggandeng TUKR sebagai partner program ini.

Cinema XXI Himpun 52 Ton Minyak Jelantah, Buat Bahan Biofuel
Media briefing PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk (CNMA), Cinema XXI, Rabu (5/6).
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • Cinema XXI mengumpulkan 52.766 kg minyak jelantah dari 209 bioskop sejak November 2023 hingga Maret 2024.
  • Program tersebut bertujuan untuk diolah menjadi bahan bakar ramah lingkungan (biofuel) dan menjaga kualitas produk makanan dan minuman.
  • Program Cinema XXI membantu mengurangi emisi karbon sebanyak 175.027 kilogram dan melindungi kesehatan lebih dari 52.766 anggota masyarakat.

Jakarta, FORTUNE - Emiten pemilik jaringan bioskop Cinema XXI, PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk (CNMA), melaksanakan program pengumpulan minyak jelantah. Puluhan ton minyak telah dikumpulkan untuk diolah menjadi bahan bakar ramah lingkungan (biofuel).

Bermitra dengan PT Medan Bioenergy Nusantara (TUKR), Cinema XXI sudah mengumpulkan minyak jelantah (used cooking oil/USO) sebanyak 52.766 kg (52 ton) sejak November 2023 sampai dengan Maret 2024. Itu didapat dari 209 bioskop Cinema XXI yang berpartisipasi dalam program tersebut.

"Lokasi bioskop [yang sudah berpartisipasi] itu, untuk Pulau Jawa, Jabodetabek, sudah 100 persen. Lalu di Medan, Bali juga. Pada dasarnya di kota-kota yang secara logistik sudah lebih mudah untuk melakukan penarikan minyak jelantah ini," kata Plt. Head of Cinema Operations Cinema XXI, Ricky Samsoedin di Plaza Indonesia, Rabu (5/6).

Ke depannya, seluruh lokasi Cinema XXI akan berpartisipasi untuk pengumpulan minyak jelantah secara bertahap. Adapun, per 21 Mei 2024, Cinema XXI sudah memiliki 1.312 layar di 248 lokasi bioskop secara nasional.

Sebab, langkah itu juga sejalan dengan komitmen Cinema XXI menjaga kualitas produk makanan dan minuman (mamin). Perseroan pun menggunakan bahan biodegradable pada kemasan produk mamin, juga memakai biji jagung non-genetically modified organism, gula kelapa organik, dan minyak trans-fat-free.

Fortune Indonesia telah bertanya mengenai alokasi belanja modal untuk mendukung program-program keberlanjutan Cinema XXI tersebut, tapi belum kunjung mendapat jawaban sampai berita ini diterbitkan. Adapun, pada 2024, perseroan mengalokasikan belanja modal sebesar Rp775 miliar.

Dampak lingkungan

Menurut Head of Brand and Partnership TUKR, Adhi Putra Tawakal, lewat program ini, Cinema XXI turut berkontribusi dalam mengurangi emisi karbon sebanyak 175.027 kilogram, menjada kemurnian 52.766 juta liter air, dan melindungi kesehatan lebih dari 52.766 anggota masyarakat.

Dalam program pengumpulan USO, puluhan ton minyak jelantah dikumpulkan oleh TUKR, perusahaan yang mengoperasikan layanan pengumpulan minyak jelantah, untuk dijual kembali sebagai bahan baku produksi biofuel. Misalnya, kepada perusahaan energi mancanegara yang membutuhkan USO. Itu karena TUKR telah mengantongi International Sustainability & Carbon Certification (ISCC).

"Sertifikasi ini membuka akses ke pasar biodiesel Eropa sehingga minyak jelantah dari Cinema XXI mempunyai keunggulan kompetitif, serta berpeluang baru untuk diolah menjadi bahan bakar berkelanjutan," kata Adhi di kesempatan yang sama.

TUKR sendiri sudah beroperasi di Pulau Sumatra (Banda Aceh; Medan; Padang; Pekanbaru, Riau; Palembang; Bandar Lampung), Pulau Jawa dan Bali (Jakarta Utara; Jakarta Selatan; Bandung; Surabaya; Malang; Denpasar; dan akan hadir di Yogyakarta), Pulau Sulawesi (Makassar; Palu; Manado, dan Pulau Kalimantan (Banjarmasin; Balikpapan; lalu akan hadir di Samarinda dan Pontianak).

Saat ini, TUKR telah bekerja sama dengan ribuan partner dari berbagai skala usaha di segmen business to business. Selain itu, TUKR juga menerima minyak jelantah dari rumah tangga. Adapun, minyak jelantah dari partner ataupun rumah tangga dihargai mulai Rp5.000 per liter.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

35 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Makna!
Meninjau Valuasi Spin-Off Anak Usaha Adaro dan Dampaknya
Adhi Karya Digugat PKPU Gara-Gara Proyek Hambalang
Apakah Uang Rp100 Ribu Bisa investasi? Ini Pilihannya
Mobil BYD Mulai Banyak Terlihat di Jalan, Ini Data Impornya
Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN