Gandeng Goldman, Telkom Cari Investor Strategis NeutraDC

Telkom jajaki kemitraan strategis dengan partner global.

Gandeng Goldman, Telkom Cari Investor Strategis NeutraDC
source_name
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • TLKM mencari investor strategis untuk NeutraDC
  • Proses due diligence dan kesepakatan dengan calon mitra global hingga 2024
  • NeutraDC ekspansi kapasitas di Indonesia, Singapura, Hong Kong, dan Timor Leste

Jakarta, FORTUNE - Emiten telekomunikasi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) tengah mencari investor strategis untuk NeutraDC, bagian dari bisnis pusat data perseroan.

Melalui Info Memo, Grup Telkom mengumumkan telah melakukan proses due dilligence dan menjajaki kesepakatan dengan beberapa calon mitra global sepanjang semester I-2024. Harapannya, proses tersebut bisa selesai pada 2024.

"Grup Telkom saat ini sedang membuka peluang untuk menjalankan kemitraan strategis dengan para pemain global yang bisa meningkatkan kapasitas dan kapabilitas NeutraDC," demikian keterangan TLKM dalam catatan itu, dikutip Rabu (7/8).

Menurut Senior Vice President Corporate Communication and Investor Relation Telkom Indonesia, Ahmad Reza, perseroan menunjuk Goldman Sachs sebagai penasihat keuangan global dan Mandiri Sekuritas sebagai lead advisor.

Pada Februari lalu, Reuters melaporkan penjualan saham minoritas NeutraDC berpotensi bernilai lebih dari US$1 miliar. Perseroan tidak menanggapi soal perkiraan nilai itu.

"Kami harap, tahap unlocking bisnis pusat data ini akan memberikan nilai terbaik bagi seluruh pemangku kepentingan Telkom," ujar Reza.

Bisnis pusat data NeutraDC

NeutraDC adalah lengan bisnis pusat data Grup Telkom, yang mulai difokuskan selama dua tahun terakhir. Hingga saat ini, perseroan telah mengoperasikan 32 pusat data yang berlokasi di Indonesia dan global (Singapura, Hong Kong, dan Timor Leste).

Kapasitas pusat data Grup Telkom berjumlah 42 MW, yang mencakup pusat data hyperscaleenterprise, dan micro-edge. Secara total, lini bisnis pusat data dan cloud Grup Telkom membukukan pendapatan Rp1,0 triliun, naik 22,0 persen (YoY).

Khusus untuk NeutraDC, selama paruh pertama 2024, perusahaan itu telah mempersiapkan ekspansi kapasitas 18 MW untuk pusat data hyperscale di Cikarang. Targetnya, fasilitas itu akan siap beroperasi pada akhir 2024.

Di luar Cikarang, NeutraDC juga akan memiliki pusat data hyperscale di Batam dengan kapasitas 18 MW. Saat ini, fasilitas itu berada dalam fase konstruksi, dengan estimasi operasional pada 2025.

Lalu, TLKM juga sudah membentuk entitas baru, NeutraDC Singapura, guna memperkuat pasar regional di Asia Tenggara. Untuk melengkapi langkah itu, NeutraDC pun memanfaatkan energi terbarukan dan teknologi water-cooling agar penggunaan energi lebih efisien.

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

IDN Channels

Most Popular

Daftar Menteri Kabinet Prabowo dan Jabatannya, Lengkap!
Tugas Luhut usai Dilantik jadi Ketua Dewan Ekonomi Nasional
Ini Profil 3 Eks-Bankir yang Masuk Kabinet Presiden Prabowo
Izin Usaha Investree Dicabut OJK, Bagaimana Nasib Nasabah?
Prabowo Lantik Raffi Ahmad hingga Gus Miftah Jadi Utusan Presiden
Prabowo Lantik Luhut Jadi Kepala Dewan Ekonomi Nasional