Kinerja 2023 Solid, Harita Nickel Bagi Dividen Rp1,6 T

Harita Nickel juga akan buyback saham.

Kinerja 2023 Solid, Harita Nickel Bagi Dividen Rp1,6 T
Pubex Harita Nickel, Kamis (27/6).
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL) membayar dividen tunai Rp1,6 triliun untuk tahun buku 2023.
  • Pendapatan NCKL naik 149,4% YoY menjadi Rp23,86 triliun, dengan laba sebesar Rp5,62 triliun yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk.
  • Pemegang saham menyetujui pembelian kembali saham dan perseroan akan mengalokasikan dana maksimal Rp1 triliun. Produksi tambang juga meningkat 38% dari tahun sebelumnya.

Jakarta, FORTUNE – Emiten pertambangan dan smelter nikel, PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL) atau Harita Nickel, sepakat membagikan dividen tunai sejumlah Rp1,6 triliun untuk tahun buku 2023.

Hal itu disampaikan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Paparan Publik Harita Nickel di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Kamis (27/6).

Adapun, NCKL membukukan pendapatan Rp 23,86 triliun ada 2023, naik 149,4 persen (YoY). Selain itu, perseroan juga meraih laba tahun buku 2023 yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 5,62 triliun, naik 20,4 persen (YoY). Berdasarkan laba tersebut, NCKL menetapkan rasio pembayaran dividen sebesar 30 persen.

Di luar agenda ihwal dividen, pemegang saham juga menyetujui pembelian kembali (buyback) saham sesuai dengan ketentuan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 29 Tahun 2023. Untuk menyokong rencana tersebut itu, perseroan akan mengalokasikan dana maksimal Rp1 triliun. Jangka waktu pelaksanaan buyback itu 12 bulan setelah diperolehnya persetujuan.

​"Karena walaupun fundamental bisnis kami baik, itu belum terefleksi dalam harga saham NCKL," kata Direktur Utama Harita Nickel, Roy Arman Arfandy.

Ekspansi Harita Nickel

Dari segi kinerja, pada kuartal pertama tahun 2024, produksi tambang mencapai 5,88 juta wet metrik ton (wmt), meningkat 38 persen dari periode yang sama di tahun sebelumya. Produksi tambang berasal dari 2 tambang yang telah beroperasi (PT. TBP dan PT. GPS), sedangkan tiga tambang lainnya (PT. JMP, PT. OAM dan PT. GTS) masih dalam tahap eksplorasi.

Roy menekankan pentingnya ekspansi yang strategis dalam menghadapi tantangan global. "Kami berkomitmen terus melakukan investasi yang bijaksana dan pengembangan fasilitas produksi yang dapat meningkatkan volume dan nilai tambah dari produk yang dihasilkan. Kami akan terus menjaga posisi keuangan yang sehat dan kuat untuk mengantisipasi kebutuhan modal kerja ke depan," ujarnya 

Proyek pembangunan fasilitas HPAL (ONC) juga menunjukkan perkembangan signifikan. Jalur produksi pertama dari fasilitas HPAL kedua ini (ONC) telah mencapai kapasitas produksi penuh pada akhir Mei 2024. Jalur produksi kedua mulai beroperasi pada Juni 2024, sementara jalur ketiga dijadwalkan mulai beroperasi pada Agustus 2024.

Harita Nickel bersama dengan mitra strategisnya juga telah mendirikan dua perusahaan baru, yaitu PT Bhakti Bumi Sentosa (BBS) dan PT Cipta Kemakmuran Mitra (CKM). PT BBS bertujuan untuk mengurangi limbah dari produksi HPAL dengan cara daur ulang sekaligus menghasilkan produk bernilai tambah dari limbah, sedangkan PT CKM bertujuan untuk memproduksi limestone menjadi quicklime untuk menekan biaya produksi dari fasilitas HPAL.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Kebijakan Perdagangan Internasional dan Tujuannya yang Harus Diketahui
Pengertian Negosiasi, Tujuan, dan Manfaatnya Bagi Bisnis
Ini Pengertian, Peran, Jenis dan Contoh Kreditur
Pengertian Ekonomi Mikro, Pahami Komponen serta Teorinya
Menabung atau Investasi? Ini Kelebihan dan Kekurangannya
Cara Daftar NPWP Secara Online dan Datang Langsung 2024