5 Rekomendasi Aktivitas Outdoor Menyenangkan di Akhir Pekan

Bisa menyegarkan tubuh dan jiwa Anda dari rutinitas harian.

5 Rekomendasi Aktivitas Outdoor Menyenangkan di Akhir Pekan
Ilustrasi wisata luar ruangan. (Pixabay/aronoeleinilotta)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNEAkhir Pekan adalah momentum untuk melepas penat dari pekerjaan, bersama keluarga maupun sahabat. Salah satu yang menaik adalah kegiatan luar ruangan atau aktivitas outdoor, karena selain bisa membuat penat dan stres hilang, hal ini juga baik bagi kesehatan tubuh.

Aktivitas outdoor memberikan ruang bagi Anda untuk bersantai dan bernafas dengan udara yang lebih segar dan jauh dari polusi kota besar.

Pada laman resminya, Traveloka memberikan rekomendasi beberapa aktivitas outdoor yang bisa jadi pilihan Anda untuk menghabiskan akhir pekan. Berikut ini ulasannya.

1. Camping

Camping. (Pixabay/ITUBB)

Berkemah adalah salah satu aktivitas outdoor yang saat ini cukup populer di tengah masyarakat Indonesia. Apalagi, saat ini banyak hadiran berbagai penyedia fasilitas perkemahan sehigga memudahkan Anda mempersiapkan segala sesuatunya lantaran berbagai alat yang diperlukan sudah tersedia semua.

Area camping ground pun saat ini sudah banyak tersedia dengan berbagai pilihan dan keterjangkauan dari segi akses, dan informasinya bisa sangat mudah ditemukan di media sosial. Tak hanya pegunungan, Anda juga bisa camping di pantai atau tepi danau.

Camping bisa jadi aktivitas menarik untuk dilakukan bersama keluarga atau sahabat. Berkumpul, masak, sampai istirahat di bawah tenda yang berada dekat dengan alam, menjadi sensasi tersendiri yang bisa memberikan pengalaman unik dan tak terlupakan bagi Anda dan siapapun yang Anda ajak menikmati aktivitas ini bersama.

2. Hiking

Aktivitas hiking. (dok. Garmin)

Aktivitas outdoor ini biasanya bisa dilakukan bersamaan dengan camping. Namun, Anda juga bisa melakukannya tanpa harus menyediakan waktu untuk berkemah. Pada dasarnya, hiking adalah olahraga berjalan di kontur tanah perbukitan  atau pegunungan. Menyusuri jalan persawahan atau jalan setapak di desa, bisa jadi bagian dari hiking.

Anda tak perlu khawatir, karena saat ini juga sudah ada beberapa penyedia jasa operator hiking di wilayah-wilayah seperti Sentul, Puncak, dan sejenisnya. Meski begitu, Anda juga harus menyiapkan perlengkapan seperti sepatu atau sendal gunung dan perlengkapan lain yang dibutuhkan.

Apalagi, jika Anda memilih hiking di area yang cukup tinggi. Aktivitas ini tergolong mudah dan murah untuk dilakukan, sehingga banyak jadi pilihan masyarakat dalam kegiatan akhir pekan.

3. Memancing

Aktivitas memancing. (Pixabay/fikret kabay)

Kegiatan ini adalah salah satu yang banyak dilakukan di wilayah perairan, seperti danau, sungai, atau bahkan laut. Namun, saat ini di tengah kota pun banyak buka fasilitas-fasilitas pemancingan yang memang dihadirkan bagi warga kota yang ingin memancing, tapi tak punya banyak waktu ke luar kota.

Mungkin ada beberapa dari Anda yang berpikir memancing itu membosankan, namun sebenarnya tidak juga, karena hal ini cukup menantang dan membutuhkan konsentrasi serta strategi yang matang.

Selain itu, bila memancing di daerah alami, Anda juga bisa menghirup udara segar dan memanjakan mata dengan pemandangan yang ada.

4. Diving atau snorkeling

Ilustrasi olahraga diving. (Pixabay/jhovani_serralta)

Masih dengan aktivitas di air, menyelam adalah salah satu pilihan menarik untuk dilakukan. Bila Anda selama ini sudah biasa dengan pemandangan di daratan, dengan menyelam Anda akan menyaksikan pemandangan yang menakjubkan di kehidupan bawah laut.

Menyelam memang butuh biaya yang cukup besar, mengingat perlengkapan dan sertifikasi yang Anda butuhkan untuk bisa melakukan penyelaman. Namun, tak perlu khawatir, bagi Anda yang ingin lebih santai dan murah, snorkeling bisa jadi pilihan juga untuk bisa menikmati pemandangan kehidupan bawah laut.

5. Paragliding

Paragliding in Bukit Jugra and Kuala Kubu Bharu/Dok. Unsplash/Adli Wahid

Jenis olahraga ini memang tidak dilakukan sembarangan, karena Anda harus terlatih untuk bisa melakukannya sendiri. Namun, Anda bisa tetap mencobanya dengan didampingi oleh seorang pemandu yang sudah ahli melakukan paragliding. Dengan begitu, Anda tetap bisa menikmati pemandangan dari ketinggian dalam kondisi melayang di udara.

Meski bukan kegiatan yang bisa disebut murah, namun setidaknya Anda perlu mencoba kegiatan ini sekali seumur hidup. Beberapa spot paragliding yang terkenal, antara lain Gunung Banyak di Batu, Bukit Timbis di Bali, Bukit Santiong di Subang, atau Paragliding di daerah Puncak, Bogor.

Demikianlah beberapa rekomendasi aktivitas outdoor yang bisa Anda lakukan untuk menghabiskan akhir pekan Anda, bersama keluarga atau sahabat. Happy Weekend!

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

IDN Channels

Most Popular

Apa Itu BRICS: Sejarah dan Perannya Melawan Dominasi G7
Indonesia Mulai Proses Pengajuan Keanggotaan BRICS
Melawan Putusan Pailit, Sritex Ajukan Kasasi
Prabowo Bakal Hapus Utang 6 Juta Petani & Nelayan, Jadi Beban Bank?
RI Bakal Gabung BRICS, CSIS: Tak Perlu Karena Sudah Ada di G20
SIDO Bagi Dividen Interim Rp18/Saham, Ini Jadwalnya