Erick Thohir Ungkap BMTH Bisa Tingkatkan Wisman Hingga 1,5 Kali Lipat

BMTH bisa jadi tempat sandar kapal pesiar asing.

Erick Thohir Ungkap BMTH Bisa Tingkatkan Wisman Hingga 1,5 Kali Lipat
Kapal pesiar yang bersandar di Pelabuhan Benoa, Bali. (dok. BUMN)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menteri BUMN, Erick Thohir, mengatakan bahwa keberadaan Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) di kawasan Pelabuhan Benoa, Bali, bisa meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) hingga 1,5 kali lipat.

Selain kunjungan wisman, pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) pun bisa meningkat dua kali lipat. "Dengan penyelesaian ini nantinya akan bisa menciptakan ekosistem pariwisata di Bali dan juga berpotensi menghasilkan multiplier effect yang berkontribusi pada PDRB Bali sampai dengan 2,7 kali,” ujarnya dalam keterangannya, Minggu (12/5).

BMTH merupakan proyek strategis nasional yang dikelola oleh Pelindo, yang mengintegrasikan sektor pariwisata, transportasi, sampai hiburan di Bali. Hal ini diyakini bisa menciptakan efek berganda bagi perekonomian regional, bahkan nasional.

Menurut Erick, efek berganda ini sudah terbukti sejak 2023, di mana Pelabuhan Benoa jadi daya tarik penting bagi wisman, karena fasilitas sandar bagi kapal pesiar internasional (cruise). Terdapat 48 cruise yang bersandar dan mencatatkan 77 ribu orang lebih arus penumpang.

"Ini merupakan potensi bagus. Tahun ini dengan berbagai penambahan kapasitas yang ada di BMTH kami yakin jumlahnya akan meningkat," katanya.

Peningkatan daya tampung

Erick mengatakan, BMTH memiliki daya tampung sampai 400 kapal wisata (yacht) dan empat atau lima kapal pesiar. Hal ini akan menjadi potensi tersendiri bagi transportasi laut di Bali, mengingat selama ini gerbang pariwisata internasional langsung hanya dari jalur penerbangan saja.

Kapal-kapal wisata dari kawasan Asia Tenggara juga ditargetkan datang ke lokasi tersebut, bahkan kapal asing dari Australia dan Eropa bisa singgah untuk berkeliling di wilayah Indonesia Timur melalui BMTH. “Jadi, nanti ada titik-titik untuk kapal pesiar. Sayang kalau Indonesia hanya dilewatkan saja dari Australia lewat ke Singapura,” kata Erick.

Proses pengerjaan

Erick mengatakan, progres pengerjaan proyek BMTH saat ini mencapai 93 persen sehingga diperkirakan akan beroperasi secara resmi pada Oktober 2024. Proyek hasil patungan dari BUMN dan pemerintah pusat itu saat ini sedang mempercepat pembangunan konstruksi, salah satunya jalan yang ditargetkan akan selesai pada September 2024.

Meski akan mulai beroperasi pada Oktober 2024, untuk bisa menyamai pelabuhan besar seperti New York, Sydney, atau London, Erick mengatakan bahwa BMTH butuh waktu lebih lama lagi, kira-kira sampai 2027.

“Investasinya Rp3 triliun lebih, artinya kami mengharapkan kelipatan lima hingga 10 kali lipat,” katanya.

Potensi kerja sama

Pelindo mengatakan, terdapat satu operator kapal pesiar internasional yang berminat menjadikan Pelabuhan Benoa untuk menjadi home port atau rumah sandar. Namun, hal ini masih dalam proses komunikasi yang intensif, sehingga namanya belum bisa disampaikan ke publik.

Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono, mengatakan bahwa dengan menjadi home port, maka para penumpang akan mengawali dan mengakhiri perjalanan pesiar di Pelabuhan Benoa, setelah berkeliling ke sejumlah destinasi. Bila terjadi, maka pihaknya harus mempersiapkan satu sampai dua terminal khusus untuk kerja sama home port.

Sementara itu, saat ini ada empat sampai lima terminal kapal pesiar yang disiapkan. “Tiga (terminal) sisanya itu untuk publik, artinya ada satu operator kapal pesiar menjadikan homebase-nya di sini tapi yang lain tetap bisa masuk,” ujar Arif.

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

IDN Channels

Most Popular

Apa Itu BRICS: Sejarah dan Perannya Melawan Dominasi G7
Indonesia Mulai Proses Pengajuan Keanggotaan BRICS
Melawan Putusan Pailit, Sritex Ajukan Kasasi
Prabowo Bakal Hapus Utang 6 Juta Petani & Nelayan, Jadi Beban Bank?
RI Bakal Gabung BRICS, CSIS: Tak Perlu Karena Sudah Ada di G20
SIDO Bagi Dividen Interim Rp18/Saham, Ini Jadwalnya