Mengenal Tentang Badan Karantina Indonesia, Tugas dan Kewenangannya

Berperan menjaga keamanan produk nasional dari impor.

Mengenal Tentang Badan Karantina Indonesia, Tugas dan Kewenangannya
Presiden Jokowi melantik Laksamana Madya TNI Irvansyah sebagai Kabakamla dan Sahat Manaor Panggabean sebagai Kepala Barantin, Rabu (13/9). (dok. Setpres)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Sahat Manaor Panggabean sebagai Kepala Badan Karantina Indonesia (Kabarantin), Rabu (13/9).

Pelantikan tersebut didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 117/TPA Tahun 2023 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Utama di lingkungan Badan Karantina Indonesia yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 4 September 2023.

Selama ini, karantina dan pengawasan mutu di Indonesia masih terpisah di sejumlah kementerian dan lembaga, seperti Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Namun, dengan adanya Kabaratin, seluruh bidang karantina tersebut diintegrasikan dalam satu badan sehingga mempermudah palaksanaan tugas dan tanggung jawab karantina hewan, ikan, dan tuimbuhan.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini Fortune Indonesia akan mengulas tentang apa itu Barantin, dari sejumlah sumber.

Pengertian

Barantin merupakan lembaga pemerintah yang dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 45 Tahun 2023. Lembaga ini menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang karantina hewan, ikan, dan tumbuhan. Pembentukan badan ini merupakan amanat dari Pasal 336 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 29 Tahun 2023 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan.

Sebelumnya, perkarantinaan ikan dan keamanan hayati ikan ada di KKP, pengawasan dan/atau pengendalian terhadap produk rekayasa genetik, sumber daya genetik, agensia hayati, hingga tumbuhan dan satwa liar, ada di KLHK serta Kementan. Setelah pembentukan Barantin, tugas ini nantinya akan terintegrasi di satu lembaga yang akan langsung bertanggung jawab kepada Presiden.

Berdasarkan Perpres yang mengatur Barantin, susunan organisasi Barantin terdiri atas Kepala, Sekretariat Utama, Deputi Bidang Karantina Hewan, Deputi Bidang Karantina Ikan, dan Deputi Bidang Karantina Tumbuhan.

Tugas dan fungsi

Berdasarkan artikel di laman resmi Setkab, Barantin menyelenggarakan enam fungsi, di antaranya perumusan dan penetapan serta pelaksanaan kebijakan teknis di bidang karantina. Adapun tugas-tugas yang diemban lembaga ini di antaranya adalah:

  1. Perumusan dan penetapan kebijakan teknis di bidang karantina
  2. Pelaksanaan kebijakan teknis di bidang karantina
  3. Koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan, dan dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Barantin
  4. Mengelola barang milik negara yang menjadi tanggung jawab Barantin.

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, Barantin mengoordinasikan instansi pemerintah lainnya dan pemerintah daerah yang terkait dengan penyelenggaraan karantina.

Manfaat Barantin

Anggota Komisi IV DPR RI, Daniel Johan, mengatakan bahwa pembentukan Barantin memiliki peranan utama, khususnya dalam menjaga dan memperkuat kedaulatan pangan di Indonesia. “Badan Karantina Nasional ini menjadi garda terdepan, semua lalu lintas barang itu ada di sana,” ujarnya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Barantin dinilai memiliki peran strategis untuk menjaga keamanan produk nasional dari serbuan produk impor yang masuk ke Indonesia.

Selain itu, pembentukan badan ini menjadi amanat dari UU 21/2019 tentang karantina hewan, ikan dan tumbuhan yang telah disahkan pada 18 Oktober 2019.

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

Most Popular

Izin Usaha Investree Dicabut OJK, Bagaimana Nasib Nasabah?
Prabowo Lantik Raffi Ahmad hingga Gus Miftah Jadi Utusan Presiden
Kemenkeu Tidak Lagi di Bawah Menko, Langsung Koordinasi ke Presiden
Ferrari F80, Supercar Edisi Terbatas Rp60 Miliar Resmi Mengaspal
Prabowo Lantik Luhut Jadi Penasihat Khusus Presiden
Daftar Kepala Badan, Utusan Hingga Penasihat Khusus Prabowo