Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik Menjelang Iduladha

Demi hewan kurban yang sesuai syariat Islam.

Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik Menjelang Iduladha
Sejumlah sapi sehat siap jual di Sidoarjo, Jawa Timur (27/6). ANTARA FOTO/Umarul Faruq/rwa.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menjelang  Iduladha, umat Muslim di seluruh dunia bersiap melakukan ibadah kurban. Lantas, bagaimanakah cara memilih Hewan Kurban yang tepat dan sesuai syariat? 

Memilih hewan kurban yang baik adalah langkah penting dalam memastikan pelaksanaan kurban sesuai dengan syariat Islam. Ibadah kurban sangat dianjurkan dilakukan karena bisa memberi dampak sosial yang besar bagi masyarkat, khususnya golongan masyarakat kurang mampu. 

Oleh sebab itu, terdapat beberapa tips yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih hewan kurban seperti dikutip dari laman Baznas, seperti berikut ini.

1. Jenis hewan ternak yang diperbolehkan

Sesuai syariat Islam, hewan yang dapat dikurbankan adalah unta, kambing, domba, sapi, dan kerbau. Pastikan hewan yang dipilih termasuk dalam kategori hewan ternak yang diizinkan, sehingga sesuai dengan ketentuan syariat Islam.

2. Umur hewan kurban

Umur hewan kurban menentukan kelayakan untuk kurban. Kriteria umur yang disyaratkan berbeda untuk setiap jenis hewan.

Pada kambing dan domba misalnya, umur minimal yang disarankan adalah satu tahun, sementara untuk sapi dan kerbau, minimal dua tahun. Informasi mengenai usia hewan bisa Anda peroleh dari catatan kelahiran atau melalui metode pemeriksaan gigi.

3. Kondisi kesehatan hewan

Kesehatan hewan kurban adalah faktor utama yang harus diperhatikan. Pastikan hewan yang dipilih dalam keadaan sehat dan tidak cacat. Tanda-tanda penyakit seperti demam, kurang nafsu makan, atau kelemahan fisik pun wajibdihindari.

Oleh sebab itu, ada baiknya Anda memastika hewan yang akan dikurban telah memiliki  Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) sebagai referensi tambahan untuk memastikan kondisi kesehatan hewan kurban.

4. Kondisi fisik hewan

Selain kesehatan, kondisi fisik hewan kurban juga penting untuk dipertimbangkan. Pilihlah hewan yang memiliki nafsu makan baik, lincah, dan memiliki bulu yang bersih dan mengkilap. Kondisi fisik yang baik menandakan kesejahteraan hewan dan menjamin kualitas daging kurban.

5. Lokasi Pembelian Hewan

Pemilihan tempat pembelian hewan kurban juga memiliki dampak pada kualitas dan kesehatan hewan tersebut. Hindari membeli hewan kurban dari tempat yang tidak memenuhi standar kebersihan, seperti tempat pembuangan sampah

Sebaiknya, pilihlah hewan kurban yang diternakkan di lingkungan yang bersih dan terjaga dari polusi udara, untuk memastikan kesehatan dan kualitas hewan kurban yang akan disajikan.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, diharapkan Anda bisa memilih hewan kurban dengan bijak dan sesuai dengan ajaran agama, di momentum Iduladha.

Related Topics

Hewan KurbanIduladha

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

Most Popular

Daftar Sektor Berpotensi Tuah Manfaat Program Prabowo-Gibran
Sritex (SRIL) Pailit, Bagaimana Nasib Investor Publik dan Sahamnya?
BEI dan Target IPO 2025, Juga Upaya Mewujudkannya
Sritex Dinyatakan Pailit oleh Pengadilan Niaga Semarang
52 K/L Belum Pungut Denda dan Kurang Bayar, Total Rp3,44 Triliun
Laba Bersih Kuartal III Anjlok 28%, Unilever Enggan Ikut Perang Harga