10 Kota Hantu Terbesar di Dunia, Terkenal Mencekam!

Dianggap paling menyeramkan di dunia

10 Kota Hantu Terbesar di Dunia, Terkenal Mencekam!
ilustrasi kota hantu (unsplash/pavel nexnanov)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Di antara banyaknya kota yang ada di dunia, terdapat beberapa kota yang sudah tidak berpenghuni. Bahkan, beberapa ada yang terbengkalai dan sudah menjadi kota mati.

Kota-kota tersebut sudah tidak ditinggali karena berbagai faktor, seperti rusak akibat bencana alam, perang, hingga kondisi ekonominya sudah runtuh. Tidak heran kota tersebut kerap disebut sebagai Kota Hantu.

Ingin tahu, daftar kota yang dijuluki sebagai kota hantu di dunia? Berikut beberapa kota yang masuk ke dalamnya.

1. Burj Al Babas, Turki

Kota hantu terbesar di dunia yang pertama datang dari Turki. Kota Burj AI Babas merupakan sebuah kota yang berada di bagian barang laut. Awalnya, kota Burj AI Babas dibangun sebagai area perumahan elit di tahun 2014.

Terdapat 732 properti yang berada di sana, setiap bangunannya dibuat seperti kastil. Tidak sedikit, daerah tersebut disebut sebagai negeri dongeng.

Namun, kawasan tersebut menjadi proyek yang terbengkalai. Pasalnya, gejolak ekonomi yang pernah terjadi membuat proyek tidak dilanjutkan. Badai yang pernah terjadi membuat banyak bangunan rusak.

Kini, Burj Al Babas jadi kota hantu yang kerap dikunjungi wisatawan di Turki.

2. Pulau Hashima, Jepang

Di negara besar seperti Jepang, terdapat kota yang sudah lama tidak berpenghuni. Lokasinya berada di Pulau Hashima atau kerap dikenal sebagai Gunkanjima yang berarti Pulau Kapal Perang. 

Pulau tersebut terletak di lepas pantai Nagasaki, Jepang. Awalnya, tempat tersebut dikembangan menjadi kawasan industri. Selain itu, menjadi tempat tinggal pekerja tambang batu bara bawah laut di tahun 1887.

Namun, pulau tersebut akhirnya ditinggalkan di tahun 1974 karena Jepang sudah tidak memakai tenaga batu bara. Akibatnya, pulau tersebut jadi kota mati yang hanya menjadi bagian dari sejarah.

3. Craco, Italia

Bergeser ke benua Eropa, tepatnya di Italia, terdapat kota yang juga sudah ditinggalkan penduduknya. Sejarah mencatat bahwa Craco merupakan kota yang sempat berjaya selama seribu tahun. 

Bahkan, Craco sempat menjadi pusat pendidikan dan keagamaan yang ada di Italia. Namun, akibat konflik yang terjadi di wilayah tersebut, ada banyak penduduk yang terpaksa pindah demi keselamatan diri.

Hingga saat ini, kota Craco sudah menjadi kota hantu di Italia. Meskipun begitu, tempat ini kerap dijadikan sebagai lokasi syuting film karena pemandangan dan nuansa kota yang menakjubkan.

4. Bodie, California

Salah satu kota hantu terbesar di dunia yang terkenal menyeramkan adalah kota Bodie. Kota yang berada di California ini merupakan kota pertambangan.

Pada tahun 1800-an, kota ini memiliki lebih dari 10 ribu penduduk dengan kawasan hiburan yang terkenal. 

Kala itu, Bodie terkenal sebagai kota yang banyak ditakuti oleh kawasan sekitarnya. Pasalnya, kota ini jadi pusat berbagai kejahatan dan memiliki tambang liar di sebelah barat.

Namun, kejayaan kota tersebut harus meredup akibat produksi tambah yang menurun. Akibatnya banyak penduduk yang meninggalkan kota, ditambah kota sempat mengalami kebakaran.

5. Centralia, Pennsylvania

Centralia merupakan kota pertambangan batu bara yang berada di Pennsylvania. Sama seperti kota lainnya, Centralia dulunya dihuni oleh banyak penduduk.

Namun, kota Centralia sudah menjadi kota mati dan disebut kota hantu karena ditinggal masyarakatnya. Hal tersebut terjadi karena bencana kebakaran besar yang ada di lokasi tambang batu bara bawah tanah di tahun 1962.

Selama bertahun-tahun, api telah banyak membakar banyak bangunan dan berdampak pada kesehatan penduduk. Karena takut api yang menjalar, penduduk perlahan meninggalkan kota.

6. Tianducheng, China

Awalnya, kota Tianducheng dirancang sebagai komplek perumahan mewah. Bahkan, arsitekturnya dibuat dengan mengikuti kota Paris yang terkenal.

Di sana, terdapat miniatur Menara Eiffel dan air mancur Luxembourg Gardens yang ikonik.

Namun, tempat yang bisa menampung 10 ribu penduduk tersebut hanya sekitar 10 persen yang menempatinya. Alasannya karena infrastruktur jalannya yang dianggap aneh dan tidak fungsional.

7. Varosha, Siprus

Kota Varosha menjadi tujuan wisata pelancong yang sangat populer di awal tahun 1970-an. Di tahun 1974, pasukan Turki menginvasi kawasan Siprus. Akibatnya banyak penduduk yang melarikan diri dan kabur dari kota. 

Hingga saat ini, kota Varosha berada di bawah kendali militer Turki sehingga kawasannya hanya bisa dimasuki oleh personil militer dan PBB.

Tidak heran, kota Varosha masuk ke dalam daftar kota hantu terbesar di dunia dan cukup menyeramkan.

8. Pripyat, Ukraina

Dibandingkan dengan kota lainnya, kota Pripyat benar-benar tidak bisa dimasuki oleh manusia secara sembarangan. Pasalnya, kota ini memiliki tingkat radiasi nuklir yang membahayakan.

Didirikan pada tahun 1970, kota Pripyat merupakan kawasan pengembangan nuklir di Ukraina. Kota ini memiliki sejumlah infrastruktur yang cukup lengkap dan bisa menampung banyak penduduk.

Namun, ledakan reaktor tenaga nuklir Chernobyl pada tahun 1986 mengakibatkan kota tidak layak untuk dihuni karena radiasinya. Terpaksa seluruh penduduk dievakuasi.

9. Oradour-sur-Glane, Prancis

Akibat Perang Dunia II, desa kecil yang ada di Prancis benar-benar hancur dan tidak layak huni. Oradour-sur-Glane merupakan desa pertanian yang diduduki oleh Jerman.

Diketahui bahwa desa tersebut menjadi simbol kejahatan tentara Jerman terhadap warga sipil. Sekitar 642 orang meninggal akibat serangan Nazi pada saat itu.

10. Wittenoom, Australia

Negara tetangga Indonesia juga ternyata memiliki kota yang sudah tidak berpenghuni. Kota Wittenoom yang ada di Australia termasuk sebagai kota hantu terbesar di dunia.

Sejak tahun 1946, kota Wittenoom menjadi kota pentambangan yang menjadi pemasok bahan bangunan asbes biru di Australia. Dari tahun 1950-an sampai 1960-an, masyarakat makmur dari hasil penjualan tambang.

Sayangnya, permintaan asbes menurun dan mengakibatkan banyak masyarakat mencari peluang lain dengan pindah kota di tahun 1966. Pada tahun 2007, kota Wittenoom resmi ditutup dan dihapus dari peta. 

Itulah beberapa kota yang dijuluki sebagai kota hantu terbesar di dunia dan dianggap paling menyeramkan. Meskipun begitu, kota-kota tersebut kerap dikunjungi wisatawan dari berbagai belahan dunia. Tertarik untuk mengunjungi salah satu kotanya?

Related Topics

Kota Hantu

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

BREN Batal Masuk FTSE, Saham Prajogo Pangestu Kompak Merah
Transaksi Kripto Pulih, Ini Lokasi Peretas Indodax
ISEI: Ekonomi RI Terbaik di Dunia dalam 10 Tahun Terakhir
Lippo Karawaci Lego 18,57% Saham SILO, Utang Bersih Turun
Menperin Bertemu Anindya di Kemenperin: Selamat Ketua Kadin 2024-2029
Penampilan SBY di Panggung Pestapora 2024 Sukses Curi Perhatian