7 Negara dengan Biaya Kuliah Termurah di Dunia, Mana Saja?

Tawarkan biaya kuliah terjangkau

7 Negara dengan Biaya Kuliah Termurah di Dunia, Mana Saja?
ilustrasi berkuliah (unsplash/kenny eliason)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Biaya termasuk faktor penting yang biasanya menjadi bahan pertimbangan bagi pelajar yang ingin melanjutkan studinya di perguruan tinggi. Terlebih bagi yang ingin melanjutkannya di luar negeri.

Berkuliah di luar negeri identik dengan biaya yang mahal. Namun, kenyataanya ada beberapa negara yang menawarkan biaya kuliah yang tidak begitu mahal. Hal tersebut tentu menjadi penawaran menarik bagi pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan.

Bagi Anda yang sedang mencari negara dengan biaya kuliah yang bisa dijangkau, berikut beberapa Negara Dengan Biaya Kuliah Termurah Di Dunia.

1. Jerman

Salah satu negara di Eropa yang kerap menjadi tujuan pelajar Indonesia adalah Jerman. Dilansir situs Times Higher Education, Jerman termasuk salah satu negara teratas yang menawarkan biaya kuliah yang relatif rendah, terutama untuk pendidikan pascasarjana.

Bahkan, Jerman juga menyediakan kuliah gratis bagi mahasiswa sarjana. Untuk mendapatkannya, Anda tentunya harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku di perguruan tinggi tujuan. Rata-rata biaya kuliah bulanan sebesar 42 dolar AS. 

Tidak hanya biayanya saja, negara ini juga terkenal dengan kualitas pendidikannya yang terjamin. Pasalnya, total ada 22 Universitas di Jerman yang masuk ke dalam jajaran The World University Rankings (WUR) pada tahun 2023.

2. Turki

Turki juga termasuk ke dalam negara dengan biaya kuliah termurah. Dibandingkan dengan kebanyakan negara di Eropa, Turki tergolong banyak diminati pelajar Indonesia karena biayanya yang terjangkau.

Untuk biaya kuliah, Anda harus menyiapkan dana mulai dari 42 ribu dolar AS per bulannya. Selain itu, tidak sedikit universitas di sana yang menawarkan program beasiswa bagi pelajar internasional.

Selain biaya kuliah yang murah, harga sewa apartemen untuk satu kamarnya juga jauh lebih murah dari negara lainnya. Harga termurahnya mulai dipatok dari 346 dolar AS. 

Tidak heran, Turki termasuk negara favorit yang menawarkan biaya kuliah dan sewa tempat tinggi termurah. 

3. Meksiko

Bagi Anda yang tertarik untuk melanjutkan studi di Amerika, Meksiko bisa dijadikan negara tujuan. Jika dibandingkan dengan negara di Amerika Serikat, Meksiko masih cukup terjangkau untuk biaya kuliahnya.

Di Meksiko, Anda dapat membayar biaya kuliah mulai dari 63 dolar AS saja. Biaya hidup dan sewa apartemennya juga bisa dikatakan lebih ramah di kantung pelajar internasional. Biaya sewa per bulannya dipatok mulai dari 440 dolar AS.

Tidak tanggung-tanggung, pemerintah Meksiko kerap menawarkan beasiswa penuh bagi pelajar internasional yang berkuliah di sana. Beasiswa yang ditawarkan juga dibuka dari jenjang S1 hingga S3.

4. Brasil

Selain Meksiko, Brasil juga termasuk negara dengan biaya kuliah termurah di benua Amerika. Biaya kuliah yang dipatok mulai dari 83 dolar AS bagi mahasiswa.

Dengan mengeluarkan biaya tersebut, Anda bisa berkesempatan untuk melanjutkan studi di universitas terbaik Brasil. Beberapa di antaranya seperti Universidade de Sao Paulo, Universidade Federal do Rio de Janeiro, dan lain sebagainya.

Selain menawarkan biaya kuliah yang relatif murah, beberapa kampus juga menyediakan program beasiswa bagi pelajar internasional. 

Biaya hidupnya juga bisa dikatakan cukup murah dengan harga sewa apartemen termurahnya di angka 264 dolar AS per bulan. Harga tersebut sangat murah dibandingkan dengan negara di AS lainnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan biaya kuliah dan hidup di sana.

5. Swiss

Untuk pilihan negara di Eropa yang masih cukup terjangkau, Anda bisa memasukan Swiss sebagai daftar negara tujuan. Ketimpangan dengan negara AS atau Inggris, kuliah di Swiss cukup terjangkau dengan kualitas pendidikan yang mumpuni.

Biaya kuliah cukup bervariatif, harga termurahnya berada di angka 117 dolar AS. Meskipun begitu, biaya hidup dan sewa tempat tinggal perlu Anda perhatikan karena terbilang cukup mahal. Agar bisa berhemat, Anda bisa mencari persewaan hunian di luar kota.

Tidak perlu khawatir, Swiss mempunyai sistem transportasi yang bagus, seperti trem, kereta api, dan bus, sehingga untuk pulang pergi ke kampus seharusnya tidak masalah.

6. Yunani

Negara dengan biaya kuliah termurah berikutnya Yunani. Jika dibandingkan dengan biaya kuliah pada kota-kota besar di Eropa, biaya kuliah di Yunani relatif lebih terjangkau. Biaya kuliah per bulannya sekitar 125 dolar AS.

Dengan harga yang terjangkau, Anda sudah bisa menempuh pendidikan di Athena atau kampus swasta yang bekerjasama dengan kampus internasional. Soal kualitas pendidikan tidak perlu diragukan lagi, sebagian besar kampus menawarkan program terbaik, mulai dari program sarjana hingga pascasarjana.

7. Thailand

Jika Anda mencari negara yang masih dekat dengan Indonesia, Thailand adalah jawabannya. Biaya kuliah yang dipatok sekitar 154 dolar AS per bulan.

Dengan harga yang cukup terjangkau, Anda bisa mendapatkan pendidikan yang berkualitas di sana. Pasalnya, ada banyak kampus di Thailand yang memiliki ranking yang baik di negara ASEAN lainnya. Salah satunya Chulalongkorn University yang menempati ranking 208 di dunia. 

Biaya hidupnya juga relatif terjangkau, sehingga Anda bisa memenuhi kebutuhan hidup lebih mudah. 

Itu dia beberapa negara dengan biaya kuliah termurah yang menawarkan pendidikan terbaik dengan harga yang tidak memberatkan.Tertarik untuk melanjutkan studi di daftar negara di atas?

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

MoU: Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis, Perbedaan, dan Contoh MoU
Daftar Perusahaan Terbaik di Dunia versi TIME: 5 dari Indonesia
Kisruh Kursi Kepemimpinan Kadin, Begini Kronologinya
Pemangkasan Bunga The Fed jadi Stimulus Ke Perbankan
BI Bakal Luncurkan Lembaga Central Counterparty (CCP), Apa Itu?
7 Saham IPO 2024 yang Mencatat Kinerja Tertinggi di BEI