Profil Mayor Teddy, Sekretaris Kabinet Merah Putih

Dulu dikenal sebagai ajudan Prabowo

Profil Mayor Teddy, Sekretaris Kabinet Merah Putih
mayor teddy indra wijaya (Instagram/@sekretariat.kabinet)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Profil Mayor Teddy Indra Wijaya makin disorot oleh masyarakat setelah dirinya ditunjuk sebagai Sekretaris Kabinet (Seskab) di era pemerintahan Prabowo.

Presiden Prabowo mengumumkan namanya menjadi anggota Kabinet Merah Putih yang akan bertugas selama periode 2024-2025 di posisi tersebut. 

Sebelumnya, sosok Mayor Teddy sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Ia dikenal sebagai ajudan yang seringkali muncul di publik semasa Prabowo menjabat sebagai Menteri Pertahanan.

Ingin tahu mengenai sosok Mayor Teddy yang sudah menyita perhatian masyarakat? Berikut profil lengkapnya yang menarik untuk diketahui.

Profil Mayor Teddy

Teddy Indra Wijaya atau lebih dikenal dengan Mayor Teddy lahir pada tanggal 14 April 1989. Ia berasal dari keluarga tentara. Ayahnya adalah Kolonel Inf. (Purn) Giyono dan ibunya Mayor Caj (K) Patris R. A. Rumbayan.

Berasal dari latar belakang militer, Teddy pun mulai menunjukkan ketertarikannya pada dunia militer sejak masa sekolah.

Ia menempuh pendidikan di SMA Taruna Nusantara, Magelang dan berhasil lulus pada tahun 2007. Setelah lulus, ia melanjutkan studinya di Universitas Jenderal Achmad Yani dan lulus pada tahun 2012.

Tidak berhenti di situ saja, Teddy mengejar studi magisternya di jurusan Kajian Terorisme, Universitas Indonesia dan lulus pada tahun 2021. 

Selama masa studinya, Teddy dikenal sebagai siswa yang berprestasi. Di taruna, ia pernah dipercaya sebagai Ketua Lembaga Musyawarah Taruna (Lemustar). Prestasi akademiknya juga gemilang sampai ranah internasional.

Raih prestasi di dunia internasional

Dilihat dari jejak perjalanannya, Mayor Teddy memulai kariernya di dunia militer pada tahun 2011. Ia pernah menempuh pendidikan di Akademi Militer dan lulus pada tahun 2011.

Selama menjadi perwira Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat, ia aktif menjalani pendidikan militer di dalam dan luar negeri. 

Berbagai kursus militer spesialis di Kopassus sempat ia jalani. Selain itu, Mayor Teddy juga mengikuti sekolah intelijen di Australia dan mengikuti sekolah spesialis di Amerika Serikat. 

Selama menempuh studi di US Army Infantry School, ia berhasil lulus dengan predikat International Honor Graduate pada tahun 2019.

Selain itu, ia juga berhasil meraih tab ranger dan meraih kualifikasi sebagai Pasukan Elite US Army Ranger.

Ajudan terpercaya Prabowo

Prestasi yang diraihnya membawanya menyandang pangkat Letnan Satu dan terpilih dalam seleksi untuk asisten ajudan Presiden Jokowi.

Ia pun berhasil meraih posisi tersebut dan menjadi asisten ajudan Presiden Jokowi pada 2014 sampai 2019.

Di tahun 2019, Teddy ditempatkan dalam satuan Komando Pasukan Khusus dan ditunjuk sebagai ajudan Prabowo Subianto, Prabowo Subianto.

Sejak saat itu, Mayor Teddy seringkali terlihat mendampingi Prabowo dalam berbagai acara hingga masa pemilihan umum (pemilu) presiden. Mulai dari kampanye hingga debat presiden, Mayor Teddy seringkali mencuri perhatian masyarakat dengan kehadirannya.

Tidak heran, sosoknya dikenali publik karena kerap muncul bersama dengan Prabowo semasa jabatannya sebagai Menteri Pertahanan di era pemerintahan Joko Widodo.

Ditunjuk sebagai Sekretaris Kabinet Merah Putih

Karier Mayor Teddy kemudian berlanjut di era pemerintahan Prabowo. Kini, ia mengemban tugas baru sebagai Sekretaris Kabinet Merah Putih. 

Penunjukan tersebut diumumkan secara resmi oleh Presiden Prabowo pada Minggu (20/10/2024) bersamaan dengan daftar menteri dan wakil menteri lainnya.

Ia bertanggung jawab untuk memberikan dukungan manajemen kabinet yang berkualitas selama periode 2024-2029. Ia juga bertugas untuk memberikan rekomendasi tepat, cepat, dan aman atas penyelenggaran pemerintahan.

Profil Mayor Teddy yang memulai kariernya di militer membuat dirinya menjadi sosok yang pantang menyerah dan berani menghadapi tantangan. Kini, ia dipercaya sebagai Seskab Merah Putih selama lima tahun ke depan.

Semoga bermanfaat!

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

Most Popular

Daftar Menteri Kabinet Prabowo dan Jabatannya, Lengkap!
Tugas Luhut usai Dilantik jadi Ketua Dewan Ekonomi Nasional
Ini Profil 3 Eks-Bankir yang Masuk Kabinet Presiden Prabowo
Izin Usaha Investree Dicabut OJK, Bagaimana Nasib Nasabah?
Prabowo Lantik Raffi Ahmad hingga Gus Miftah Jadi Utusan Presiden
Prabowo Lantik Luhut Jadi Kepala Dewan Ekonomi Nasional