NEWS

Menteri Lama yang Masuk Kabinet Prabowo Gibran, Siapa Saja?

Masuk ke Kabinet Merah Putih

Menteri Lama yang Masuk Kabinet Prabowo Gibran, Siapa Saja?Ilustrasi menteri kabinet prabowo (Instagram/@sekretariat.kabinet)
21 October 2024

Indonesia resmi memiliki Presiden ke-8, Prabowo Subianto bersama dengan Wakil Presiden, Gibran Rakabuming Raka yang dilantik pada Minggu (20/10/2024) di Istana Kepresidenan, Jakarta. 

Prabowo juga menyampaikan sejumlah daftar menteri yang akan menjabat selama periode 2024—2029. Pada Senin (21/10/2024), menteri dan wakil menteri resmi dilantik.

Di antara susunan menteri, terdapat beberapa menteri lama yang masuk kabinet Prabowo Gibran. Diketahui ada 16 orang yang pernah menjabat selama kepemimpinan Jokowi yang muncul.

Lantas, siapa saja menteri dari periode sebelumnya yang kembali menjabat menjadi menteri di kabinet Prabowo? Berikut daftar namanya dan jabatannya yang menarik untuk diketahui.

Kabinet Merah Putih

Pengumuman daftar nama menteri yang membantu pemerintahan Presiden Prabowo disampaikan setelah dirinya dilantik di Gedung Nusantara, Jakarta di hari yang sama.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Prabowo menjabarkan sejumlah nama yang menempati posisi sebagai menteri, wakil, menteri, dan pejabat yang setara dengan menteri.

Kabinet Prabowo dan Gibran diberi nama Kabinet Merah Putih yang akan bekerja selama periode 2024-2025. 

Total ada 48 nama menteri, 59 wakil menteri, dan 5 pejabat setingkat menteri yang akan membantu pemerintahannya bersama dengan Gibran Rakabumi Raka selama lima tahun ke depan.

Pelantikan menteri dan wakil menteri juga dilaksanakan pada Senin (21/10/2024) di Istana Negara, Jakarta.

Daftar menteri lama yang masuk ke dalam menteri koordinator

Dari sejumlah nama yang diumumkan masuk Kabinet Merah Putih, terdapat beberapa nama yang terdengar familier. Terdapat wajah-wajah lama dari masa pemerintahan Jokowi yang kembali menjabat di posisi Kementerian.

Di dalam menteri koordinator, terdapat empat menteri lama yang masuk kabinet Prabowo Gibran. Berikut daftar namanya.

  1. Airlangga Hartanto: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian
  2. Pratikno: Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan
  3. Zulkifli Hasan: Menteri Koordinator Bidang Pangan
  4. Agus Harimurti Yudhoyono: Menteri Koordinator Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.