5 Jenis Kurma Termahal di Dunia, dan Banyak Dicari Saat Ramadan

Ada banyak varietas kurma yang jadi buruan.

5 Jenis Kurma Termahal di Dunia, dan Banyak Dicari Saat Ramadan
Sejumlah pembeli memilih buah kurma di salah satu toko kurma kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta, Selasa,(12/3). ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kurma memiliki hubungan erat dengan Ramadan, salah satu bulan suci dalam Islam ketika umat Muslim berPuasa dari fajar hingga matahari terbenam. 

Kurma menjadi makanan yang sangat populer untuk sahur atau berbuka.

Ketika berbuka puasa, ada banyak orang berpuasa yang memulai dengan kurma, mengikuti tradisi yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.  

Dengan kaitan tersebut, kurma menjadi primadona dan banyak dicari saat Ramadan.

Menurut Otoritas Pengawasan Makanan Abu Dhabi (ADFCA), bentuk, ukuran dan rasa menentukan kualitas dan harga kurma. Tingginya permintaan terhadap beberapa varietas tertentu dengan ketersediaan terbatas di pasar, rendahnya produksi beberapa varietas, metode dan mekanisme yang digunakan dalam operasi pasca panen seperti pengeringan dan pengemasan dan lain-lain juga berperan dalam menentukan harga kurma.

Berikut rangkuram Fortune Indonesia tentang lima kurma termahal di dunia. Namun, perlu diingat bahwa harga bisa berubah sewaktu-waktu, bergantung pada berbagai faktor seperti ketersediaan, kualitas, dan permintaan pasar.

Kurma Medjool

Medjool sering kali dianggap sebagai varietas kurma paling mewah dan termahal di dunia. Ini adalah kurma yang besar, manis, dan memiliki tekstur lembut.

Medjool biasanya berasal dari Israel, Palestina, atau California. Harga Medjool bisa mencapai Rp200.000 sampai Rp350.000 per kilogram bergantung pada kualitasnya.

Kurma Ajwa

Kurma Ajwa adalah varietas yang sangat dihargai dalam Islam karena dipercaya memiliki manfaat kesehatan yang besar dan disebutkan dalam hadits Nabi Muhammad SAW.

Kurma Ajwa biasanya berasal dari Madinah, Arab Saudi, dan memiliki rasa manis dengan sedikit rasa gurih.

Harga kurma Ajwa termasuk sebagai salah satu yang termahal di pasar. Bila melihat di lokapasar, rentang harga dari kurma jenis ini mencapai Rp160.000 sampai Rp250.000 per kilogram, bergantung pada asal dan kualitasnya.

Kurma Barhi

Kurma Barhi, juga dikenal sebagai Barhi dates, adalah salah satu varietas kurma yang populer dan dianggap sebagai salah satu kurma terbaik dunia. Varietas ini berasal dari Mesir dan termasuk dalam kategori kurma basah atau kurma segar, yang berarti memiliki kadar air tinggi dan tekstur lembut.

Ciri khas kurma Barhi adalah kulit yang berwarna kuning kecokelatan, dan bentuk yang bulat. Rasanya manis dengan sentuhan madu dan sedikit keasaman, serta memiliki tekstur lembut. Banyak orang menyukai kurma Barhi karena kelembutannya yang unik dan cita rasa yang lezat.

Seperti halnya kurma lain, kurma Barhi kaya akan nutrisi, termasuk serat, gula alami, potassium, magnesium, dan vitamin lainnya. Kurma ini juga merupakan sumber energi yang baik dan sering kali dikonsumsi selama Ramadan sebagai bagian dari tradisi berbuka puasa.

Jenis kurma Barhi di pasar Indonesia juga terbilang tinggi. Untuk setiap kilogramnya kurma jenis ini dihargai Rp80.000 sampai Rp250.000.

Kurma Sukkari

Kurma Sukkari adalah salah satu jenis kurma yang berasal dari Arab Saudi. Kurma Sukkari memiliki tekstur yang lembut dan manis, membuatnya menjadi salah satu varietas yang paling diminati di pasaran.

Namanya sendiri berasal dari kata Arab "Sukkar," yang berarti gula, karena manis alaminya yang khas.

Ciri khas dari Kurma Sukkari adalah kelembutannya yang luar biasa, sehingga meleleh di mulut saat dimakan. Bentuknya yang besar dan warnanya yang keemasan membuatnya terlihat sangat menarik. Kurma ini sering kali dianggap sebagai kurma mewah dan biasanya dijual dengan harga yang relatif tinggi.

Bila melihat harganya di pasar e-commerce, harga kurma jenis ini berada pada rentang Rp60.000 sampai Rp120.000 per kilogram bergantung pada kualitas dan asalnya.

Kurma Deglet Nour

Deglet Nour adalah varietas kurma yang berasal dari Aljazair, Tunisia, dan beberapa bagian Maroko.

Meskipun tidak sepopuler Medjool, Deglet Nour memiliki rasa yang lezat dan biasanya lebih terjangkau.

Namun, ada juga kualitas premium Deglet Nour yang bisa memiliki harga tinggi. Untuk kurma jenis ini di Indonesia berada pada rentang Rp40.000 sampai Rp90.000 per kilogram bergantung pada kualitas dan asalnya.

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

IDN Channels

Most Popular

Apa Itu BRICS: Sejarah dan Perannya Melawan Dominasi G7
Indonesia Mulai Proses Pengajuan Keanggotaan BRICS
Melawan Putusan Pailit, Sritex Ajukan Kasasi
Prabowo Bakal Hapus Utang 6 Juta Petani & Nelayan, Jadi Beban Bank?
RI Bakal Gabung BRICS, CSIS: Tak Perlu Karena Sudah Ada di G20
SIDO Bagi Dividen Interim Rp18/Saham, Ini Jadwalnya