Indef Ungkap Dampak Negatif BMAD Bila Diberlakukan ke Industri Keramik

Perlu juga diawasi mengenai tindakan balasan dari Cina.

Indef Ungkap Dampak Negatif BMAD Bila Diberlakukan ke Industri Keramik
Ilustrasi: pergudangan industri ubin keramik. (Dok.123RF)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • INDEF mengungkap dampak BMAD terhadap impor keramik dari Cina.
  • Kebijakan ini dapat menyebabkan trade diversion ke India dan Vietnam.
  • Termasuk dampak negatif lainnya adalah harga naik, persaingan pasar berkurang, dan potensi PHK meningkat.

Jakarta, FORTUNE - Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) mengungkap sejumlah dampak apabila bea masuk anti dumping (BMAD) diterapkan pada tujuh komoditas impor, termasuk Keramik dari Cina.

Menurut Kepala Pusat Industri, Perdagangan, dan Investasi INDEF, Andry Satrio Nugroho, kebijakan ini justru bisa menguntungkan negara lain. Salah satu dampaknya adalah trade diversion ke India dan Vietnam, seperti yang terjadi di Amerika Serikat.

Kedua negara ini, kata Andry, merupakan eksportir terbesar keramik HS 690721.

"India salah satu yang mendapatkan keuntungan saat BMAD produk keramik dari Cina diterapkan di AS," kata Andry yang dikutip dari kanal YouTube INDEF, Selasa (16/7).

Dampak negatif lainnya adalah semakin kecilnya persaingan pasar, yang mengurangi pilihan konsumen dan membuat harga keramik naik. Produsen dalam negeri mungkin akan menaikkan margin keuntungan dengan menekan harga jual akibat kenaikan harga impor keramik.

"Semakin rendah kuantitas atau volume keramik di pasar sementara permintaan keramik domestik meningkat, maka harga yang diterima konsumen akan semakin mahal," ujarnya.

Andry juga menyebutkan bahwa industri non-produsen dalam negeri pada sektor ritel, real estate, properti, importir, forwarder, dan logistik akan dirugikan. Bahkan, ada potensi efisiensi tenaga kerja atau pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dapat meningkatkan jumlah pengangguran.

Dia pun mewanti-wanti tentang risiko balas dendam dari pihak Cina, yang bisa berupa pengenaan tarif dan hambatan-hambatan lain sebagai mitra dagang Indonesia.

Mempertanyakan analisis KADI atas penentuan BMAD

Andry pun mempertanyakan hasil investigasi Komite Anti Dumping Indonesia (KADI) atas produk keramik impor asal Cina yang dinilai tidak transparan dan tidak menggambarkan suara mayoritas dari sektor industri keramik.

Hal ini bertentangan dengan perjanjian anti-dumping WTO yang mensyaratkan adanya proporsi mayoritsa dari total produksi domestik untuk pengajuan tersebut.

“KADI hanya melibatkan tiga perusahaan saja dari 26 persen dari total produksi nasional,” ujarnya.

KADI juga mengeneralisasi tipe keramik. Menurutnya, kebutuhan akan keramik porselen belum bisa dipenuhi oleh produsen dalam negeri, sementara produsen dalam negeri memiliki keunggulan dalam memproduksi keramik bodi merah.

Industri keramik Indonesia saat ini memiliki target penambahan jumlah ekspansi keramik sebesar 88 juta meter persegi hingga akhir 2024, dari kapasitas total 625 juta meter persegi yang telah ada. Oleh sebab itu, Andry menilai BMAD belum mendesak untuk diberlakukan pada produk keramik porselen.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengumumkan akan mengenakan BMAD dan bea masuk tindakan pengamanan (BMTP) pada tujuh komoditas impor dari berbagai negara.

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, menyatakan ketujuh komoditas tersebut meliputi tekstil dan produk tekstil, pakaian jadi, keramik, elektronik, kosmetik, barang tekstil jadi, dan alas kaki.

Related Topics

INDEFKeramikIndustri

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

35 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Makna!
Meninjau Valuasi Spin-Off Anak Usaha Adaro dan Dampaknya
Adhi Karya Digugat PKPU Gara-Gara Proyek Hambalang
Apakah Uang Rp100 Ribu Bisa investasi? Ini Pilihannya
Mobil BYD Mulai Banyak Terlihat di Jalan, Ini Data Impornya
Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN